Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jualan Makanan dengan Modal 20 ribu, Ternyata Bisa!

 

Jualan Makanan dengan Modal 20 ribu, Ternyata Bisa!

Jualan makanan dengan modal 20 ribu seperti tidak mungkin, tapi mungkin loh guys! Sobat Alfattah Parenting juga harus tahu, resep atau caranya, agar bisnisnya tidak perlu modal banyak tetapi untuk masih bisa didapat. Yuk coba telusuri di sini!

Kembali lagi bersama saya, dengan tulisan yang sederhana pula. Yang penting ilmu yang didapat nanti bakalan mayan lah, bisa buat bisnis kecil-kecilan di rumah. Kali ini mau bahas tentang bagaimana sih kita bisa berbisnis tanpa harus mengeluarkan modal banyak-banyak.

Yups, nanti saya juga akan lampirkan beberapa makanan yang bisa dijual dengan hanya mengantongi modal 20 ribu saja, tenang ada buktinya kok, ini juga sesuai dengan pengalaman.

Cara Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu yang Baik

Jualan makanan dengan modal 20 ribu doang, bagaimana nih, apa bisa mencukupi? Jangan khawatir, di sub kali ini akan saya coba menguraikan caranya supaya hanya dengan modal itu saja. Bisa jadi makanan yang bisa dijual dan menguntungkan.

Langkah-langkahnya nggak usah saya lampirkan dalam bentuk poin angka ya guys, mau saya deskripsikan saja biar lebih bisa anda resapi saat membaca.

Jadi gini, modal 20 ribu di saat sekarang ini sebenarnya memang terbilang sedikit banget guys. Apalagi, semua kan serba mahal, belum minyaknya jika makanan itu butuh digoreng dengan minyak goreng.

Namun anda jangan khawatir, nggak usah pikir yang goreng-goreng dulu deh, biar nggak pusing kepala ini. Kita pakai cara kukus dulu, tetapi elpiji juga jangan dihitung beli 1 untuk satu kali pakai ya, kan bisa digunakan agak panjang baru habis.

Kalau minyak emang cepat habis, jadi jangan yang goreng-goreng dulu, hanya dengan dikukus bisa kok jadi makanan favorit, salah satunya cilok guys.

Teknik atau cara pertama yang mau kita bahas emang di teknik menghitungnya, cari bahan yang bisa digunakan dalam jangka panjang dan harganya tidak mahal-mahal amat.

Contohnya tepung tapioka, terus cara dikukus. Selain cilok, bahan makanan yang hanya dengan dikukus banyak kok. Contoh lainnya bonggolan, nanti saya ceritakan deh kenapa kok pengen nulis keyword yang satu ini.

Kalau pas menjualkannya, bisa agak murah dengan budget orang kampung, yaitu 5000 an saja. Eh dah lumayan banget loh itu, balik modalnya cepat, jadi bikin kemasan yang harganya segitu. Ada sih saya list, makanan yang dijual dengan harga 5000 saja, yuk coba intip.

Ide Jualan Makanan Modal Kecil Untung Besar Hanya Modal 20 Ribu

Setelah anda tahu, caranya bagaimana, tentu saja kita langsung masuk di pembahasan pokok. Yaitu contoh-contoh makanan yang hanya modal 20 ribu saja, dan makanan ini termasuk usaha makanan yang bisa dititipkan di warung loh, cekidot:

1.      Makanan Cilok

Pada list nomor pertama, kita bisa lihat ada makanan yang berupa cilok masuk dalam daftar makanan yang bisa dijual dan dengan modal yang sangat minim. Cara menghitungnya, beli tepung tapioka ½ kilo saja, begitu juga dengan terigunya. Kisaran habis 8000 guys.

Garam dan bumbu lainnya, anggap saja 2000 rupiah. Jadi, sudah habis 10.000, dan untuk airnya hitung saja 1000 rupiah, elpijinya 3000, berarti sudah 14.000

Ini saja belum sampai 20 ribu bukan? Sisanya buat saja untuk bahan mengemasnya, kemas dengan penampilan yang menarik, pasti cepat laku. Anggap bahan yang untuk mengemas seharga 4000 ya guys, sudah 18.000 rupiah.

Tinggal 2000 buat apa? ongkos mengantarnya saja, misal dititipkan ke warung, tetapi itu porsinya jadi 1 kilo gram. Sudah lumayan loh, balik modal dan mendapat keuntungungan. Nah cara menghitung keuntungannya bagaimana? Nanti saja di bawah sekalian saya mau cerita pengalaman saya.

2.      Bonggolan

Bonggolan ini makanan khas tradisional Gresik yang unik dan banyak penggemarnya. Cara bikinnya juga terbilang gampang, hanya dengan modal 20 ribu bisa dapat bonggolan banyak, namun anda juga harus mengakali loh ya.

Bonggolan yang asli yang terjual di manapun, rata-rata ukurannya super, dan jumbo. Karena tujuannya nanti diiris kecil-kecil lalu digoreng, tentu saja akan mengeluarkan modal banyak saat hendak membuatnya.

Namun anda bisa kok bikin banyak, tetapi modalnya tetap nyerempet 20 ribu saja. Ya, ukurannya dibuat kecil. Cara ini sudah dilakukan oleh ibuku, sebagai inovasi baru sih. Ibuku jualan bonggolan tetapi mini sekali ada juga sih yang besar, yang mini ini karena punya inovasi yang ternyata laku juga, bahkan untuk kalangan anak-anak.

Nanti coba hitung sendiri deh kalau yang ini, pokoknya bikin juga kayak ukuran yang di atas 1 kg saja.

3.      Kue kukus

Kue kukus, bahan yang paling bikin mahal itu kalau porsi beli telurnya banyak. Tetapi jika sebutuhnya buat kue itu, tetap saja murah sih. Apalagi, jika anda juga membatasi beli tepungnya, ya kan? 20 ribu cukup banget kok, apalagi bahannya sederhana, sesederhana kamu, ahay.

Coba saya hitung sederhana, tepung anggap saja 1 kg 8000 an. Terus telur paling tidak 2 butir lah, palingan 3000 aja, udah 11 ribu nih. Paneli dan lain-lain anggap saja 5 ribu, sudah sih bahannya itu saja kayaknya.

16.000 dan sisanya buat elpiji dan lainnya, sudah guys, sekitaran 20 ribu.

      4. Keripik mentah

Keripik mentah itu, cara bikinnya mirip bahan cilok, namun nanti diiris tipis banget dan di jemur hingga kering. Setelah itu baru dijual, bahannya hampir mirip, jadi nggak usah saya hitungkan ya, gampang kok.

Dijual pas kering, nanti biasanya ditimbang, balik modal dan untung pasti akan anda kantongi guys.

5.      Agar-agar Jelly

Kalau agar-agar jelly mah, sudah masuk banget favorit kalangan anak-anak, bahkan dia (makanan) ini masuk menjadi salah satu makanan atau jualan dirumah yang laris loh, silahkan anda buktikan sendiri.

Misalnya gini guys, anda kan tinggalnya di daerah pemukiman, atau kampung lah. Banyak anak kecil yang berkeliaran main di kampung anda, lalu anda jualan dengan menu jeli, pasti cepat laku.

Belum lagi cara bikinnya gampang banget kok. Tinggal bikin dengan bahan, jelly agar-agar yang satelit aja ya, biar nanti jellynya gampang hancur. Palingan 7000 kalau beli 2 biji. Nanti gulanya anggap saja 3000 rupiah. Jadi sudah 10.000, lalu 5000 untuk susu. Sudah tuh, habis 15 ribu, sisanya buat elpiji dan jual saja di depan rumah.

Kesimpulan

Cerita sedikit nih, nanti bakal cerita panjang banget deh, saya lanjutkan di sini. Karena pemhabasan kali ini memang seru banget sih menurut saya, cuman karena waktunya terbatas, ya terpaksa saya akhiri. Tetapi sebelum itu mau cerita dulu nih.

Jadi, mengapa kok saya menulis usaha makanan yang hanya dengan modal 20 ribu saja bisa anda andalkan untuk mencari uang? Begini, dulu saya juga pernah dalam kondisi terdesak untuk jualan, karena pikiran lagi kalut dan ada ide datang.

Lebih tepatnya, ketika kuliah, ternyata saya harus mencari tambahan pemasukan, sedangkan di daerah kampus saya ada yang jualan makanan ringan. Jadi niruh deh, tetapi belajar menata makanan yang hanya dengan modal dikit, bisa ngeracik apa saja, akhirnya jadilah seperti yang di atas, yaitu cilok dan cirengnya.

Kalau cireng, dulu minyaknya masih murah guys, sekarang mahal, jadi jangan yang goreng-gorengan dulu. Sudah ya, itulah beberapa cerita tentang jualan makanan dengan modal 20 ribu bisa untung banyak.

 

 

 


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Jualan Makanan dengan Modal 20 ribu, Ternyata Bisa!"