Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Serunya Wahana Wisata Hawai Waterpark Malang Bersama Sobat Bolang!

Hawai Waterpark Malang tempat yang asyik untuk menghabiskan hari libur akhir pekan ya sobat Alfattah! Apalagi pas kunjung kesana bersama teman karib, mantep euy. Cerita kali ini pun demikian, kami habiskan bersama sobat bolang dan keluarga kecil. Dulu mah sudah pernah keliling pakai sepeda motor mengelilingi pantai sebagai tujuan wisata Malang, kalau kesempatan yang ini pantainya nggak kebagian gara-gara hujan.

Nah mangkanya  perlu menuliskan hasil jalan-jalan akhir pekan kemarin biar pembaca juga bisa tahu apa saja tips yang pas saat kita hendak ke Malang untuk tujuan berwisata. Sobat karib, yang  juluki teman bolang ini bisa dibilang tiga serangkai. Memang ini sih perjalanan kedua, setelah tahun lalu kita sama-sama pergi mengarungi Malang sebagai destinasi wisata Malang yang menyenangkan.

Tapi kali ini tetap asyik, bahkan sangat asyik meskipun tempat yang jadi tujuan wisata Malang lebih terbatas. Soalnya udah lama nih nggak jalan-jalan, gara-gara pandemic Covid 19 yang sedang melanda dunia. Nama tiga serangkai itu, Kijo, Adi, dan Rozi.  sebagai Rozi, Ah daripada berlama-lama baca pengantar yang nggak penting ini, kuy baca tipsnya!

Tak Perlu Terburu Saat Wisata ke Hawai Waterpark Malang

Hawai Waterpark Malang, salah satu tempat wisata Malang yang banyak dikunjungi oleh mayarakat. Baik domestik atau orang luar, terutama wahana air, apalagi ada tsunaminya, ups bocor deh. Yang pasti, inilah perjalanan kami mengunjungi wisata yang terfavorit di Malang.

Selain dari wisata Hawai, di Malang banyak banget tempat wisata yang cocok untuk Anda kunjungi. Di antara yang terkenal ada wisata Batu Malang. Hanya saja, biar sobat Alfattah nggak jauh-jauh, di Hawai Malang juga bisa.

Jika Anda khawatir tentang budget yang tidak memadai, ingin wisata Malang murah, bisa kok di Hawai dapat murah, tapi pas dapat diskon ya!

Sejak pagi, saat mentari baru saja mulai meninggi,  menerima telepon dari salah satu teman yang hendak mengajaknya ke Hawai. Agak terburu, kami ( dan istri) meluncur seperti menunggang kuda, tergesa-gesa tanpa mengajak si kecil mandi dulu. Eh tapi eh tapi, Kami menunggu di warung makan namun tidak terlihat sosok yang kami tunggu. Kami janjian kumpul pukul 06.00 WIB.

Selang 15 menit, ternyata salah satu teman bolang ada di warung itu, kentara dari sepeda berwarna jingga milik Kijo. Iya, benar saja ada dua sosok sedang makan berdua, dengan sebungkus nasi, ah begitu romantisnya. Hehe.

Setelah itu, dengan santainya, mungkin ada jarak 45 menit, sosok yang kami tunggu kedua baru saja mendarat, mereka juga berdua, boncengan, iya kita semua datang ke sana bersama pasangan masing-masing hingga totalnya 7 orang,  mah 3 orang karena ditambah si kecil.

Pokoknya banyak serunya jika datang ke Hawai bersama pasangannya, bahkan bersama si kecil pun juga bakalan senang, meski nanti harus ada yang mengalah. Nanti  kasih tips juga deh kalau bawa anak, apa saja yang harus dibawa.

Sosok yang baru datang ini bernama Adi, ia punya alasan tersendiri kenapa nggak terlalu khawatir berangkat kesiangan. Pasalnya, destinasi wisata Malang Hawai Waterpark ini mulai buka pukul 09.00 WIB, sehingga berangkat jam 7 pagi, sampai di sana tepat pukul 9, dan memang benar wahana baru saja dibuka. Lagipula, ada wahana yang selalu ditunggu netizen ini bukanya masih pukul 12 siang, apa itu sobat? Weleh, Tsunami ternyata.

Inilah Tips Liburan Asyik Malang Hawai


Paket wisata Malang murah bisa Anda dapatkan, jika Anda bisa mengatur strategi saat berwisata ke sana. Nah termasuk jika ingin ke Hawai Waterpark Malang pun, juga harus pakai teknik. Saya jabarkan kok Bun, Mak, Bapak, dan Bude yang lain juga.

Rekomendasi ke tempat wisata Hawai Waterpark Malang dari Saya, karena ini dari pengalaman Saya dan teman bolang. Di sana yang paling terindukan oleh netizen atau para wisatawan adalah Wahana Tsunaminya, tapi masih banyak lagi sih keseruannya, yuk baca tips saat Anda berlibur ke tempat Wisata Malang “Hawai”:

Kondisikan Tubuh Anda Sehat dan Benar-benar Fit

Tips yang pertama, mengenai kondisi tubuh yang terjaga dan tetap fit. Di mana saat setiap tempat wisata mengutamakan pengunjung bebas dari jangkitan Covid-19, sudah pasti para petugas sigap memeriksa suhu tubuh masing-masing pengunjung. Sehingga penggunaan peralatan protokol kesehatan secara lengkap pun yang paling sering gencar untuk disiarkan melalui speaker.

Kami bertujuh istirahat terlebih dahulu tepat di depan lokasi wisata Hawai, sembari menunggu loket yang masih penuh. Rasa khawatir terhadap si kecil karena belum mengenakan masker pun terbesit, tetapi karena memang kami menyediakan, hal itu tidak menghalangi kami masuk ke tempat wisata, cuman, kami masih rundingan mengenai tiket.

Lah itu, yang kami lakukan memang benar, membuat suhu tubuh menurun terlebih dahulu. Soalnya dari perjalanan jauh selama di perjalanan tentu membuat suhu tubuh menjadi tinggi, istri saya diukur suhunya pun agak tinggi, sekitar 26 derajat lebih.

Hal lain terpenting, bukan masalah suhu tubuh saja, Malang kan terkenal dingin, sehingga kekuatan fisik terhadap suhu dingin ini juga menjadi pertimbangan.

Jangan Lupa Bawa Peralatan Renang dan Gantinya

Tips kedua nih guys, kenali wahana di sana dulu ya. Anda berlibur ke Wahana Wisata Hawai Waterpark Malang kan? Tentu wahana paling utama adalah wahana air. Barang yang paling penting untuk Anda bawa, tentunya peralatan renang dan baju ganti.

Ini pengamatan Saya ya, Saya sih lebih fokus mendampingi anak, jadi harus ikutan renang juga meski tidak menikmati wahana kolam renang dengan kedalaman untuk orang dewasa. Baju renang jika tidak sesuai prosedur keamanan pas renang boleh Anda pakai hanya saat bermain ke tempat yang tidak membahayakan, misalnya kolam renang anak.

Selain itu, ada peraturan sendiri saat bermain wahana air. Misalnya saja Anda ingin sekali bermain wahana air yang tinggi banget itu, kalau  menamainya dengan perosotan, nah harus memakai pakaian seusai dengan prosedur renang. Suami Saya aja pas menggunakan pakaian namun tidak sesuai (kaos) harus copot.

Saya nggak ikut, anak nggak mau ngikut ke tempat wahana ekstrim, sekaligus Saya nggak berani sih, hehe. Peraturan juga berlaku di tempat lain, seperti kolam renang untuk dewasa, tidak boleh Anda ceburi perahu karet. Jadi, jika ingin Anda ingin bisa nyaman saat berlibur ke tempat Wisata Hawai, perhatikan peraturan apa saja yang berlaku, siapkan dari rumah.

Oh iya, untuk anak-anak  bisa menyewa ke tempat penyewaan pelampung kecil, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan standar keamanan Hawai.

Bawa Sanblock Agar Tidak Cepat Hitam

Liburan yang nyaman itu, nggak membuat dampak tak baik bagi Anda. Lah gimana kalau nanti tambah hitam gara-gara kepanasan. Meski Kota Malang suhunya dingin, tapi ternyata tempat wisata Malang tentu saja masih ada terik matahari loh. Tidak kentara saat tersengatnya.

Bagi wisatawan yang masih khawatir kulitnya hitam, tentu wajib membawa sanblock. Untuk jaga-jaga agar Anda dan keluarga saat berlibur tetap bisa menikmati dingin dan tidak sampai terhalang takut panas dan bikin hitam.

Kalau mau bercerita sedikit, Saya sih sejujurnya nggak bawa, karena Saya nggak takut hitam dan tidak perduli. Tapi bagi seseorang dengan kekhawatiran tinggi, wajib ya bawa. Soalnya Saya berangkat dengan berjumlah tiga pasangan, hanya Saya saja loh yang nggak bawa. Dua pasangan bawa Sanblock, alamak!

Tapi ya sudahlah, hitam nggak hitam kan Saya tidak perduli, jadi tetap seru. Haha, jangan ditiru ya!

Bawa HP untuk Keperluan Dokumentasi

Hal lain yang perlu Anda perhatikan, wajib bawa HP ya, ini untuk keperluan dokumentasi saja. Perhitungannya gini, Anda berangkat bersama keluarga dan banyak jumlahnya, siapa bersedia bawa HP? satu saja cukup. Saya sarankan bawa HP saja, biar mudah bawanya.

Pasalnya, jika Anda bawa Kamera Digital, akan sulit untuk membawa kemana-mana. Soalnya jika HP, bisa beli tempat HP yang terbuat dari plastik (anti air). Jadi meski berenang, bisa Anda letakkan pada leher sebagai kalung, lalu Anda bawa ke mana-mana termasuk ke wahana air prosotan itu, masih aman-aman saja asal tidak jatuh dari atas, karena bisa saja hilang diambil orang.

Tempat HP itu juga bisa untuk tempat menyimpan uang sekaligus. Rata-rata menggunakan itu untuk membuat liburan menjadi lebih nyaman, oh iya sekaligus bawa kunci loker, pokoknya saat liburan, ada yang siap untuk menerima tanggungjawab bawa HP atau bawa kunci loker.

Bawa Uang yang Banyak

Tips lain yang tak kalah penting, tentu harus bawa uang banyak jika pingin liburan terasa seru. Kenapa kok bawa uang dengan jumlah banyak? Nah liburan kan tentu saja sudah pasti menghabiskan uang tapi hati senang. Tapi jika pilihan Anda berwisata ke Hawai, sudah pasti menguras keuangan Anda, jadi siap-siap saja ya.

Tapi meski begitu, sangat seru kok! Soalnya wahananya sangat banyak, walau bawa anak, bisa sama-sama merasakan bahagianya.

Hal yang paling menguras uang karena banyak peralatan yang harus Anda sewa jika saat butuh adalah:

a. Sewa Perahu Karet

b. Sewa Loker untuk baju dan lainnya

c. Beli tempat HP anti air

d. Sewa pelampung untuk anak

e. Membeli makanan ringan

f. Membeli makanan saat lapar

g. Dan lain-lain.

Masalah makanan ini yang krusial, soalnya nggak boleh bawa bekal dari rumah, sedang Saya akui, di sana agak mahal harganya.

Banyak sekali tempat rekomendasi yang bisa Anda kunjungi selain, Malang. Di Magetan ada wahana air, Sarangan, di sana lebih ke telaga, atau Madiun yang banyak pegunungannya, Wisata Magetan-Madiun ini yuk bisa Anda kunjungi.

Persiapkan Mental

Harga tentu tidak jadi masalah, yang penting hati Anda dan keluarga bisa senang. Tapi mempersiapkan mental, soalnya di sana wahananya lumayan ekstrim. Meski suka, eh tapi ternyata masih pertama kali main wahana air, ya sama saja harus siapkan mental ya.

Dua wahana utama lumayan menguras mental para wisatawan, yaitu meluncur pada perosotan yang begitu tinggi, dan juga Tsunami. Saya jelaskan satu-satu deh.

Saat Anda bermain di wahana dengan ukuran ketinggian yang wow dan harus membiarkan diri mengikuti aliran seluncur itu, ketegangan paling berasa adalah adrenalin detak jantung yang penuh berdebar. Jadi para wisatawan dengan riwayat penyakit jantung, atau wisatawan yang takut dengan wahana itu, Saya sarankan jangan bermain pada wahana ektrim-ektrim ya.

Wahana yang kedua, Tsunami. Karena terjangan ombak yang bisa mengguyur para wisatawan, meski tidak terlalu tinggi, tetapi begitu menegangkan. Ombaknya kayak beneran loh, bisa menghanyutkan kita, ikut terbawa arus ombak saat ombak kembali ke tempat semula.

Wahana Tsunami ini paling seru, loh man teman. Soalnya tersedia dua season, pertama untuk anak-anak, lalu kedua untuk orang dewasa. Dengan tingkat keamanan dan terjangan ombak yang berbeda pula.

Bagi Anda, orang dewasa namun takut dengan terjangan ombak yang lumayan besar, bisa ikut mendampingi anaknya saja. Jadi orang dewasa masih boleh ikut di wahana Tsunami kloter pertama untuk anak-anak sebagai pendamping.

Wahana lain yang bisa memicu adrenalin dan perlu mental saat Anda menceburkan diri, hanyutkan diri Anda dan keluarga di sungai saja. Dengan perahu karet, namun ketinggian air masih dalam kategori sedang, ternyata berpotensi menantang jiwa keberanian. Apalagi pas menikmati wahana itu, carilah waktu yang dekat dengan kejadian Tsunami berlangsung, ada ombak-ombak yang sedikit menantang saat terhanyut dalam sungai.

Perlu menjaga keseimbangan, ditambah lagi ada banyak wisatawan memainkan perannya sebagai penunggang perahu bagai menunggangi kuda-kudanya. Yup, alhasil salinglah bertabrakan. Itu keseruannya sih.

Ajak Orang Banyak Kalau Bisa

Liburan paling seru ya sama keluarga, apalagi kalau jumlah anggota keluarganya lumayan banyak. Wahana di Hawai bisa terasa nikmat jika Anda lakukan bareng-bareng, apalagi nyewa perahu karet dan keliling ke sungai dengan perahu itu. Bahkan si kecil, anak Saya yang usianya masih 2 tahun bisa merasa senang.

Saat Anda bermain pada wahana di wisata Malang tepatnya di area sungai itu, jangan lupa pula membawa HP, bisa foto-foto sama keluarga bareng-bareng naik perahu karet. Saat Anda menyewa itu, dikenakan biaya Rp. 35.000 per perahunya. Bisa muat untuk dua orang atau sekalian sama anaknya, sehingga maksimal 3 orang lah.

Nah jika menyewa itu, semua keluarga mau naik perahu lalu foto-foto, asyik banget deh. Tidak hanya wahana itu saja yang asyik untu didokumentasikan. Bisa juga pada saat wahana Tsunaminya. Namun harap bersabar ya, saat ingin menikmati wahana itu.

Di mana Anda akan diuji kesabaran menunggu momen wahana Tsunami, soalnya hanya ada pada jam-jam tertentu, yaitu pukul 12 siang, 2 siang, dan jam 5 sore. Saat Anda datang ke sana agak kepagian, tentu nunggu momen ini agak lama, sedangkan jika Anda pergi ke sana bersama rombongan sekolah atau organisasi sepertinya nggak bisa nunggu lama-lama ke Hawai.

Eh tapi poin pentingnya, wahana Tsunami ini bagus loh untuk foto-foto. Bisa Anda nikmati bersama anak-anak juga loh. Bagi yang punya rasa khawatir atau mental kurang kuat, nggak usah ikut ya. Soalnya ini kayak tsunami beneran.

Bisa dibayangkan nih, Tsunami yang menakutkan kayak di televisi, bisa jadi hiburan juga. Desiran dan gulungan ombak menakutkan, namun masih dalam koridor aman bisa Anda rasakan di Wisata Hawai Waterpark Malang ini. Lalu bisa bawa Hp untuk foto-foto, keren kan!

Pilih Waktu Diskonan Saja

Harga wisata Hawai Waterpark memang agak mahalan, ini ada price listnya, sayangnya telah di update. Lihat langsung di laman resminya.

Poin ke delapan, jangan lupa pilih hari tertentu saat ada diskonan. Ini untuk menghemat biaya pengeluaran, soalnya misal berangkat ke sana rame-rame dengan diskon kan luamayan. Biasanya pas hari Minggu atau hari-hari tertentu.

Lagian mendapat diskon kan juga bisa untuk mengemat biaya karena masih banyak tempat wisata yang bagus di Malang. Ini Saya ke sana pakai diskonan.

Waktu itu masuk kategori diskon bulan November 2020, syaratnya bawa BPJS baik itu Kis, atau BPJS Ketenagakerjaan, lumayan dapat kepotong separuh harga. Harga normalnya Rp. 100.000 tapi karena diskon, hanya kena Rp. 50.000 saja.

Nah bayangkan jika Anda bawa banyak pasukan, lalu nggak pas diskonan? Pasti sangat menghabiskan uangnya. Tapi setiap ada hal yang berbau diskon, pasti banyak pemburu-pemburu berhamburan, resikonya tempat wisata itu terlalu ramai.

Namun masih asyik kok, soalnya wahananya lumayan luas. Saya nggak sukanya pas ngantri beli makanan saja, agak lama jadinya pas beli sesuatu. Oh iya sama ngantri kamar mandinya pas habis nyebur di wahana air.

1.  Bagi yang Punya Anak Kecil, Mohon Saling Kerjasamanya

Halah, ini menurut Saya termasuk yang harus digarisbawahi saat Anda liburan di tempat wisata Hawai Waterpark Malang. Coba bayangkan, bagi para wisatawan penyuka wahana air seperti senang berenang, serta meluncur dari ketinggian dengan perosotan yang menegangkan, eh tapi kok bawa anak, pasti salah satu pasangan harus mengalah.

Harus ada yang jaga anak, nggak bisa main air bersama, kecuali si kecil juga sangat menikmati wahana air itu. Nah saat kasus Saya sih, karena bawa anak usia 2 tahun, ternyata si kecil ini takut bermain di kolam renang, ya kalang kabut dong!

Alhasil, ibunya deh yang harus mengalah, soalnya bapaknya suka renang, bahkan katanya takut wahana air dengan ketinggian bukan main itu, ternayata pas habis main satu kali, eh malah ketagihan. Jadilah ibunya siap dan sigap jaga si kecil, tapi nggak papa, yang penting si kecilnya senang.

Soalnya meski awalnya takut, dari hilir ke hulu namanya anak kecil, bermain air itu hal yang mengasyikkan. Gara-gara itu, ceritanya ibunya me time sama si kecil saja. Saat bapaknya pingin renang dan bermain wahana air yang tinggi itu.

Nggak boleh ketinggalan, bermain air di sungai, menghanyutkan bersama perahu karet, ternyata si kecil senang, Saya, Bapaknya dan si kecil bisa bermain bareng dan foto-foto bareng.

2. Bawa Jas Hujan Saat Anda Butuh

Terakhir nih ya, Anda jangan lupa bawa jas hujan. Karena di bulan November, Desember dan Januari waktu yang sangat sering turun hujannya. Jadi misal dari Hawai pingin ke tempat wisata lain, masih bisa cus langsung pergi dari sana dan menuju ke wahana lainnya.

Oh iya, tips bawa jas hujan ini nggak hanya buat yang bawa sepeda saja ya. Bagi yang berwisata menggunakan mobil juga perlu, soalnya tempat wahana pasti kan nggak ada penutupnya, misal ingin ke mana-mana saat di tempat wahana bisa pakai jas hujan, atau bisa saja bawa payung.

Waktu itu juga kejadian kok sama Saya, datang ke sana sampai lokasi pukul 09.00 WIB, eh karena pingin nunggu Tsunami, wal hasil harus sampai jam 12 siang. Eh pas pukul 2 siang ternyata hujan deras mengguyur arena.

Alhasil, ketika pingin ke yang lain, agak nunggu hujan terang, eh ternyata nggak terang-terang, apalagi perut ini rasanya lapar banget. Kalau ingin beli di lokasi wisata, ternyata lumayan menguras kantong nih, jadi nekat keluar dari tempat wisata, cari makan di tempat lain, semua pada kasihan anak Saya nih, soalnya nggak bawa jas hujan.

Tapi Saya dan semua yang bareng Saya tetap angkat diri dan cari makan di tempat lain, jadi saran sih bawa jas hujan saja ya.

Itu dia beberapa tips menikmati destinasi wisata Hawai Waterpark Malang agar bisa lebih berasa asyiknya. Semoga catatan tips yang Saya catatkan, bisa bermanfaat bagi Anda. Karena berwisata, apalagi di Hawai, butuh trik agar bisa lebih menikmati.


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

26 komentar untuk "Menikmati Serunya Wahana Wisata Hawai Waterpark Malang Bersama Sobat Bolang!"

  1. wkwkwk, tips point no 5 bikin ngakak. Tapi bener banget sih kudu bawa uang yang banyak, wkwkwkw
    seru banget liburan di Hawai Waterpark Malang, tapi aku masih belum berani berenang di masa new normal ini, hhh

    BalasHapus
  2. Iya dong kak 😂😂 habisnya di Hawai habisin uang sih pada mahal-mahal.. tapi jujur, seru sih, apalagi pas diskonan. Agak hemat dikit 😅😅 Makasih kak kunjungannya.. semoga tips nya bermanfaat. Itu bulan November lalu liburanyya ☺☺

    BalasHapus
  3. Oke mbak. Tipsnya sudah aku catat. Wabil khusus nomor 5 dan 8 haha.

    BalasHapus
  4. Dimana-mana memang musim diskon dinantikan ya. Memang lumayan berlibur pas lagi ada korting

    BalasHapus
  5. Hhhe... iya kak. Diskon nya 50%. Waktunya pandemi, daripada karyawan nggak kerja, kasihan.. Makasih kak udah mampir ☺

    BalasHapus
  6. Setuju liburan harus bawa uang banyak haha. Dan persiapkan mental utk main ombak ya. Seru banget nih kayaknya berlibur di Hawai Waterpark

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, seru banget pokoknya.. ☺ ombaknya sangat menantang.. apalagi ada efek suara gemuruhnya. Lihat aja udah seru.. 😂😂

      Hapus
  7. Malang emang tiada duanya
    Ada buanyak beragam tempat wisata
    Jan komplit

    Sayang kalo ke malang jalannya itu loooo
    Menanjakk
    Sy suka pusiing
    Tp klu naik kereta enak, g terasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak... ☺☺☺ ada lagi sih kak selain Malang, yang menurutku bagus buat kunjung, Jogja ☺☺☺

      Hapus
  8. Enak banget nih buat rame-rame bareng keluarga. Wahana waterpark seperti ini biasanya luas dan banyak permainan ya mbak, dijamin puas main di waterpark

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kata suami, bayar 50.000, main sepuasnya, hha.. gara-gara kortingan..
      Meski nggak kortingan, kalau main wahana yang di dalam nggak dikenakan biaya kak, kecuali kalau nyewa buat perahu karet atau pelampung.. ☺

      Hapus
  9. Bawa jas hujan dan payung memang nggak boleh lupa kalau lagi traveling, karena kita nggak tahu juga kapan datangnya hujan yang bisa aja tiba-tiba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, apalagi kalau memang pas musim hujan gini. Tambah darurat.. sore sudah pasti sering hujan..

      Hapus
  10. Wau Keren ternyata Hawai Waterpark,
    Bisa puas nie mandinya.

    q pun senang kalau wisata renang itu Mbak, bisa mendinginkan badan setelah lelah bekerja apalagi bersama teman-teman pasti asik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, sama.. meski sebenarnya nggak bisa renang 😅😅 tapi lumayan buat hiburan anak.. ☺

      Hapus
  11. Pasti seru ya bisa main air seharian di Hawai Waterpark Malang. Di Jakarta dari dulu udah ada semacam wahana tsunami itu di Atlantis Water Adventure, Ancol. Namanya kolam ombak dan ada jam-jam beroperasinya juga.

    Untuk penulisannya saya ada sedikit saran. Untik kata "saya" dan "anda" jika bukan di awal kalimat maka tidak perlu diawali dengan kuruf kapital.

    BalasHapus
  12. Iya kak seru banget.. ☺ ternyata di Jakarta juga ada ya kak. Di Jatim baru ada di situ.. akhirnya yang datang membludak.

    Iya kak, makasih kak sarannya ☺☺

    BalasHapus
  13. wah seru banget lihat liburannya kak, pasti asik ya, apalagi ke sini kayaknya memang harus pergi sama keluarga deh, sama anak, keponakan bakal seru abis, jadi kangen pengen segera liburan lagi

    BalasHapus
  14. Iya kak seru banget.. tunggu covid redah lagi aja kak.. kemarin November covid nya nggak keterlaluan.. sekarang lagi naik lagi ancamannya.

    BalasHapus
  15. Ini mirip Jogja Bay Waterpark, Mbak. Tiket masuknya juga sama, sekitar 100rb per orang.
    Aku pernah coba naik prosotan di Jogja Bay setinggi 25 meter gara-gara diajak anak, ternyata seru juga, meski sambil teriak-teriak diketawain anakku hehehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak seru abis.. tapi ya gitu, anakku mah masih 2 tahunan, nggak berani 😅😅

      Hapus
  16. Poin 5 nih yang bikin harus ekstra persiapan ya. Wkwk... Memang tempat liburan seperti waterpark, dan park park sejenis ini suka tidak terduga karena di dalamnya ada aja wahana yang seru. Bawa anak-anak apalagi ya. Kan nggak lucu juga kalau ortunya melarang main ini itu karena alasan hemat budget.. hihi.. ngapain kesana kalau budget minim, ya... aduduh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. iya kak.. kasihan anaknya, mau main ini itu, dilarang terus.. 😅😅 lagian di sana juga nggak boleh bawa bekal makanan. So pasti bawa uang bayak.. btw makasih udah mampir ☺

      Hapus
  17. Waterpark emang tujuan wisata keluarga. Kalau disuruh milih waterpark dan tempat wisata yg cuma isinya tempat untuk foto2 dan jalan2 saja, saya pilih waterpark. Tapi sayang harus nabung dulu ini karena pasti butuh badget yg lumayan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.
      Hehe.. butuh nabung dulu. Atau pas hari diskonan kak 😅😅😅😅 biar nggak banyak-banyak dana nya..

      Hapus