Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Makanan Paling Laris untuk dijual yang Harus Kamu Tahu

 

15 Makanan Paling Laris untuk dijual yang Harus Kamu Tahu

Makanan paling laris untuk dijual, Alfattah Parenting kali ini akan mengulas tentang usaha makanan yang cocok untuk pemula, namun termasuk yang paling laris. Meski kita-kita ini tergolong masih pemula dalam usaha atau bisnis, jangan ragu untuk mencoba usaha apapun.

Aku bingung nih mau pakai bahasa formal sesuai dengan PUEBI atau yang nyantai saja, tapi kayaknya kali ini pengin yang agak santai, biar lebih dekat dengan kalian ya. Sobat Alfattah, saya sebagai seorang ibu rumah tangga, pernah muda juga dong.

Pernah berusaha juga menjadi seorang pengusaha atau lebih tepatnya pejuang receh. Ya, pernah jualan makanan ringan dan makanan yang termasuk laris untuk kita jualin. Mangkanya aku kali ini pengin berbagi informasi sama teman-teman.

Usaha Makanan Rumahan Online, Kamu Harus Mencoba

Usaha makanan rumahan online tentu saja sekarang ini sangat bisa mendulang rupiah untuk kamu kantongi guys. Di bawah akan ada 15 daftar makanan yang laris, namun sekarang lebih penting bahas sistem jualan yang lagi hits aja dulu deh.

Jika dulu, jualan secara manual, jualan langsung di hadapan para pelanggan yang datang ke kita, sekarang ini lagi banter-banternya memesan makanan secara online. Mungkin faktor utamanya gara-gara habis disuruh WFH kali ya, gara-gara pandemi yang menuntut nggak boleh ke mana-mana.

Jadi pada suka pesan secara online deh semuanya. Ya kan?

Namun, kamu juga harus tahu, sebenarnya jualan langsung di depan pelanggan juga masih banyak dilakukan orang-orang dan termasuk masih laku kok. Cuman, cara usaha makanan secara online jadi jalan rezeki tersendiri, mendapat pelanggan yang jaraknya lumayan jauh.

Nah ini karena potensi rezeki baru, kamu nggak boleh menyia-nyiakan. Aku kasih pengalaman jualan yang secara online ya, dan cara yang work yang bisa kamu praktikkan.

Sebagai anak seorang penjual gorengan di rumah, aku tahu, jualan langsung itu tidak mudah. Ibuku biasanya jualannya memang langsung, tetapi memutuskan untuk menitipkan makanan itu ke orang jualan dan bagi hasil.

Ibu lebih suka bikin jajannya daripada menjualkannya, dan ini sangat berpotensi juga mendapatkan ceperan meski harus berbagi dengan yang punya lapak sekian persen.

Namun, karena tergolong laku, saudara ibuku juga ikut dong jualan, ia belain pindah dari Tuban ke Gresik karena merasa di sana jualan nggak seberapa laku ketimbang di rumah ibuku, Gresik.

Di Gresik ini ia jualan gorengan juga kadang, kadang pula jualan lontong, dan lain sebagainya. Nah pernah jualan lontong, tapi caranya online guys. Sistem penjualannya lewat hp, kadang dibantu adikku promosi lewat facebook.

Nah dari sini, memang laku keras, tapi bagi kamu yang pemula, jangan langsung go online jarak jauh ya. Lek atau adik ibuku ini jarak dekat dulu, caranya online tetapi masih lokal. Mengapa?

Kalau langsung dengan sistem online misal pakai gofood dan shopee serta lainnya, makanannya harus bikin porsi banyak. Belum lagi kalau kamu masih jadul dengan handphone, akan tambah ribet dipikiranmu.

Jadi yang sederhana saja, paling enggak kamu belajar sistemnya dahulu.

Daftar 15 Makanan Paling Laris untuk dijual

Banyak sekali makanan yang laris di pinggir jalan, yang bisa membuatmu cepat menghasilkan. Kali ini mau berbagi nih daftar makanan enak yang bisa kamu jualkan, baik secara online atau dijual langsung di pinggir jalan:

1.      Gorengan

Daftar makanan paling laris untuk dijual yang pertama, kamu bisa memilih menu makanan berupa gorengan. Dari zaman A sampai Z, pasti tahu dong kalau orang Indonesia itu suka banget makanan yang digoreng.

Tetapi, kamu juga harus pintar memilih menu gorengan yang cocok dilidah para pelanggan. Karena setiap daerah biasanya beda-beda menunya. Kalau kamu di daerah jawa, gorengannya biasanya ya ote-ote, tahu isi, martabak dan lain sebagainya.

2.      Aneka macam kue

Kalau menganggap gorengan makanan yang norak, atau sudah terlalu banyak yang jualan gorengan, kamu bisa ganti menu saja deh, mungkin bisa dibilang lebih keren. Yaitu aneka macam kue. Kue, banyak banget jenisnya, tinggal pilih.

Namun kamu harus agak ribet sedikit pas bikinnya, karena butuh olahan yang dibuat, dan biasanya ngukusnya lebih lama.

3.      Makanan tradisional

Makanan tradisional termasuk makanan kuliner Indonesia yang khas banget. Kamu bisa jualan ini, pasti selain tujuannya jualan, bisa juga sambil mengedukasi banyak kalangan. Mengenalkan dan membuat masyarakat cinta akan makanan kita.

Lagi pula, biasanya banyak yang cari juga. Mungkin mereka merasa tidak asing dan kangen makanan tradisional yang sekarang semakin tergerus dengan makanan yang lagi hits.

4.      Kentaki

Tuh kan, habis nyinggung makanan tradisonal vs makanan yang lagi hits di atas, sekarang malah bahas kentaki, makanan yang disukai oleh anak-anak muda. Kamu bisa coba jualin ini di pinggir jalan guys, pasti cepat lakunya kok.

Makanan ini memang sekarang bisa menjadi ladang baru dan mudah laku. Apalagi, kalau baru buka, pasti diserbu, dan lebih-lebih kamu bisa mengolah lapaknya menjadi nyaman, pasti pelanggan merasa senang.

5.      Pudak Gresik

Lagi-lagi bahas tentang pudak Gresik, makanan khas yang kini semakin berkurang. Sebenarnya penggemarnya masih banyak banget sih, apalagi kalau ada acara apa-apa, biasanya juga jadi buah tangan untuk para tamu undangan.

Hanya saja, sekarang ini pengolah makanan ini yang berkurang. Mungkin keahlian untuk membuat pudak orangnya semakin terbatas, dan orang masa kini, pada males mau belajar bikin pudak. Tetapi, kamu sebagai penjual, harus optimis dan mau menjualkan sekalian mengedukasi mayarakat.

Kalau soal laku, insyaallah masih banyak penggemarnya ya.

6.      Bubur dan Aneka Bubur

Bubur dan aneka bubur termasuk makanan kuliner Indonesia, yang terkenal salah satunya bubur mutiara. Aku, salah satu penggemar makanan khas bubur mutiara ini. Banyak juga yang lain, terutama kalangan anak-anak.

Jika ngomongin bubur, kamu bisa jualin makanan ini, apalagi kalau jualannya di pinggir jalan atau dengan cara keliling pakai sepeda ontel. Masih khas banget seperti penjual bubur yang lain.

Biasanya kalau jualan bubur pakai sepeda ontel, menunya bubur mutiara, bubur sum-sum atau dalam bahasa jawa terkenalnya bubur lemu (biasanya dapat yang warna putih aja) yang terbuat dari nasi sebagai bahan utamanya.

Kalau nggak mau bubur tersebut, bisa jualan bubur kacang ijo, ini juga banyak penggemarnya, favoritku banget, apalagi kalau yang dingin, yang anget juga mantap.

7.      Nasi bungkus

Apa kamu termasuk orang yang suka makanan instan? Makanan instan di sini bukan berarti mie insntan dong. Makanan yang dimaksud adalah yang siap saji, tinggal beli, dan di bawa pulan untuk dimakan. Lebih lagi kalau sudah bungkusan, tinggal lihat menunya ada apa saja.

Kamu termasuk yang suka nasi bungkusan? Ya coba saja jualan itu, lumayan laku, bahkan pelanggannya bisa berdatangan yang paling banyak adalah para pekerja.

Biasanya orang-orang yang sibuk kerja dan nggak sempat bikin di rumah, bahkan ada juga kan wanita yang berkarir, tidak sempat masak.

8.      Masakan padang

Makanan yang laris di pinggir jalan, dengan harga menu yang lumayan, dan pelanggannya banyak yang dari kalangan atas. Menu apakah itu? Ya Nasi padang guys. Meski rada mahal, namun yang suka masih banyak banget.

Selain karena makanannya enak dan terasa, olahan masakan padang ini ada penggemarnya tersendiri. Bisa dibilang yang suka adalah kalangan kelas atas.

Jika kamu bisa membuat olahan makanan khas Padang, mengapa tidak coba jualan menu ini saja.

9.      Bakso

Menu bakso, makanan yang bisa masuk kelas atas atau kelas receh yang selalu ada penggemarnya. Sebenarnya bakso bukan makanan asli Indonesia, penemunya orang luar. Namun, dia seolah jadi khas Indonesia, karena menu bakso ini namanya khas dari sini soalnya.

Obama saja kenalnya ini khas Indonesia kan? Untuk masalah harga dan rasa yang akan membedakan, bakso termasuk kelas atas atau bawah, hehe.

Kalau mau yang cepat laku, ya murah dan enak, eh murah meriah jadinya.

10. Sate

Berikutnya, kamu bisa mencoba buka lapak sendiri, menu sate, karena termasuk dalam list jualan makanan yang laris di kampung. Apalagi, jika kamu ini orang Madura, malah khas Madura memang banyak yang cari.

Kalau enggak sih, nggak papa. Karena menu sate ini pasti ada di mana-mana kok, meski penjualnya banyak, kalau di dekat rumahmu nggak ada yang jualin, kamu aja coba.

11. Ayam Geprek

Jualan makanan yang lagi hits, lagi-lagi di sini ada menu baru yang harus kamu catat. Yaitu ayam geprek. Ayam geprek ini baru-baru kemarin saja menjadi viral dan banyak penggemarnya. Kamu bisa mencobanya.

Cara membuatnya juga nggak terlalu susah, ya kayak ayam kentaki gitu, atau ayam krispi, tetapi digeprek sama sambal mentah. Banyak yang suka, apalahi kalau ada level tingkat pedasnya, jadi bisa memilih level deh pelanggannya.

12. Tempe Penyetan

habis jualan makanan yang ala-ala kota, langsung nyungsep ke menu tempe penyetan. Eh jangan salah, makanan ini banyak banget yang cari, mangkanya banyak juga yang jualin. Makanan ini termasuk makanan yang laris di pinggir jalan, masuk juga usaha makanan yang cocok untuk pemula.

Ya, kalau kamu baru saja pengin buka usaha makanan, bisa dicoba guys. Selain cara buatnya yang sederhana, karena masuk dalam daftar harga makanan murah, juga memang banyak yang cari. Biasanya, kamu tinggal goreng tahu tempe dan dikasih sambal yang telah kamu olah di rumah.

13. Ikan Lele atau Bebek Goreng

Pasangan tempe penyetan, ada ayam goreng, ikan lele, dan bebek goreng. Menu ini biasanya jualannya dalam 1 lapak dengan tempe penyet. Namun jadi kelas yang berbeda.

Orang yang lumayan ada uang, biasanya akan lebih memilih bebek gorengnya. Namun, banyak banget yang cari kok, meski harganya agak mahal.

14. Nasi Goreng

Nasi goreng, termasuk menjadi menu favorit di kalangan orang banyak. Hal ini karena rasanya serta baunya yang khas, akan membuat banyak orang yang suka. Serta ditambah lagi, harga cukup ramah. Pasti banyak yang mencari.

Kita sebagai kalangan pencinta kuliner, pasti nggak akan mau ketinggalan menu ini. Lalu, jika kamu menjadi salah satu penjualnya, pasti banyak yang suka deh.

15. Ayam Bakar

Ayam bakar, menjadi hidangan yang spesial di banyak tempat. Pemesanan menu ayam bakar untuk acara hajatan pun akan sering kamu rasakan, jika kamu membuka lapaknya. Kalau soal harga, semua terserah kamu, banyak lakunya kok.

Menu ini yang penting rasanya bisa menyaingi lapak lain. Kualitas akan menentukan harga dan berapa banyak pelanggan yang bakal kecantol.

Itu dia beberapa menu yang gampang laris di masyarakat Indonesia, dan menjadi menu yang mudah laku jika dijual di pinggir jalan.

Baca Juga Makanan yang Laku Setiap Hari

Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil

Pada kesempatan terakhir ini, aku pengin ngobrol tentang pertimbangan soal harga yang akan berpengaruh terhadap lakunya makanan yang kamu jual. Berani berjualan di pinggir jalan, berarti kamu siap juga dengan kantong yang ramah.

Makanan yang laris di pinggir jalan, sudah aku cantumkan di sini, dengan kesimpulan bahwa kamu harus menyiapkan menu favoritnya. Baik yang lagi hits, atau makanan yang enak dan favorit banyak yang suka, misalnya gorengan.

Mengenai gorengan, ia bisa menjadi bisnis yang ketika membangunnya, masuk dalam usaha makanan kekinian modal kecil. Serta menjadi jajanan pinggir jalan yang laris banget. Aku dulu pernah kok jualanan makanan ini, tetapi memang kebetulan nggak aku jualin di pinggir jalan, namun di kampus.

Memang modalnya kecil, tetapi lakunya cepet guys. Semoga artikel ini membantu kalian ya teman sobat Alfattah. Apalagi, gorengan ini adalah makanan yang disukai anak-anak. Mudah-mudahan saja makanan paling laris untuk dijual di atas, bisa menjadi refrensi yang bagus untuk kamu.

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "15 Makanan Paling Laris untuk dijual yang Harus Kamu Tahu"