Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daun Kemangi Agar Anak Cepat Jalan, Ini Mitos atau Fakta Bun?

 

Daun Kemangi Agar Anak Cepat Jalan, Ini Mitos atau Fakta Bun?

Daung kemangi agar anak cepat jalan ini sebenarnya fakta atau mitos? Yuk kupas tuntas di dalam artikel ini ya bun.  Daun kemangi untuk anak, menurut orang-orang zaman dahulu, bisa sih dijadikan menjadi alternative agar yang lamban dalam tahap berjalan, bisa lebih cepat.

Oh iya sobat Alfattah, sayangnya secara medis belum ada buktinya. Jadi, cara ini bisa masuk dalam anggapan mitos, namun masih bernilai positif. Di mana, daun kemangi ini untuk terapi pijat kaki, yang bagus untuk mempercepat proses berjalannya anak.

Ada banyak sekali mitos agar anak cepat jalan, ketahui juga di dalam artikel ini ya bun.

Mitos Agar Anak Cepat Jalan, yuk Telusuri di Sini

Agar anak cepat jalan dan bicara, segala upaya tentu saja akan dilakukan oleh orangtuanya. Pasti panik ya, kayak waktu dulu dan merupakan pengalaman anak terlambat jalan waktu itu anak saya masih usia setahun, lah kok belum ada tanda-tanda berjalan.

Anak saya dulu, pas jalan sekitar 14 bulan, teman-teman sebayanya setahun rata-rata sudah bisa. Tapi, bunda nggak usah khawatir, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun cara itu ada kalanya hanya mitos. Masih patut dicoba selama tidak membahayakan.

Nah, ini dia beberapa mitos agar anak cepat jalan:

      1.     Berjalan di Rumput Buat Anak Cepat Jalan
2.     Embun membuat anak cepat jalan
3.     Daun Kemangi Agar Anak Cepat Jalan
4.     Berjalan Jinjit Membuat Anak Cepat Jalan
5.     Berjalan Tanpa Alas Kaki

Yah, itu sebagian mitos yang harus kamu ketahui, semoga jawaban-jawaban ini bisa membantu bunda mengenali mitos yang masih bersifat baik.

Pengalaman Anak Terlambat Jalan yang Bikin Panik

Tidak cuman bunda kok yang merasa bingung dan gelisah saat memiliki anak yang tidak bisa berjalan saat usianya menuntut untuk bisa. Semua orang atau bahkan semua anak, memiliki proses jalan yang berbeda-beda.

Saya dulu pas bayi, juga sempat membuat gelisah orangtua, karena nggak kayak anak pada umumnya. Bisa berjalan saat usia 2 tahun.

Namun karena orangtua sadar, setiap anak punya proses yang beda-beda, saya pun dibiarkan bisa berjalan dengan datangnya waktu yang tepat menurut kondisi saya.

Banyak sekali kan yang tanya, anak atau bayi belajar jalan umur berapa? Adapun, tahapan bayi berjalan pada usia normal adalah sebagai berikut:

      1.     Mulai bisa duduk, anak usia 4-7 bulan
2.     Merangkak, saat anak usia 7-10
3.     Berjalan, tetapi dengan bantuan, ia berusia 8-9 bulan
4.     Bisa berdiri tanpa bantuan, saat si kecil berusia 9-10 bulan
5.     Sedangkan bisa berjalan tanpa bantuan, 12-18 bulan

Ada juga, bayi berjalan dengan waktu yang terbilang cepat banget, yaitu bayi 10 bulan sudah bisa jalan. Hal ini bukanlah suatu keajaiban, anak saya dulu, tumbuh gigi pertama kali saat usia 5 bulan, jauh di atas anak sebaya di kampung saya, ini masih normal kok. Sekali lagi, semua anak punya perkembangan yang beda-beda.

Nah jika anak bunda sudah masuk usia satu tahun, atau di atas 12 bulan lebih, namun belum bisa berjalan, jika belum terlewat 18 bulan, masih normal kok bun. Jangan cepat panik ya bun, hehe.

Bisa bunda bayangkan, saya (penulis) waktu bisa berjalan saat usia sudah 2 tahun atau dalam hitungan bulannya 24 bulan. Lah, kan kelewat dari 18 bulan, tapi nyatanya masih bisa jalan juga. Usaha boleh bun, tapi jangan sampai yang membuat resiko untuk anaknya ya.

Baca Juga, Ruang Bermain Anak di Rumah Minimalis

Baca Juga Panduan Belajar Membaca Anak TK

Alat Bantu Bayi Belajar Berjalan, Yuk Pelajari

Belajar berjalan sangat penting bagi bayi yang sudah masuk usianya. Hal ini karena apapun perkembangan bayi tetap butuh dilatih untuk merangsangnya. Nah, yuk kita belajar, apa saja alat bantu bayi belajar berjalan.

      1.     Baby Moon Walk
2.     Alat Bantu Jalan Bayi Dorong
3.     Alat Bantu Jalan Anak Cerebal Palsy
4.     UpSpring Walking Wings
5.     Pumpee Happy Musical Walker
6.     Kuru Walking Assinstant Belt

Itu dia beberapa alat bantu bayi agar bisa cepat jalan tentu harus digunakan sesuai dengan usia yang tepat.

Harga alat bantu jalan bayi, bisa Bunda cari di google saja ya, biar pembahasannya nggak terlalu melebar, semoga berhasil bun.

Menjawab Pertanyaan Daun Kemangi Agar Anak Cepat Jalan Fakta atau Mitos?

Sudah terlihat sih jawabannya pada penjelasan di pembuka artikel, bahwa daun kemangi itu bisa dikatakan mitos. Sebabnya, tidak ada dunia medis yang sudah menjawab dan membuktikan bahwa hal ini benar atau salah.

Masih belum terbukti dong secara medis, tetapi, bunda jangan salah paham. Karena pemijatan dengan daun kemangi ini tidak membahayakan, masih bisa bunda praktikkan kok.

Cara melatih bayi berjalan, bisa menggunakan alat bantu seperti yang saya jelaskan di atas. Namun tetap ada pijatan untuk melemaskan otot-otot kaki yang kadang, si kecil geli atau terasa kaku saat injak lantai, kita butuh melemaskan kaki itu.

Saat usia berapa, umur berapa bayi boleh ditatih? Seperti keterangan di atas, bayi sudah bisa dan harus mulai dirangsang saat anak masuk 8 bulan, dicoba berjalan, jika ia sudah maul oh ya, jangan dipaksakan.

Memijat kaki secara perlahan dengan minyak, atau dengan daun kemangi, membuat kaki bayi berasa sperti direlaksasikan. Jadi, nggak papa loh bun, lalu bagaimana cara memijat bayi agar cepat duduk dan berjalan, agar si kecil tidak terlambat, merupakan keputusan yang terbaik.

Cara memijat ini masuk cara tradisonal anak cepat jalan, jadi jangan ragu, oh iya, mijatnya harus benar ya, biar nggak salah syaraf.

Kalau bisa, diserahkan ke ahlinya, jangan karena keegoisan saking penginnya cepat jalan sampai berakibat fatal dan membahayakan keselamatan anaknya. Sekian dulu curahan hati ibu tentang daun kemangi agar anak cepat jalan dan bisa melegahkan hati bunda seperti saya, hehe.

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Post a Comment for "Daun Kemangi Agar Anak Cepat Jalan, Ini Mitos atau Fakta Bun?"