Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan COD di Shopee, Mudah dan Memudahkan Transaksi

 

Cara Mengaktifkan COD di Shopee, Mudah dan Memudahkan Transaksi
Cara Mengaktifkan COD di Shopee, Mudah dan Memudahkan Transaksi

Cara mengaktifkan COD di Shopee sangat penting untuk kamu ketahui guys. Soalnya, kadang ada yang pengin beli barang di Shopee, eh kebetulan tidak ada saldo. Daripada ngiler terus, lihat barang yang ada di Shopee pas lagi promo, pakai cara COD aja.

Sobat Alfattah, mau COD an, juga harus mengikuti aturannya, ada setting di akun Shopee kamu yang harus di atur terlebih dahulu. Artikel ini pun infonya agar kamu jadi lebih mudah COD an saat belanja di Shopee.

Apa Itu COD di Shopee?

Ada juga loh yang belum mengerti apa itu COD an? Hai guys, iya kamu, yang termasuk jarang belanja online. Pasti ada yang belum kenalan sama kata COD.

Gini guys, COD itu istilah bagi kamu yang ingin beli barang secara online, namun nggak pengin bayar dahulu, bayarnya nanti aja pas barangnya datang.

Adapun manfaat COD, selain karena pas nggak ada isinya di dompet virtual kamu, juga bisa jadi kamu masih ragu dengan barangnya. Misalnya nih, takut kena tipu barangnya jelek. Kan enak COD, soalnya katanya kalau barang nggak cocok bisa membatalkan transaksi beli kamu.

Syarat COD Shopee apa yah?

Bagi kamu yang pemula menggunakan akun shopee untuk bertransaksi, harus tahu tatacaranya, apalagi kalau ingin COD an. Yang paling penting, penuhi syaratnya terlebih dahulu.

Adapun syarat COD Shopee di antaranya:

1.       Kamu harus berada di wilayah yang tidak jauh, atau alamat pengiriman masih bisa dijangkau oleh jasa pengantar barang yang terdaftar di akun shopee kamu. Misalnya, pakai shopee express dan standart ekspress.

2.       Lihat dulu, apakah si penjual memang menggunakan opsi COD untuk barang yang kamu pesan? Biasanya ada di halaman produknya.

3.       Ketika proses COD berlangsung, dan barang telah dikirm kurir, saat itu kamu wajib membayar tagihan sesuai dengan harga barang dan ongkirnya.

4.       Jika kamu melanggar aturan dengan tidak membayar tagihan biaya COD tepat waktu, maksimal 60 hari, akan ada pemblokiran layanan pembayaran dengan sistem COD di Shopee.

5.       Ada biaya penanganan yang diberikan oleh Shopee, dan itu berbeda-beda. Tergantung lamanya menjadi anggota Shopee. Bagi anggota baru yang masih pertama kali melakukan orderan, biayanya hanya 0%, sedangkan pengguna lama dikenakan 2 %. Hal ini akan beda lagi untuk dropshipper, akan dikenakan 8% biaya dari layanan Shopee.

6.       Layanan COD ini hanya untuk produk yang maksimum harganya Rp. 3 juta.

Cara Mengaktifkan COD di Shopee

Sudah tidak zamannya lagi, belanja pakai ribet. Gunakan saja akun Shopee kamu agar bisa bertransaksi secara puas, banyak diskon promo yang bertebaran pula.

Nah dari tadi kan sudah dibahas mengenai apa itu COD, hingga syarat menggunakan COD. Saatnya pembahasan mengenai Cara mengaktifkan COD di Shopee nya. Ini dia:

1.       Pertama, buka dulu aplikasi Shopee yang kamu miliki

2.       Lalu pilih tab Saya, atau Toko Saya

3.       Pada bagian memilih jasa kirim, centanglah J&T, kemudian memilih ikon I agar bisa membuka pilihan COD.

4.       Aktifkan COD nya dengan klik COD lalu rubahlah warnanya menjadi hijau.

5.       Simpan

Sebenarnya, cara mengaktifkan COD di atas adalah untuk penjualnya. Namun karena kamu di sini merupakan pembeli, hanya tinggal klik tulisan COD pada proses kamu memilih barang. Jadi, setelah memilih, nanti akan muncul layanan-layanan shopee, kamu tinggal memilih yang ingin digunakan.

Mengapa aku juga nunjukin keterangan cara mengaktifkan COD di Shopee? Soalnya, biasanya kalau punya akun untuk membeli barang, juga merangkap sebagai penjualnya, mungkin itu adalah kamu.

Baca juga Penjahit Terdekat, Cara Mengenalkan Brand di Lingkungan Rumah.

Penutup

Guys, Sobat Alfattah, saatnya artikel ini ditutup, semoga dengan informasi mengenai cara mengaktifkan COD, kamu jadi lebih mudah belanja tanpa harus punya saldo di Shopee nya, dan transaksi pun lebih aman.

 


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan COD di Shopee, Mudah dan Memudahkan Transaksi"