Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Makanan Ringan Serba 5000, Murah Yang Bikin Laris

 

Usaha Makanan Ringan Serba 5000, Murah Yang Bikin Laris

Usaha makanan ringan serba 5000, Jaman sekarang untuk mencari ide usaha tidaklah sulit. Jika kita gigih pasti ada aja idenya, apalagi dibantu dengan marketing online.Apapun bisa kita jadikan usaha, mulai dari barang-barang baru, makanan, hingga barang bekaspun bisa dijadikan usaha.

Sedangkan dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa ide usaha makanan serba lima ribu yang tergolong ringan atau lebih tepatnya makanan ringan. Ada banyak sekali makanan ringan yang sangat cocok kita jual lima ribuan, dan itu sangat terbukti laris di pasaran.

Makanan Paling Laris Serba 5000

Yuk simak apa saja contoh usaha makanan paling laris saat ini dan harganya serba lima ribu!

1.      Keripik singkong

Makanan yang berbahan dasar singkong sangatlah banyak terutama makanan basah. Tapi akan berbeda dengan keripik singkong. Dengan diolah menjadi keripik tentu makanan tersebut lebih awet, sehingga resikonya tidak terlalu besar seperti cepat basi. Namun kamu harus tetap memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

Untuk menjadi keripik, singkong harus dipotong tipis-tipis dan kecil-kecil agar menghasilkan terkstur yang renyah saat dimakan.

Tidak perlu khawatir bagaimana cara memotong agar menghasilkan potongan yang tipis dan kecil, karena di pasaran sudah tersedia berbagai macam alat pemotong. Mulai dari potongan bulat tipis, kecil keriting, ataupun kecil memanjang, memotong singkong dengan alat-alat tersebut bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Soal rasa juga harus kita perhatikan. Rasa keripik yang gurih dan renyah menjadi daya tarik tersendiri untuk penggila keripik. Kita dapat memberikan rasa manis, gurih, pedas dan lain sebagainya. Sedangkan saat ini mayoritas orang-orang lebih suka rasa pedas manis, pedas banget maupun pedas sedang.

2.      Basreng

Tahukah kamu makanan yang satu ini ternyata juga memiliki peminat yang cukup banyak. Basreng sendiri merupakan singkatan dari bakso goreng yang merupakan camilan dari Sunda, di buat dari bakso ikan lalu digoreng kemudian dicampur dengan bumbu rempah, lada dan cabe.

Karena asalnya memang merupakan camilan pedas, akhirnya penjual mengkreasikan sajian basreng dengan level kepedasan yang variatif. Meskipun begitu basreng juga tetap menyediakan dalam bentuk original atau tanpa pedas, sehingga dapat dikonsumsi anak-anak dan orang yang tidak suka pedas.

3.      Keripik tempe

Tempe selain sebagai lauk makan juga dapat kita kreasikan sebagai keripik. Sehingga menjadi sebuah camilan yang bisa bertahan lebih lama. Tempe sendiri mengandung nutrisi vitamin, dan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan.

Selain itu juga rendah kalori sehingga cocok untuk yang sedang diet. Tapi saat makan tempe goreng hendanya memperhatikan jumlah kalori yang dihasilkan.

Sedangkan keripik tempe selain sebagai camilan juga cocok sebagai teman makan gantinya kerupuk. Untuk menyajikannya juga bisa memberikan varian rasa seperti balado, manis ataupun asin.

4.      Makaroni pedas level

Dari judulnya saja sudah terlihat bahwa makanan ini sangat cocok untuk usaha makanan ringan. Karena kita tahu sendiri bahwa peminat makanan pedas di Indonesia sudah tidak sedikit lagi. Maka penjual makroni memberikan variasi level pedasnya.

Bagi yang sangat menyukai makanan pedas, pastinya akan memilih level tertinggi. Tapi jangan khawatir dengan yang tidak suka pedas, karena biasanya menyediakan level rendah mulai dari level 1, 2 dan 3. Jadi anak-anak masih bisa tetap menikmati camilan ini.

5.      Kentang goreng

Kita pasti tidak asing dengan jajanan yang satu ini, karena memang banyak ditemukan di cafe-café. Kentang goreng yang biasa di namakan French fries ini menjadi salah satu camilan yang mempunyai banyak penggemar.

Meskipun begitu kamu harus membuat kreasi yang unik seperti menambah packing unik, menaburi bumbu dengan varian rasa dan juga bentuk kentang yang berbeda. Hal tersebut agar menarik semakin banyak pembeli.

6.      Cireng

Sebenarnya cireng merupakan jajanan yang sudah ada sejak lama. Dulu kebanyakan dijual oleh penjual keliling, cara penyajiannya pun sederhana setelah digoreng kemudian dilumuri saos tomat maupun pedas.

Namun berbeda dengan sekarang, semakin hari makanan ini tampil semakin menarik. Bagaimana tidak, cara menyajikannya saja sudah diberi varian rasa mulai dari balado, BBQ, sapi panggang dll, kemudian dilumuri saos dan juga mayo, di packing rapi seperti kentang goreng.

Untuk memulai usaha ini kita juga tidak repot-repot membuat adonan cirengnya sendiri, cukup membeli frozen foodnya di beberapa agennya.

7.      Jamur krispi

Tidak sedikit juga penjual kentang goreng yang sekaligus menjual jamur krispi. Camilan yang satu ini juga menjadi favorit banyak orang. Biasanya jamur krispi dijual menggunakan gerobak atau stan-stan khusus.

Jika ingin membuka usaha ini kalau bisa membuat jamur krispi home made agar tidak menekan bahan baku. Dengan begitu kita akan mendapat modal yang lebih murah dari pada dengan jamur yang dijual ecer di pasaran.

8.      Keripik usus

Proses pengolahan camilan ini memang agak sulit, karena perlu ketelitian serta kebersihan yang maksimal jika ingin memilih usaha ini. Namun dibalik sulitnya pengolahan, ia terbukti laris di pasaran. Karena rasanya yang gurih sehingga memikat banyak peminat.

Salah satu usus yang digunakan adalah usus ayam, begitu juga harganya yang tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan ayamnya sendiri. Kamu bisa mengolahnya menjadi keripik usus yang dibalut dengan tepung, kemudian berikan varian rasa seperti balado, BBQ, pedas level dan lain sebagainya.

9.      Keripik pisang

Pisang selain digoreng menjadi pisang goreng, juga bisa diolah menjadi keripik pisang yang rasanya juga tidak kalah dengan keripik-keripik lainnya. Setiap toko pejual oleh-oleh pasti juga tidak meninggalkan jajanan yang satu ini. Bagamana tidak, meskipun terlihat simpel keripik pisang ini banyak yang suka.

Di pasaran, biasanya menjual dengan beragam rasa seperti manis dan asin. Selain itu juga ada rasa keju, balado, jagung bakar, coklat dan lain sebagainya.

Jika kita ingin usaha ini, kita bisa membuatnya sendiri di rumah kemudian dijual secara online maupun offline. Selain itu kita juga bisa membeli di orang lain dalam keadaan sudah matang kemudian kita kemas sendiri dengan rapi atau memberikan merek sendiri.

Untuk yang keripik pisang, tentu saja menjadi Favorit orang kampung juga, jadi ini juga masuk dalam list jualan makanan yang laris di kampung.

10. Mie lidi pedas

Selain cireng, jajanan mie lidi pedas juga sudah ada sejak dulu. Biasanya dijual di sekolah-sekolah dan itu menjadi favorit anak-anak waktu itu. Snack seperti mie yang berbentuk seperti lidi dengan taburan bumbu yang super banyak dan juga terkenal pedas.

Saat itu hanya menyediakan rasa bumbu berwarna merah saja. Namun berbeda dengan sekarang yang sudah divariasikan dengan berbagai rasa seperti asin, dan pedas. Begitu juga kemasan yang dulu kecil-kecil sekarang sudah sudah ada kemasan mika yang dijual dengan harga lima ribuan.

Meski di atas bukanlah sebuah ide jualan makanan kekinian, namun makanan yang disajikan masih sangat menjadi favorit kalangan semua orang.

Kesimpulan

Untuk membuat usaha makanan ringan serba 5000 seperti yang disebutkan di atas, tidak harus membuka stan sendiri. Kamu bisa menitipkan ke warung-warung terdekat yang kira-kira ramai pembeli. Selain itu juga bisa kita jual secara online.

Semoga artikel ini bermanfaat. Nantikan artikel bisnis selanjutnya. Terimakasih.

https://www.ukmsumut.com/usaha-makanan-ringan-5000/

https://www.kosngosan.com/2021/11/usaha-makanan-ringan.html

 

 

 

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Usaha Makanan Ringan Serba 5000, Murah Yang Bikin Laris"