Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, 10 Ide Terbaik

 

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, 10 Ide Terbaik

Jualan makanan yang laku setiap hari, Makanan memang kebutuhan primer manusia. Maka dari itu penjual makanan dimana-mana ada, dengan berbagai macam makanan baik berat maupun ringan. Jika kamu pandai memasak, itu adalah ide terbaik untuk membuka usaha makanan.

Tapi masih bingung usaha makanan apa yang tepat, dengan harapan laku setiap hari. Tenang saja di sini kami akan memberikan 10 ide terbaik jualan makanan yang laku teriap hari. Yuk simak ulasan berikut ini.

Sebelum itu, saya mau menjelaskan sedikit tentang bisnis makanan yang perlu diperhatikan. Di antaranya, dari banyaknya list menu jualan dirumah yang laris, anda harus memperhatikan momen dan yang lagi tren apa.

Misalnya, jika dalam kondisi mendung atau hujan, carilah menu yang cocok, contohnya gorengan, sangat cocok buat dimakan saat dingin-dingin.

10 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Mau tahu beberapa ide jualan makanan yang laku setiap hari nggak sobat alfattah? Yuk coba intip beberapa ide di bawah ini:

1.      Gorengan

Berjualan gorengan merupakan ide pertama yang bisa kita coba. Kenapa begitu, pada umumnya banyak orang mencari gorengan untuk dijadikan lauk atau sebagai camilan santai. Tidak dapat dipungkiri memang, berdasarkan pengamatan dimana-mana penjual gorengan tidak ada yang sepi dari pembeli.

Kita harus menyediakan berbagai macam gorengan seperti bakwan sayur, tempe goreng, tahu isi, molen, pisang goreng, pohong goreng dan lain sebagainya. Apalagi kalau menyediakan petis atau cabe sebagai lalapan saat makan gorengan. Itu menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat pembeli.

2.      Nasi bungkus

Jualan nasi bungkus memang kurang laku di pedesaan, tapi sebaliknya jika dijual di perkotaan terutama di sekitar kampus, pabrik, kantor. Karena sebagian mereka adalah perantauan yang kurang memungkinkan untuk masak sendiri di tempat tinggalnya.

Nasi bungkus sendiri menjadi pilihan menu makanan kebanyakan orang karena mudah di bawa serta lengkap dengan berbagai lauk. Kita bisa menyediakan berbagai macam lauk untuk bisa dipilih oleh pembeli.

3.      Aneka pecel

Sebagian masyarakat Indonesia sangat menyukai pecel, karena khasnya bumbu kacang yang melumuri sayur mayurnya, belum lagi lauk sebagai pelengkapnya. Maka makanan ini sangat cocok sebagai ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Untuk mendapatkan bahan-bahannya pun sangat mudah, karena bisa kita temukan di setiap penjual sayur. Kita juga bisa memvariasikan menu pecel agar bisa menjadikan usaha semakin berkembang.

Seperti contoh Pecel Lele Lela yang merupakan pengusaha pecel sukses. Berasal dari ide seseorang bernama Rangga Umara membuka usaha ini setelah di PHK dan hanya bermodal 3 juta. Karena kegigihannya seingga sekrang sudah mempunyai 9 cabang di berbagai kota.

4.      Bakso

Sudah tidak kaget lagi kalau bakso menjadi ide jualan makanan yang laris setiap hari. Bagaimana tidak, selain karena banyaknya pecinta bakso makanan ini juga bisa kita jadikan sebagai makanan pengganti nasi yang bersifat mengenyangkan.

Di manapun kita berjualan bakso baik di kampung, kota dan tempat lainnya, pasti menjadi jualan makanan yang laku setiap hari. Apalagi jika mempunyai rasa yang khas dan maknyus. Selain itu berjualan bakso menjadi peluang dengan jangka panjang, karena peminat bakso tidak pernah sepi sehingga membuat usaha ini bertahan lama.

5.      Mie ayam

Sudah biasa bukan setiap penjual bakso yang merangkap dengan berjualan mie ayam. Hal ini dikarenakan peminat dua makanan tersebut sangatlah banyak serta sama-sama mengenyangkan.

Tapi tidak ada salahnya juga jika kita hanya berjualan mie ayam. Rasa mie-nya yang khas serta kuahnya yang menyegarkan membuat makanan satu ini cocok dikonsumsi pada siang atau malam hari, terlebih di musim hujan.

Kita bisa mendapatkan banyak keuntungan atau pelanggan jika mie ayam buatanmu sesuai dengan selere mereka serta tidak terlalu mahal harganya.

6.      Lauk matang

Ide jualan makanan yang laku setiap hari selanjutnya adalah berjualan lauk matang. Jangan mengira bahwa berjualan lauk matang tidak menarik pembeli. Ternyata perkiraan tersebut sangat salah. Tidak sedikit para ibu rumah tangga yang malas memasak di rumah atau memang tidak ada kesempatan.

Bisnis makanan ini bisa dikatakan lebih fleksibel sehingga kita bisa dengan bebas membuat kreasi menu setiap hari. Dan kita bisa berjualan di depan rumah atau di lokasi keramaian lainnya.

Apalagi jika daerahmu terdapat kampus atau kanto. Kamu bisa menyediakan lauk untuk para mahasiswa atau para pekerja yang tidak ada waktu untuk memasak lauk. Sehingga banyaknya pekerja atau mahasiswa di sekitar kita membuat peluang usaha ini semakin besar dan menguntungkan.

7.      Jus

Meskipun tidak pandai memasak makanan, tapi tetap ingin membuka jualan makanan yang laku setiap hari. Kita bisa mencoba usaha berjualan jus dengan aneka buah. Meskipun jus bukan tergolong makanan utama, tapi jus dapat mengenyangkan perut yang lapar serta banyak dicari dan laku keras.

Menariknya usaha jus ini tidak membutuhkan modal yang besar. Sehingga siapapun bisa melakukannya asal mempunyai tekat yang kuat dan percaya diri.

Untuk memulai usaha ini kita hanya perlu menyiapkan peralatannya seperti blender, saringan, pisau serta aneka buah yang biasa dibuat jus.

8.      Sate

Kita pasti sering melihat penjual sate keliling dengan ciri khas asapnya yang mengepul. Asapnya itulah yang mampu mengundang orang-orang sekitar. Biasanya sate lebih nikmat di santap pada malam hari apalagi saat gerimis-gerimis, sebagai lauk makan atau hanya camilan belaka.

Rasanya yang khas, sate hadir dengan beberapa pilihan daging seperti ayam, kambing, kelinci dan juga domba. Dengan lumuran berbagai jenis bumbu sehingga memberi pengalaman makan yang berbeda juga.

Namun, jika kita tidak ingin mengeluarkan modal besar maka bisa berjualan sate ayam saja, karena harga daging ayam yang relatif lebih murah di banding daging lainnya. Usaha sate akan ramai jika pembuatan bumbu sate kita enak.

9.      Bubur ayam

Sarapan dengan menu bubur memang sangat nikmat, apalagi bubur tersebut terdapat banyak toping. Meskipun terlihat sederhana, kita masih bisa membuat resep bubur yang enak dan juga strategi pemasaran yang kuat sehigga dapat menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Karena cocok sebagai menu sarapan, maka sebaiknya kita berjualan di pagi hari. Biasanya mereka memberikan toping pada bubur ayam ini seperti telur dadar yang disuwir, kacang kedelai, potongan cakue, suwiran ayam kemudian disiram kuah kuning dan kecap.

Banyak juga penjual makanan ini yang menyediakan sate telur, sate usus dll sebagai pelengkapnya. Selain itu kita juga bisa menambahkan menu lain seperti bubur-bubur jenis lainnya untuk menarik lebih banyak pelanggan.

10. Martabak

Ide terakhir jualan makanan yang laku setiap hari adalah martabak dan bisa menjadi bagian usaha rumahan modal 50 ribu. Makanan yang satu ini sangat populer serta telah banyak peminat di berbagai kalangan. Biasanya penjual martabak buka pada malam hari karena waktu yang cocok untuk menyantap makanan terebut.

Martabak sendiri mempunyai dua jenis yakni martabak asin dan martabak manis atau biasa disebut terang bulan. Setiap jenis martabak tersebut juga memiliki jenis isian yang berbeda.

Untuk menjual makanan yang satu ini, kita bisa membuka stan di kawasan keramaian penduduk. Selain itu juga bisa kita jual secara online.

Pasti banyak yang butuh refrensi tentang jualan makanan yang laku setiap harinya, tetapi dengan budget yang terbatas, kita juga butuh refrensi menu makanan yang mudah dibuat, meski hanya uang yang sedikit. Ini dia ada data jualan makanan dengan modal 20 ribu saja.

Kesimpulan

Dari 10 ide jualan makanan yang laku setiap hari tersebut dapat kamu coba mulai sekarang. Tapi harus ingat beberapa hal untuk memulai usaha, yaitu tekat yang kuat, percaya diri dan yakin.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, 10 Ide Terbaik"