Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan, Kira-Kira Apa Sih?

 

Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan, Kira-Kira Apa Sih?

Usaha ternak yang menjanjikan di masa depan sudah saatnya anda tahu. Bisnis ternak sekarang ini menjadi tabungan yang bisa anda panen di saat yang tepat, apalagi kalau mau ternak hewan yang bisa dipanen musiman. Loh, apakah ada?

Salah satu contoh hewan ternak musiman itu ya, kayak sapi, kambing, ayam dan lainnya. Eh ayam bisa dipanen kapan saja sih. Kok bahasanya dipanen, eh biar asyik aja, kayak mau panen duit gitu hehe.

Daripada berlama-lama, mending saya konsen nulis ini dulu ya. Nanti pembahasannya seputar usaha ternak yang menjanjikan di masa depan itu ada apa saja, lalu bagaimana cara ternak yang baik, dan kira-kira kalau hewannya musiman, apa yang harus dilakukan.

Usaha Ternak Yang Menjanjikan Di Masa Depan, Ada Ini

Hai sobat alfattah, anda masih bingung, sebenarnya ini bisnis apaan sih? Ya bisnis ternak, merawat hewan, nanti pas sudah saatnya pada dewasa, kita panen untuk dijual di kalangan yang meminatinya. Ada apa saja sih? Yuk bungkus:

1.      Sapi

Ternak hewan yang pertama, anda bisa memilih sapi sebagai hewan pilihan yang mau dirawat. Mengapa sapi? Ia lebih terlihat besar dan harganya tentu lebih mahal. Namun, karena harga mahal itulah, bisa memberikan nilai lebih.

Di mana anda akan bisa menikmati panen yang lebih memuaskan dan terbilang agak cepat. Meskipun untuk membeli sapi pun membutuhkan modal banyak, tetapi kalau beli sapi yang masih kecil, tentu harga juga masih murah.

Belum lagi, jika beli sapi, perawatan juga tidak perlu terlalu ribet kayak pelihara kambing.

2.      Kambing

Kedua, ada kambing yang bisa anda pelihara. Di mana hewan ini akan bisa anda panen biasanya kalau mau cepat laku, satu tahun sekali. Ketika ada momen hari raya kurbannya umat Islam. Di mana para kambing, pasti dibutuhkan untuk jadi hewan kurban.

Namun, dalam momen lain, masih memungkinkan kok, laku dijual. Yaitu saat ada yang butuh untuk hewan aqiqoh atau kebutuhan lainnya.

Tentang perawatan, sebenarnya memang lebih ribet dari kambing, eh tapi tergantung kambingnya, jika tipe domba, butuh dimandikan setiap hari atau minggu. Tetapi kalau kambing jawa, dan gibas (e

3.      Ikan Lele

Yang ketiga, ada ikan lele sebagai hewan yang bisa anda pelihara dan dijadikan ladang cuan. Banyak sih potensi keuntungan yang bisa kita dapat dari hasil memelihara ikan lele. Di antaranya, anda akan lebih paham dengan lapangan penghasilan dari penjualan ikan.

Pasaran ikan lele, bisa dijual di manapun loh guys. Baik mentahan, atau posisi masih hidup, atau dijual langsung ke rumah makan atau warung makan yang ada menu lelenya.

4.      Ikan Nila

Masih seputar ikan, anda juga bisa memelihara ikan nila dan membudidayakannya. Ikan nila ini sangat berpotensi, apalagi kalau dijual ke luar pulai atau ekspor. Jangan khawatir, kalau tutorial tentang budidaya ikan Nila ini ada banyak banget di google, terutama di youtube.

5.      Ayam

Ternak hewan yang lainnya, tak kalah laku adalah ayam. Hewan yang satu ini selalu dibutuhkan oleh kalangan masyarakat. Ternak paling cepat panen dan menguntungkan tentu saja menjadi keunggulan dari menernak hewan ayam.

Bagaimana tidak?

Anda bisa menjual ayam meski hanya ukuran masih usia 3 bulan, dan memang siap panen. Belum lagi, masih dalam bentuk telur pun sudah laku di pasaran.

Anda tinggal memilihnya, pengen ayam yang bisa dipanen apanya, misalnya telur, cari ayam petelur lalu pelihara hingga ia siap panen. Begitu juga dengan ayam pedaging, yang akan siap dipanen dagingnya. Kalau yang usia 3 bulan, biasanya digunakan untuk ayam bakar, memang sengaja ukurannya kecil, karena dagingnya bisa lunak.

6.      Domba

Mau pelihara domba? Domba ini tentu saja mirip dengan hewan kambing biasa, hanya saja perawatannya yang agak ribet, karena bau tak sedap dari bulu domba dan butuh dibersihkan pada waktu tertentu.

Namun bagi yang suka sama domba, perawatannya akan lebih menyenangkan, dan mudah berkembang-biak. Untuk pasaran jual, hampir sama juga dengan kambing, bisa dijual tahunan, atau suatu waktu saat ada yang membutuhkan.

7.      Ternak Bebek

Kalau mau pelihara bebek, salah satu hewan yang gampang untuk dipelihara. Ternak modal 1 juta saja sudah cukup loh untuk menernak bebek, jika anda mulainya dari 0 banget, asal sudah punya kandangnya.

Ternak bebek legit sih kalau pas sudah waktunya panen. Biasanya, kalau ingin panen, yang bisa diambil dan dijual adalah telur dan dagingnya. Kalau untuk panggangan, biasanya ayam ya bukan bebek, menu bebek lebih ke bebek goreng dipinggir jalan, dibarengkan dengan tempe penyet.

Nah kalau telur mah sudah jelas, dia akan jadi menu telur asin kan ya. Untuk kelemahannya, bebek ini makannya lebih banyak daripada ayam. Serta kalau berak, bisa kemana-mana dan menimbulkan bau yang tidak sedap lebih banyak dari ayam.

8.      Kelinci

Ternak kelinci juga seru loh guys. Karena kelinci, selain untuk hiburan anak-anak, dia juga bisa dimanfaatkan dagingnya. Yaitu dibuat menu sate kelinci.

Menu sate kelinci ini dipercaya untuk makanan kesehatan atau untuk obat. Pas jalan-jalan, saya pernah nemu menu ini di Sarangan Magetan. Di sana banyak banget yang jualan sate kelinci, katanya sih dagingnya lebih empuk.

9.      Cacing

Berikutnya ada hewan cacing, lah hewan cacing yang kelihatannya menjijikkan kok dipelihara? Jangan salah, meski menjijikkan, dia bisa menghasilkan pundi rupiah loh. Di mana hewan ini banyak fungsinya, bisa untuk pakan burung atau umpan untuk memancing.

Kalau anda mau tahu, cacing juga bisa menjadi obat loh, di medis sekarang sudah mulai digunakan. Meski di dalam hukum agama Islam, jika hewan ini memang tergolong menjijikkan, maka ketiga digunakan untuk obat pun tidak dianjurkan, kecuali terpaksa.

10.  Jangkrik

usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil yang satu ini, anda bisa merencanakan ternak jangkrik. Biasanya digunakan untuk memancing ikan atau pakan burung. Banyak kok yang minat, tenang saja.

Dengan merencanakan ternak jangkrik, harga untuk modal juga nggak banyak-banyak, mungkin 1 jutaan cukup deh, tapi nggak langsung panen ya, ada masanya, soalnya biarkan jangkrik besar dulu, baru panen.

Sudah puas memandangi beberapa list hewan ternak yang bisa anda panen dalam waktu tahunan atau musiman atau panen setiap hari? Itu dia ya guys,10 data yang bisa saya sajikan.

Baca juga Jualan Makanan yang Laris di Kampung untuk usaha anda

Baca juga 6 Makanan yang Laris untuk Saat Ini

Cara Ternak yang Baik Menurut Cara Umum

Sebagai seorang calon pengusaha, terkhusus pengusaha ternak hewan, ada baiknya kita peduli dengan kesehatan hewan ternak terlebih dahulu. Kesehatan hewan ternak yang musti kita jaga, supaya hewan-hewan menjadi hewan yang berkualitas dan tentunya awet hidup dan bisa dipanen sesuai dengan perkiraan.

Coba saja bayangkan kalau kita tidak perduli dengan kesehatan hewan ternak yang ingin kita rawat, apakah bisa sampai pada masa waktu panen?

Apalagi, jika anda ingin ternak unggas yang rawan atau rentan terkena penyakit musiman seperti flu saat ada musim dingin. Nah, bagaimana cara menjaga keshatan hewan ternak secara umum? Yuk baca langsung di bawah ini:

1. Memberinya vitamin setiap hari

2. Memberinya makanan dan minuman yang cukup

3. Beri nutrisi lainnya untuk penunjang kesehatan

4. Oh iya jangan lupa beri obat anti terserang hama

5. Jaga kebersihan hewan ternak, misalnya memberishkan kandang atau rutin memandikan jika itu hewan sapi

Sepertinya cara itu cara sederhana yang sangat perlu untuk diperhatikan ya guys. Untuk poin 4, mengapa ada kata beri obat anti terserang hama? Ini obat imun atau kekebalan tubuh biar tidak mudah sakit.

Beda loh guys sama vitamin, kalau untuk obat kekebalan, saya pernah dengar ada unggas, seperti ayam, dikasih daun papaya yang rasanya pahit itu, dicampur dalam makanannya, katanya sih untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Budidaya yang Masih Langka Dan Cara Mengatasi Hewan Musiman

Pada sub judul ini, sekalian saya mau pamit ya guys. Sudah lumayan panjang nih, nanti lagi deh ceritanya. Saat ini mau merangkum sekalian mau ngomong tentang budidaya hewan yang jarang dipelihara.

Hewan-hewan ini sebenarnya tidak masuk dalam kategori langka sih, cuman jarang ada yang mau pelihara, sehingga potensi untuk bisnis masih lancar jaya. Hewan apa sajakah itu?

Ada cacing, seperti yang saya jelaskan di atas, begitu juga jangkrik. Kalau yang lain, anda tahu keranggang atau nama bahasa Indonesianya semut rangrang. Ia bisa menghasilkan kroto yang lumayan mahal saat dijual.

Kroto ini banyak banget dijumpai di pohon-pohon, tetapi jarang ada yang mau memeliharanya karena terkesan membahayakan, kalau terkena gigitannya.

Saya sudah pernah coba pelihara loh, asli. Nanti saya ceritakan juga ya di blog ini. Bisa baca di sini ya, tetang cerita usaha bisnis krotoku, sudah saya tuliskan. Banyak banget nih yang ada dipikiran mau saya luapkan. Sudah dulu ya, tentang usaha ternak yang menjanjikan di masa depan, semoga anda mendapatkan manfaatnya dan bisa terhibur dengan tulisan receh ini.

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan, Kira-Kira Apa Sih?"