Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Flash Card; Permainan Edukasi Dedikasi Pol Edu Untuk Cerdaskan Anak Bangsa

Flash Card; Permainan Edukasi Dedikasi Pol Edu Untuk Cerdaskan Anak Bangsa


Flash Card, Bagaimana pembaca Sobat Alfattah, hari-hari masih baik kan? Meski musim Pandemi kayak gini, semangat Sobat Alfattah tidak boleh mengendor. Tentunya juga harus selalu menjaga kesehatannya ya, dengan selalu taat aturan protokol kesehatan, dan rajin olahraga setiap hari. 

Begitu juga dengan adik-adik di rumah, tetap harus semangat belajar, meski hanya dengan daring. Nih, saya rekomendasikan belajar dengan permainan, belajar tetapi tetap asyik! 

Media belajar membaca yang menyenangkan, belajar pun akan menjadi tidak berasa. Anak tidak jenuh, dan malah terlalu asyik. Contoh media belajar ini adalah Pol Edu, nanti akan saya jelaskan di bawah.

Produk Belajar Pol Edu

Flash Card; Permainan Edukasi Dedikasi Pol Edu Untuk Cerdaskan Anak Bangsa


Sobat Alfattah, Media belajar yang bisa dalam bentuk kartu, atau nama kerennya Flash Card, Flash Card adalah salah satu media yang bisa menunjang penggunanya untuk belajar dengan cara tertentu. Dengan media ini, para pengguna bisa memaksimalkan belajar namun caranya berbeda-beda.

Salah satu produk media belajar ini adalah Pol Edu yang akan saya review untuk anak-anak dan para orangtuanya.

Yuk kenalan dengan produk edukasi dalam bentuk mainan-mainan ini. Pol Edu, merupakan salah satu produk yang digagas oleh salah satu teman saya Muhammad Chalim. Ia baru-baru ini meluncurkan produknya yang berupa mainan namun bisa digunakan untuk belajar anak-anak kita. 

Supaya bisa apa? “MEMBACA” tentunya. 
Loh permainan apa sih yang bisa digunakan untuk membaca? Dalam bentuk kartu, seperti kartu remi, tidak terlalu kecil, ataupun tidak terlalu besar. Cukup lah untuk membuat anak-anak tertarik membaca, apalagi ada warna-warna dan gambarnya yang menarik.

Tidak hanya karena warna dan gambarnya yang menarik, produknya cukup lengkap untuk mempercepat belajar membaca anak-anak. Ada Alfabeth, Angka-Angka, bahkan ada juga dalam bentuk Huruf Hijaiyah. Terlebih lagi, ada tatacaranya yang tercantum disetiap kemasan produk. Sehingga belajar pun jadi lebih mudah.

Tatacara Permainan Belajar Membaca Pol Edu

Pilih mau belajar apa dulu, kalau ingin membeli upayakan satu paket ya, agar tidak berulang membeli. Kan hemat ongkir, hehe. Mulai dari Alfabet, hingga huruf Arab. Tapi untuk memulai belajar, tentu Anda harus memilih salah satu dulu. Eh saya rangkum di bawah ini deh.

1. Pilih salah satu Produk

Langkah yang pertama, tentu Anda harus memilih salah satu produk yang ingin Anda pahamkan pada anak. Mengapa? Karena si kecil juga harus fokus dalam memahami setiap materi yang ingin disampaikan. Oh iya, Sobat Alfattah, jangan lupa mengetahui kebiasaan anak, mereka bisa fokus di saat ramai atau tidak, jika tidak biasa ramai, jauhkan benda atau apapun yang membuat anak gagal fokus.

2. Biasakan Mulai Belajar Dengan Membaca Basmalah

Setelah memilih produk, Anda juga harus membiasakan anak dalam memulai belajar ini dengan basmalah. Jika tidak basmalah, pokoknya berdoa. Hal ini karena balajar adalah kegiatan yang mulia, tentu harus diawali dengan ucapan doa agar semakin berkah.

3. Ikuti Aturan Main yang Tercantum
Flash Card; Permainan Edukasi Dedikasi Pol Edu Untuk Cerdaskan Anak Bangsa


Setelah itu, Anda bisa melihat langkah-langkahnya dengan lengkap di kemasan kartu tersebut. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa menunjukkan kartu itu satu-persatu dulu kepada anak-anak. Kenalkan satu-satu dan berusaha agar anak cepat ingat.

4. Pandulah Berulang Kali

Lakukan hal itu berulangkali. Seperti pada langkah ke tiga, hingga si kecil bisa mengucapkan kalimat tersebut. Bisa juga Anda meminta si kecil untuk memilih kartu, dan si kecil menjawab kartu yang dipilihnya.

5. Akhiri dengan Hamdalah

Jika disara si Anak sudah paham dan ingin mengakhiri pembelajaran, tutuplah pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah.

Pentingnya Belajar Membaca Sejak Dini
Mengajari anak sejak dini, berbeda dengan mengajari anak yang sudah berusia di atas 5 tahun. Belajar membaca akan lebih sulit, jika waktu mengajarkannya tidak tepat.

Anak usia dini, belajar membaca dengan produk belajar Pol Edu, akan mempercepat proses belajar membaca mulai sejak dini. Pada usia tersebut, kanak-kanak memiliki memori yang sangat tajam, penyimpanan kosakata yang begitu banyak.

Hanya penerapan saat ia praktek langsung dan bertemu dengan huruf dan angka yang hendak dipelajari. Sebelum terlambat, mumpung masih usia dini, yuk cepat ajari.

Flash Card Online, Anda Kini Mudah dengan Download Flash Card

Selain belajar dengan produk dari Pol Edu, nyatanya kita juga bisa mendapatkan flash card ini dengan gratis hanya dengan download. Tenu bukan yang merek pol Edu ya, tetapi merk lainnya, karena kini marak dan banyak banget yang bisa menyediakan secara gratis.

Tujuannya, dengan mengadakan atau menyediakan download Flash Card secara gratis, biar yang tidak punya biaya, bisa juga ikutan belajar.

Ukuran Flash Card yang dilakukan secara download, ini tentu akan berbeda dengan flash card yang hasil beli, begitu juga dengan tampilannya.

Jika teman-teman merasa ingin bikin sendiri karena punya kreatifitas, di google banyak kok tutorial cara membuat flash card dari word, sekian.

Penutup

Dengan adanya materi di atas, diharapkan dapat memberikan pelajaran yang mudah untuk dipahami, dan tentunya membuat hati senang si kecil, karena mereka menganggapnya bermain. Mereka pun tidak mudah jenuh, dan mudah mengingat materi yang telah disampaikan.

Demikian beberapa cara agar anak bisa belajar dengan maksimal menggunakan Produk Pol Edu, apa sih nama produknya? Flash Card. Jika Anda kurang puas terhadap informasi di atas, bisa dilihat langsung di IG Chalim, atau bisa hubungi saya langsung di email nurchasaidah77@gmail.com. Sekian terimakasih atas perhatian Sobat Alfattah.

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

2 komentar untuk "Flash Card; Permainan Edukasi Dedikasi Pol Edu Untuk Cerdaskan Anak Bangsa"

  1. Konten dan materi yang berfaedah, sukses selalu kawan, Aamiin.

    BalasHapus
  2. Makasih Bang, sukses juga buat usahanya Bang.

    BalasHapus