Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Sumpah Pemuda, Makna, dan Tujuan dibentuknya Sumpah Pemuda!

 

 

Sejarah Sumpah Pemuda, Makna, dan Tujuan dibentuknya Sumpah Pemuda!

Sejarah sumpah pemuda, harusnya sudah dan terus digaungkan oleh masyarakat agar peristiwa ini selalu jadi kenangan. Bukan soal mengenang saja ya Sobat Alfattah, tetapi meresapi makna dari peristiwa ini, sehingga kita dalam menjalankan masa depan, tidak pernah meremehkan jasa para pahlawan bangsa.

Rasanya, saya selaku pemilik Alfattah Parenting, tidak mau juga kan ketinggalan menulis peristiwa ini, dan tentunya saya kaitkan juga kepada generasi anak-anak.

Baik itu anak-anak yang masih belia, hingga para remaja yang membutuhkan semangat juang yang amat tinggi.

Sejarah Sumpah Pemuda bagi Bangsa Kita

Kenapa sampai ada sumpah pemuda, bagaimana sejarahnya, dan apa tujuan dibentuknya sumpah pemuda? Akan terus terngiang di kepala, khususnya pada generasi tua yang masih suka mengamati sejarah, dan juga kalangan anak-anak muda yang kepo dan sadar akan jas merah.

Begini-begini, saya juga termasuk pencinta sejarah loh bun, ini siapa sih target pembacanya, ah nggak jelas memang pada artikel ini. Soalnya, saya bingung, pengin berbagi ke banyak orang tapi tulisannya cuman satu ini, hehe.

Yang pasti, kalau kita berbicara tentang sejarah sumpah pemuda, sejarah ini benar-benar tercatat di tanggal 27-28 Oktober 1928 dengan puncak 28 Oktober untuk membacakan teks sumpah pemuda.

Setelah sekian hari, para anggota kongres pemuda II yang merapatkan segalanya tentang isi teks sumpah pemuda dengan sibuknya, akhirnya sumpah pemuda lahir pada tanggal 28 Oktober 1928.

Perumusan itu, melibatkan ketua, yang dipimpin oleh Sugondo Joyopuspito, ada juga wakil Ketua, MR. Marsaid dari Jong Java, juga ada Sekretaris, Muhammad Yamin, Bendahara, Amir Syarifuddin dan lain sebagainya.

Inilah isi teks sumpah pemuda yang telah berhasil dirumuskan:

1. 

1.    Pertama, Kami Poetra dan Poetri Indonesia, mengaku bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.

2.    Kedua, kami poertra dan poetri Indonesi, mengaku berbangsa satoe bangsa Indonesia.

3.    Ketiga, kami poetra dan poetry Indonesia, menjoengjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Memanhg, sebelum kongres pemuda II, ada kongres pemuda I, hanya saja yang menghasilkan isi teks sumpah pemuda adalah pada kongres pemuda II.

Makna Sumpah Pemuda bagi Bangsa dan Negara

Setelah kita tahu, bagaimana sejarah lahirnya sumpah pemuda? Dan juga isi teks sumpah pemuda, langsung saja kita bahas tentang makna adanya sumpah pemuda.

Yuk, saya jelaskan makna sumpah pemuda sepemahaman saya ya. Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus tahu nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sumpah pemuda. Sebuah sumpah yang digemakan oleh kawanan muda rakyat Indonesia.

Bersumpah demi menyatukan para pemuda yang tentunya darah juang mereka sangat tinggi. Dengan kobaran api yang menyala, lalu disatukan melaluui sumpah, hal ini akan mengakibatkan rasa persatuan dan kekuatan serta kekompakan untuk menggaungkan kemerdekaan semakin besar.

Sumpah ini pun sebelumnya telah melalui tahap pemikiran yang kuat, dalam rapat-rapat yang dinamakan kongres pemuda, dari kongres pemuda I hingga kongres pemuda II.

Memikirkan makna sumpah pemuda, seperti yang telah diutarakan di atas, yaitu sebuah kobaran semangat para pemuda yang sudah muak dengan adanya penjajahan. Nah, dengan adanya sumpah ini, diharapkan dapat menyatukan para pemuda Nusantara.

Baca Juga, Peran Ayah dalam Mengasuh Anak

Sumpah Pemuda dan Darah Juang, Yuk Tanam di Generasi Anak Bangsa

Sumpah pemuda memiliki arti penting dalam perjuangan kemerdekaan republik Indonesia, sebagai warga yang baik, sudah patutnya kita menanamkan makna sumpah pemuda ke generasi yang lebih muda, sejak dari anak-anak.

Setelah mengamati apa hasil kongres pemuda 2 yang menelurkan 3 sumpah itu, sebenarnya bisa dimodifikasi nilai-nilainya kepada kegiatan anak-anak kita sehari-hari. Anak-anak, paling suka mendengarkan cerita, kita bisa dong, memberikan mereka dongeng tentang arti dari sebuah kemerdekaan.

Ceritakan saja, sejarah Indonesia. Mulai dari semangatnya para pahlawan yang diubah nama-nama tokohnya menjadi dunia hewan misalnya, atau tokoh dongeng binatang kancil dengan latar pejuangan Indonesia. Tentu, anak-anak kali ini akan sangat antusias.

Cerita si kancil, sudah banyak banget yang menjadi penggemarnya, anak-anak akan mudah menangkap cerita ini.

Jangan ceritakan peperangannya, tetapi perjuangan melawan kemiskinan dan harus bersikap waspada terhadap orang asing. Hal ini agar menghindarkan anak-anak dari sikap pembodohan sejak dini.

Cerita-ceritalah tentang kisah inspiratif perjuangan yang bisa menggetarkan hati siapapun, termasuk anak-anak. Sangat berdampak baik di masa depannya kelak.

Anak yang masih cengeng, juga bisa kok diberikan inspirasi dengan kisah-kisah inspiratif, tetapi kita juga harus paham sebenarnya cengengnya ini gara-gara apa, baru bisa bikin cerita.

Kesimpulan

Kisah inspiratif sukses menyadarkan masayarakat, bahkan bisa menginspirasi anak-anak untuk berani bermimpi dan meraih cita-cita yang tinggi. Meski, di kala itu, mereka hanyalah berangan-angan, biarkan mimpi-mimpi itu berproses.

Menjadi sumber inspirasinya dan penyemangat dalam belajar lebih giat. Ya kan? Jangan patahkan semangat anak-anak, kalau bisa malah memberikan contoh dan membuka wawasan mereka sejak dini.

Sumpah pemuda, meskipun lebih umum diperuntukkan bagi kalangan orang dewasa dan anak remaja, anak-anak kecil masih membutuhkan belajar sarah dari kisah terbentuknya sumpah pemuda. Semoga artikel ini, bisa bermanfaat baik untuk orang yang berusia, atau masih belia.

 

 

 

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Sejarah Sumpah Pemuda, Makna, dan Tujuan dibentuknya Sumpah Pemuda!"