Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gresik Salah Satu Poros Produksi Ikan Bandeng di Indonesia, Kuy Infonya!

 

Gresik Salah Satu Poros Produksi Ikan Bandeng di Indonesia, Kuy Infonya!
Produksi ikan bandeng di Gresik

Gresik, nama kabupaten di antara 415 kabupaten dan 93 kota di Indonesia memiliki potensi yang bagus dalam industri perikanan. Terutama, produksi ikan Bandeng yang ada di Indonesia

Sobat Alfattah, kali ini kita masuk di rubrik bisnis ya! Biarkan saya membahas tentang potensi dari tanah kelahiran saya, Gresik. Di sini, saya lebih suka membahas tentan ikan Bandeng yang mantap untuk dikonsumsi.

Artikel ini juga untuk memenuhi tugas kelas adsense dari kelas sebelah mengenai lokal seo. Tapi karena saya penasaran dengan si kota kecilku ini, sambil mengenalkan ke orang lain, kalau ada Bandeng yang menjadi primadona Gresik.

Daerah Penghasil Ikan Bandeng di Jawa Timur

Ada banyak daerah yang produksi Bandeng sebenarnya, di Indonesia ini. Karena di Indonesia, memang banyak perairannya, dan cocok juga untuk tempat budidaya ikan Bandeng. Jika diteliti, setelah saya mencari infonya, kebanyakan di Jawa ya.

Baik itu Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur, pasti ada. Namun, jika Anda ingin tahu yang di Jawa Timur, Gresik menjadi salah satu tempat terbesar. Loh kenapa? Di sini banyak tambaknya guys. Terutama kalau masuk di kawasan Kecamatan Manyar.

Jika ditelisik, banyak kok daerah lain yang ada tambaknya, misal di Tuban. Tetapi, kalau ngomong-ngomong soal Gresik, di sana ada khasnya tersendiri. Kadang Bandeng dibuat untuk menambah potensi bisnis, misal dibikin presto, atau untuk usaha ikan Bandeng tanpa duri. 

Belum lagi, di Gresik juga ada tempat yang khas dan selalu diadakan setiap 1 tahun sekali, yaitu pasar bandeng. Jadi, meurut saya Gresik termasuk Center produksi ikan Bandeng. Masih pengen baca info selanjutnya? Nanti saya kulik semuanya kok.

IKan Bandeng di Tambak Gresik

Soal ikan Bandeng, sudah pada tahu kan, kalau ikan ini bisa diolah untuk banyak makanan khas, karena rasanya enak. Nah, tambak ikan di daerah Gresik menghasilkan banyak ikan sebenarnya saat dipelihara. Namun, karena bandeng adalah ikan yang berpotensi bagus untuk bisnis, serta enak dimakan, banyak juga yang memilih ikan ini untuk dibudidayakan.

Mengenai harga, ikan bandeng termasuk ikan yang harganya mahal loh sobat. Setiap olahan ikan bandeng, rasanya khas, dan enak. Di atas sudah sempat saya singgung, namun di sini, akan saya perjelas. Biasanya bandeng bisa untuk diolah menjadi otak-otak, bandeng tanpa duri, kerupuk, pepes, dan presto tentunya.

Selain untuk bisnis kuliner, di Gresik budidaya ikan bandeng ternyata menarik minat pengungjung orang luar. Misalnya saja, ada tempat wisata kolam pemancingan ikan khusus bandeng. Pemancingan itu ada di Manyar tepatnya, pernah saya tuliskan kok. Anda bisa baca Wisata Mangrove Manyar, Bebek Naga dan Pemancingan Ikan Bandeng.

Jika Anda masih saja kurang puas, saya punya informasi menarik. Karena di Manyar banyak sekali terdapat tambak, dan ada ikan bandengnya yang bikin orang penasaran, soalnya kadang bandengnya ukuran jumbo loh kawan.

Ngomong-ngomong soal jumbo, nanti saya ceritakan tentang pasar bandeng ya. Kembali lagi, di Manyar, pernah didatangi Mancing Mania tepatnya di salah satu stasion televisi pernah mengadakan lomba memancing ikan di sini. Seru kan ya?

Baca juga Cara Top Up Shopeepay, Lewat Bank Apa Saja?

Pasar Bandeng Gresik

Nah sobat, waktunya membahas pasar bandeng Gresik nih. Saya juga tidak sabar menceritakan soal ini, walaupun saya sendiri tidak pernah hadir di sana, pada saya kelahiran Gresik. Yah, gara-gara orangtua tidak pernah ngajak ke sana sih, jadi sedih, hiks.

Sejak kecil, saya penasaran dengan kondisi pasar bandeng, yang selalu diadakan setahun sekali. Tepatnya, ketika malam 21 ramadhan, yups adanya hanya pas bulan ramadhan saja ya kawan. Kalau penasaran, kuy ke sana, jangan lupa ajak saya ya, biar nggak nangis lagi.

Bayangan saya, dan sesuai dengan fakta yang diceritakan teman-teman, katanya ukuran ikan bandengnya jumbo-jumbo loh. Kalau kalian lihat ke sana, kayak dalam mimpi saja, karena ukuran ikan bandengnya kayak anak balita, gede kan ya?

Pasar bandeng, tentu saja mengundang kerumunan yang sangat banyak. Entah ramadhan tahun lalu ada apa enggak, dengar-dengar dari temen, diadakan secara virtual. Yang boleh datang, yang ikut pameran saja. Semoga tahun depan sudah bisa normal kembali ya.

Wes itu saja deh dari saya, yang pasti, potensi budidaya ikan bandeng di Gresik, sangat dipelihara. Itulah informasi terkait Gresik yang menjadi poros produksi ikan bandeng di Indonesia, eh salah satunya ya, wassalam.


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Post a Comment for "Gresik Salah Satu Poros Produksi Ikan Bandeng di Indonesia, Kuy Infonya!"