Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Dampak Salah Pilih dan Macamnya

Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Dampak Salah Pilih dan Macamnya
 Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Dampak Salah Pilih dan Macamnya


Sunscreeen untuk kulit sensitif, sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita ya Sobat Alfattah!

Tahukan, bahwa panas matahari sangat berbahaya bagi kulit kita. Apabila kita terlalu lama terpapar matahari langsung dapat menyebabkan penuaan dini, flek dan bintik hitam pada wajah, dan kulit wajah menjadi kering.

Perubahan warna hitam pada kulit mungkin juga menjadi permasalahan bagi kita yang benar-benar merawat tubuhnya. Tapi sebagian wanita tidak mempermasalahkan perubahan warna hitam akibat panas matahari. Tapi mempermasalahkan efek-efek seperti yang disebutkan di atas.  

Ladies tidak perlu khawatir. Terdapat banyak produk skincare pelindung kulit dari paparan sinar UV. Sunscreen adalah nama istilahnya. Sinar UV-lah yang menyebabkan berbagai masalah tersebut.

Pengaruh UV yang Menimbulkan Flek dan Bintik Hitam Pada Wajah

Pada saat wajah terkerpapar sinar matahari langsung tanpa menggunakan pelindung kulit, maka kulit bagian dalam akan menghasilkan melanin. Apabila melanin tidak bisa disekresi dengan baik. Sekresi merupakan proses membuat dan melepaskan subtansi kimiawi oleh sel tubuh dan kelenjar.

Maka, kulit akan secara terus menerus memproduksi melanin hingga mengakar pada kulit. Akhirnya menyebabkan munculnya flek atau bintik hitam pada wajah.

Selian itu juga, tubuh menghasilkan hormon lutenizing yang terjadi pada wanita saat menstruasi. Hormon lutenizing ini berfungsi untuk meningkatkan kepekaan terhadap sinar UV, dan mengakibatkan kulit kita mudah terbakar.

Lalu, apa itu hormon lutenizing ya ladies? Yuk Kita bahas sedikit megenai Luteinizing Hormon (LH). LH berfungsi untuk membantu tubuh mengatur siklus menstruasi dan ovulasi. Oleh karena itu LH sangat berperan dalam masa pubertas.

Umunya, kadar LH pada wanita meningkat pada saat menstruasi dan sesudah monopose.

Kulit Wajah Menjadi Kering

kulit yang terkena sinar UV selama kurang lebih 20-30 menit kadar airnya akan berkurang, apalagi tidak menggunakan tabir surya. Apabila kadar air berkurang maka sel lapisan kulit paling luar akan berkembang, sehingga fungsi pelindung kulit akan terjadi penurunan dan kulit akan menjadi kering. Dan tekstur kulit menjadi kasar karena sel kulit kering di bagian luar semakin bertambah.

Terjadi Penuaan Dini

Bagian dari sinar matahari yang paling besar mengakibatkan percepat proses penuaan adalah sinar uva. Oleh karena itu ketika memilih tabir surya, disarankan memilih yang memiliki perlindungan terhadap uva dan uvb. Selain itu kita boleh melindungi kulit kita dengan pakaian, topi atau helm saat berada di luar ruangan.

Macam-macam Sunscreen

Sebelum kita mengetahui manfaat dan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk sunscreen, perlu kita ketahui terlebih dahulu macam-macam sunscreen.

Biasanya yang kita temukan di pasaran dengan berbagai macam sunscreen dan yang menjadi perbedaan adalah SPF yang terkandung di dalamnya. Ada SPF 15, SPF 30, SPF 50 dan seterusnya.

Tahukan anda dimana letak perpedaan dari beberapa SPF tersebut, apakah karena angka yang tertera? Yuk kita simak penjelasan dari dr. Citra Sudarmono!

Berikut penjelasannya:

Satu SPF itu mempunyai masa 15 menit, apabila SPF 10, tinggal mengalikan 15 menit dikali 10 berarti 150 menit atau 2 jam lebih 30 menit. Hal tersebut juga berlaku untuk SPF yang lainnya. Misalnya SPF 30 dapat membantu kulit dari uva dan uvb sekitar 450 menit.

Jika kita beraktifitas terus meneru di bawah terik matahari, disarankan menggunakan SPF 50, dan disarankan saat memakai Spf 50 mencuci muka per 6 jam kemudian reapply lagi, agar mendapatkan perlindungan uva dan uvb dengan maksimal.

Karena, aktifitas yang banyak gerak akan mengeluarkan banyak keringat, sehingga dapat membuat sunscreen mudah terhapus dari wajah kita.

Kalau ingin mengenal Skincare, selan Sunscreen, ada nih dari Scarlett, yang ini untuk Body Care ya.

Pilihan Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Memang banyak sekali produk sunscreen yang biasa kita temui di  pasaran, mulai dari Biore, Nivea, Wardah, Garnier dll. Tetapi dengan produk dari berbagai merk tersebut, kita tentu masih khawatir akan ketidak cocokan apabila kita memiliki wajah yang sensitif.

Tidak usah kahwatir ladies, kita akan membagi tips dalam memilih produk sunscreen untuk kulit sensitif.

1.      Pilih produk tanpa bahan kimia

Disarankan untuk kita memilih produk non-chemicals atau bebas bahan kimia sehingga meminimal iritasi kulit. Macam-macam sunscreen tanpa bahan kimia terdiri dari oxide, zinc oxide, iron oxide, titanium dan alumunium. Biasanya harga produk cukup mahal, tetapi kuwalitas tidak perlu diragukan lagi.

2.      Pilih produk dengan jumlah SPF dan PA yang sesuai

Sebelum kita memakai atau membeli produk sunscreen, kita akan melihat seberapa banyak kandungan SPF dan PA dalam produk. Semakin tinggi jumlah indikator, semakin tinggi pula efek perlindungannya.

Namun, perlu kita ingat apabila kita memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dalam memilih produk dengan kandungan SPF dan PA, karena kan mengakibatkan iritasi kulit. Kita harus mengetahui tujuan dari penggunaan SPF dan PA sebelum memilih.

·         SPF dan PA untuk kegiatan sehari-hari adalah SPF 15/PA+

·         SPF dan PA untuk kegiatan olahraga di luar ruangan adalah SPF 15-30/pa++

·         SPF dan PA untuk kegiatan berlibur di pantai adalah SPF 30-50+/PA+++

3.      Pilih produk yang nyaman dipakai

Karena banyak sekali jenis produk sunscreen berdasarkan teksturnya, seperti gel, krim, lotion dll. Maka dari itu kita harus bisa mencocokkan produk tersebut.

Disarankan untuk kita yang berkulit sensitif, untuk pemakaian dasar bisa menggunakan bahan gel, krim atau lotion. Untuk pemakaian kedua atau memekai ulang, kita bisa memakai yang spray atau seet.

Dari situ dapat kita simpulkan bahwa, tidak semua kulit itu sama dan cocok dengan semua produk. Banyak jenis kulit yag dimiliki manusia, lebih umumnya kulit normal dan apnormal (sensitif).

Beruntunglah kita yang mempunyai jenis kulit normal, dan berhati-hatilah kita yang mempunyai kulit sensitif. Jangan sembarangan memilih produk, kenali dan teliti terlebih dahulu kandungan yang ada di dalam produk.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, semangat sehat ladies!

 

 

 

 

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk " Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Dampak Salah Pilih dan Macamnya"