Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Membuat Kari Ayam, Ala Emak Madiun

 Sobat Alfattah – resep memasak memang sudah banyak banget di google. Namun resep tanpa praktik, agaknya menjadi hal biasa dan tak akan membuat para pembacanya menjadi bisa. 

Oleh karena itu, saya mau sedikit bercerita tentang proses saya belajar membuat Kari Ayam bersama orang yang tinggal di Madiun.

Kala itu tidak sengaja, ada saudara suami yang ingin mudik ke Madiun, tentu mampir dulu ke rumah, soalnya kangen sama bapak mertua saya, hehe, yang tinggal di Madiun itu suaminya. Aslinya sih yang mau mengajari saya tuh, orang Sidoarjo.

Bumbu Kari Ayam Apa Saja?

Bumbu halus Kari Ayam, di bawah ini!

Buat simpel aja ding, saya sangat pemula, jadi nggak perlu ribet-ribet. Nanti kalau buat kamu praktik, juga jadi lebih mudah. Yuk intip guys!

Bahan Dasar untuk dihaluskan:

1. Bawang merah : 12 butir untuk 1 ayam

2. Bawang putih : 6 butir untuk 1 ayam

3. Jahe : sedikit saja,

4. Lengkuas : sedikit saja

5. Kunyit : 1 butir

6. Daun jeruk : secukupnya

7. Merica : secukupnya, semakin banyak tentu semakin pedas

8. Cabai merah : 7 atau lebih (banyak kok yang dimasukkan) atau sesuai selera, semakin banyak warnanya malah kentara coklat.

Bahan lainnya:

1. Ayam : 1 buah

2. Daun salam : secukupnya

3. Sereh : dua helai

4. Kelapa Tua: secukupnya untuk santan

Kalau sudah terkumpul begini, tinggal langsung olah saja. Resep ini tidak murni dari yang mengajari saya ya, karena ada kolaborasi dari google juga, hehe, yang penting praktiknya.

Saudara datang, jangan dianggurin, belajar apa yang saudara bisa. Biar tambah berkah ilmunya, kalau saya keamarin itu, hanya bagian yang meracik bumbu, dan saudara yang mengoreksi kurang apanya.

Yang penting terus belajar dan langsung praktik ya, jangan hanya membaca resep saja, ilmumu akan tidak berguna, dan masakan akan tetap itu-itu saja.

Ihir, glodak! Bagaimana sobat? Cukup jelas kan bahannya?

Proses Mengolah Bahan Kari Ayam

Pertama, kamu harus olah ayamnya terlebih dahulu. Misal kayak saya kemarin itu, karena orangtua (mertua) ini juga punya peternakan sendiri, jadinya ayam itu nggak beli, tetapi menyembelih. Yang bertugas menyembelih, suaminya saudara.

Berdua kolaborasi untuk menyembelih, dan memotong-motong serta membersihkan kotoran yang ada di dalam ayam itu. Tugas saya? Daripada mengganggu mereka berdua, saya pun meracik bumbu dengan melihat google, hiks.

1. Setelah ayam sudah siap masak, langsung buatkan bumbu untuk menghilangkan bau amis ya, bisa pakai jeruk yang rasanya masam sekali itu (jeruk nipis), atau hanya sekadar kunyit, bawang putih dan garam saja.

2. Haluskan, dan campurkan kea yam yang sudah mendidih, biarkan bumbu meresap, agar bau amisnya cepat hilang.

3.  Tunggu sampai ayam itu sudah tidak keras lagi

4. Bersama dengan proses menunggu, haluskan bahan dasar yang tadi saya catatkan di atas. Yaitu, bumbu yang disajikan untuk dihaluskan.

5. Jika sudah siap, geprek serai dan campurkan bumbu halus ke ayam yang masih berada di kompor nyala tadi ya.

6. Tunggu, dan koreksi rasa, apakah sudah mantap, atau kurang masam dan lainnya.

7. Kalau sudah mantap semua, jangan lupa masukkan santan tadi ya, agar lebih gurih rasanya.

Sudah matang? Wah, siap nih Kari Ayam sepesial ini siap untuk disajikan.

Tips Mengolah Daging Ayam Biar Cepat Empuk

Selain ada cara memasaknya, saya juga ingin berbagi tips, agar masakan ayamnya benar-benar legit di lidah. Dengan membuat ayamnya empuk, dan meresap bumbunya.

Jika kamu kesulitan menunggu, cara cepatnya ya, kasih sendok satu atau dua di dalam olahan ayam yang sedang mendidih. Tujuannya apa? Tahu kan, kalau besi atau sendok yang terbuat dari bahan dasar penghantar panas (konduktor) jika ditaruh di air mendidih tentu efeknya, bisa panas sekali tuh sendok.

Nah dengan cara mencampurkannya ke dalam kuah Kari Ayam yang sedang di didihkan, yang lain juga kena efeknya. Ayampun juga ikutan semakin cepat panas, ayam lebih cepat empuk.

Dengan membuat ayam lebih empuk, dan air semakin panas, serta semakin susut, tentu bumbu-bumbu lebih mantap meresap ke dalam ayam itu.

Gimana Sobat Alfattah? Tips jitu kan, ini dari resep biasanya loh, yang sudah pandai masak, pasti tahu itu.

Penutup

Sudah berada di akhir artikel nih, kali ini memang beda, tidak hanya konten curhatan saja, lebih banyak menjelaskan cara mengolah Kari Ayam ketimbang berbagi pengalaman ya. Soalnya, saya berusaha belajar masak juga.

Oh iya, ada nih informasi terkait masakan yang khas ala Jambi. Seperti Palummara dan yang lainnya.

Banyak resep Kari Ayam, dan pembuatannya serta bahannya tida sama, meskipun agak mirip, atau tidak jauh-jauh dari resep dasar. Jadi bisa pakai resep mana saja, bisa juga kolaborasikan dengan teknik kamu memasa Kari Ayam. Sampai di sini, kamu bisa baca-baca artikel saya yang lain.



Posting Komentar untuk "Belajar Membuat Kari Ayam, Ala Emak Madiun"