Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Makanan Khas Jambi Kuliner Nusantara yang Bikin Ketagihan


Yuk, Jalan-jalan bersama Alfattah Dolan. Kali ini saya akan mengajak Anda berkeliling, jalan-jalan kuliner di sekitar kota Jambi. Jambi merupakan salah satu provinsi yang ada di pulau Sumatra. 

Layaknya yang lain, Provinsi ini juga tak kalah menariknya, punya makanan khas Jambi yang enak. Anda tahu gulai? Di Jambi pun punya gulai yang khas, dan lain sebagainya.

Sebelum menuju kemana-mana nih, kami mau beri info bahwa Jambi punya makanan khas bernama Tempoyak. 

Sajian makanan ini ternyata bahan dasarnya dari Buah Durian loh. Selain itu, masih banyak lagi makanan khas dari Jambi yang bakalan goyang lidah kita.

10 Makanan Khas Daerah Jambi Enak

Jangan jauh-jauh dari pandangan tulisan ini ya! Saya jamin deh, tidak akan menyesal, apalagi bagi yang kepo atau penasaran dengan masakan khas Sumatra tepatnya Jambi. Yuk ketahui di sini, makanan khas Jambi dan penjelasannya:

Tempoyak


Makanan khas Jambi Tempoyak, merupakan makanan yang sudah banyak penggemarnya dan terkenal di kalangan Nusantara. Apalagi bahan dasarnya itu loh, terbuat dari Buah Durian. Buah yang sudah pasti disukai orang-orang Indonesia.

Jika nanti Anda mampir ke sana, jangan lupa incipin ini. Karena meskipun di tempat lain ada banyak Buah Durian, tetapi untuk dapat incipi Tempoyaknya akan terasa sulit. Jadi pastikan Anda tidak menyesal ya.

Gulai Tepek Ikan


Makanan Khas Jambi Gulai Tepek Ikan, juga bakalan menggoyang lidah Anda. Selain rasanya yang enak, terbuat dari santan dan olahan ikan, gulai ini punya ciri khas yang berbeda dari gulai yang ada di tempat lain. Anda pun tidak boleh membiarkan menu ini lewat begitu saja.

Asli, Gulai Tepek Ikan ini makanan dari Jambi yang mutlak. Namanya pun juga sudah khas dari sana, yuk coba bikin makanan enak ini, mantap uy!

Gulai Ikan Patin


Gulai ikan patin merupakan salah satu makanan khas Jambi dan cara membuatnya pun terbilang mudah. Terlebih lagi ketika Anda sedang tidak sengaja menyimpan ikan patin di lemari es, langsung yuk bikin. Cara mengolahnya pun bisa dicari di internet, atau youtube.

Jangan kalah dengan daerah lain, jika Anda adalah orang Jambi, bisa coba bikin ini di rumah. Olahan makanan dari ikan Patin ini bisa diolah menjadi makanan yang sangat enak loh.

Jambi pun punya resepnya, yuk langsung bikin, daripada di masa sering di rumah hanya dibuat santai saja.

Dodol Kentang Kerinci


Dodol, jajanan tradisional yang ada di berbagai belahan nusantara. Bahkan di Jambi pun ada dodol khas Jambi. Namun dodol ini terbuat dari bahan dasar kentang, sehingga diberi nama dodol Kentang kerinci.

Asyik kan sobat Alfattah, makan makanan khas Jambi bisa sambil menikmati dodol. Di melayu memang ada dodol, Sumatra termasuk masih kental dengan bahasa melayunya, meskipun bukan melayu Malaysia.

Nah orang nusantara, punya khas jajanan dodol, di Malaysia juga ada. Kalau dodol khas Jambi, merupakan perpaduan antara khas melayu dan Indonesia, bagaimana rasanya? Datang dan incipi ke sana.

Kue Srikaya


Kue sudah pasti banyak yang suka, apalagi kue srikaya khas Jambi. Sebuah olahan jajan nusantara yang terbuat dari tepung ini akan membawa Anda kedunia jajanan tradisional. Indonesia, terkhusus Jambi ini salah satu kawasan yang punya jajanan tradisional yang banyak.

Saat Anda jalan-jalan ke sana pun jangan sampai lupa makan kue ini. Karena selain rasanya yang enak, tidak bakal ada di daerah lainnya. Sehingga Anda pun bisa membawanya sebagai oleh-oleh juga.

Oh iya, di jawa juga ada jajanan yang namanya srikaya. Eits, tapi, di jawa itu bukan berupa kue, tetapi minuman yang ada campuaran roti, santan dan lain-lain. Nah kalau di Jambi? Bisa di baaw pulang loh!

Jus Pinang



Jus memang ada di mana-mana, namun Jus Pinang adalah salah satu ikon Jambi yang tidak boleh tertinggal. Selain ia minuman yang mantap, juga punya citarasa yang tak kalah jempolnya dari jus-jus yang lain.

Wah-wah, bagaimana jadinya ya, pinang di buat jus? Enak kok, mangkanya coba berkunjung ke Jambi dan incipi enaknya jus pinang.

Daripada berlama-lama, amati gambar makanan khas Jambi di atas, apakah menarik? Yup, dari tampilannya saja sudah kentara nikmat, apalagi rasanya!

Cumi Cah Kangkung


Makanan ini, hampir mirip dengan makanan yang ada di wilayah lain di Indonesia. Hanya saja perpaduan antara cumi-cumi yang kenyal, dengan sayuran kangkung favorit warga Indonesia, membuat masakan ini lebih mantap.

Selain mantap, tentu saja lebih sehat bukan? Hal ini seperti standar kesehatan yang menganjurkan makan sayur-sayuran berwarna hijau. 

Saking sehatnya makanan yang diberi sayuran kangkung. Hingga ada animasi kartun yang mengangkat sayur kangkung untuk makanan penguat tubuh. Sehingga anak-anak pun tertarik makan sayur yang menyehatkan.

Gulai Terjun


gulai Terjun, merupakan nama makanan khas Jambi yang termasuk dalam list favorit orang Jambi. Bagaimana bentuknya? Layaknya gulai lain, makanan khas Jambi satu ini juga punya bahan dasar santan. 

Gulai ini tentu saja punya percampuran daging, dengan masakan khas Jambi yang rasanya sangat mantap, bumbu-bumbunya meresap dengan baik. Menu ini pun akan muncul pada momen-momen tertentu semisal dalam acara hajatan.

Gulai Terjun bentuknya, seperti gulai lainnya, namun resep tentu saja berbeda dari yang lain. Ada tambahan khas lain, yang membuat rasanya lebih mantap. Apalagi, bumbunya sangat meresap di makanan Gulai Terjun.

Kue Padamaran


Jenis makanan kue-kue an tentu saja banyak yang suka. Apalagi untuk makanan pendamping, setelah pagi makan nasi, siangnya makan kue. Sehingga Anda pun tidak mudah lapar.

Kue Padamaran ini, makanan khas dari Jambi yang terbuat dari tepung beras dan juga santan. Perpaduan bahan dasar tersebut membuat rasanya semakin gurih dan memanjakan lidah. 

Sekaligus tekstur dari kue ini sangat ringan, sehingga untuk oleh-oleh pun akan mudah dibawa. Serta gampang masuk dalam wadah, jadi tidak ribet deh kalau di bawa ke mana-mana.

Mie Celor


Seperti gambar makan khas Jambi di atas makanan tersebut termasuk yang favorit ya, dan mudah untuk ditemukan di sepanjang jalan daerah Jambi. 

Makanan  ini berbahan dasar dari tepung terigu yang kemudian dicampur dengan bahan sayuran. Jika Anda mencicipinya, tentu saja akan mudah kenyang.

Seperti namanya, mie celor, makanan ini berbentuk mie namun rasanya khas. Meski banyak mie-mie di luar sana, tetapi tidak mencicipi mie khas Jambi, rugi.

Sudah banyak kan ya? Masakan-masakan yang enak khas Jambinya. Dari kesimpulannya, di Jambi ada 10 makanan khas daerah yang layak untuk kita incipi, apalagi Anda termasuk sebagai para pencinta kuliner Nusantara, semoga puas ya!





Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Post a Comment for "10 Makanan Khas Jambi Kuliner Nusantara yang Bikin Ketagihan"