Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi Tanpa Modal, Lalu Cara Membuatnya?

 

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi Tanpa Modal, Lalu Cara Membuatnya?
Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi Tanpa Modal, Lalu Cara Membuatnya?

Cara mendapatkan uang dari blog pribadi tanpa modal, akan menggugah siapa saja yang memang tidak punya dana untuk membangun blognya. Pasalnya, Sobat Alfattah pasti tahu, bahwa orang tertarik untuk ngeblog salah satu alasannya karena ingin mendapatkan benefit lain selain pekerjaan utama.

Hai guys, ketemu lagi sama aku yang doyannya nulis tapi kalau terlanjur bosan, dan suka mager ini kadang juga nggak aksi kok. Iya, sama kayak kamu, yang kadang juga terpuruk dalam tugas nulis.

Meski begitu, harus dirajin-rajinkan nulis ya, karena blog itu juga merupakan asset yang berharga. Mengapa? Hanya dengan menulis, padahal di blog sendiri loh, bisa menghasilkan pundi rupiah, masuk ke rekening langsung pula.

Ada dua pilihan sih saat hendak bikin, dengan modal dan tanpa modal. Mau yang mana? Akan aku jelaskan keduanya di sini.

Apakah Blogspot Bisa Menghasilkan Uang?

Ada banyak tipe penulis blogger di Indonesia, salah satunya yang tidak punya modal, tetapi ingin bisa menghasilkan uang dari nulis di blog. Jika kamu termasuk dalam kategori ini, bisa pakai blogspot tanpa membeli domain.

Apa benar, blogspot bisa menghasilkan uang? Apa potensinya? Padahal dari segi branding, domain yang gratis tanpa beli TLD (Top Level Domain), akan kurang terasa ngegass. Namun kata siapa, kalau blogspot gratisan tidak bisa meraup rupiah?

Jika untuk keperluan mencari rupiah dari iklan misalnya Adsense atau iklan yang lain, bermodalkan Ponsel saja cukup. Nggak perlu beli domain yang TLD. Karena yang terpenting adalah branding diri dan kemampuan kamu dalam menulis serta teknik seonya.

Jadi catat, Branding diri, Kemampuan Menulis, Teknik SEO.

Tiga hal itu adalah senjata kamu dalam ngeblog tanpa modal. Oh iya, keuletan bikin konten dan riset keyword seonya ya. Ndak boleh nyerah, riset-riset-riset.

Gunakan juga teknik SEO yang kamu bisa, belajarlah ilmu seo yang banyak, biar wawasannya luas.

Meski pakai blogspot, jika yakin dengan perjuangannya, pasti usaha tidak menghianati hasilnya. Go, belajar dan praktik.

Lalu, meskipun pakai HP apakah bisa ngeblog secara rutin, bisa saja kok, sekarang kan ada aplikasi mc word yang bisa dipasang di HP. Jika masih kurang legah, sekalian nulis di blognya langsung.

Bagaimana cara posting di blog lewat HP? Mudah, apalagi sekarang ada aplikasi untuk blog yang bisa dibikin. Bahkan lewat blognya langsung di google juga bisa.

Silahkan buka blognya, masuk ke pos artikel baru, tinggal di klik. Aku jelaskan di artikel lain aja ya..

Baca Juga Cara Top Up Shopee Pay, Dengan Bank Ini

Blog Domain TLD Lebih Menjanjikan?

Semua ada plus dan minusnya, apalagi jika itu tentang ngeblog yan pakai modal atau tidak. Serta tergantung dari pemilik blog, jika tidak pandai mengelola, sama saja, kualitas blognya tidak akan baik. Namun, sisi positifnya, blog dengan domain TLD powernya lebih kuat dari banyak hal, salah satunya branding yang terlihat lebih profesional.

Hal lain, dalam sisi positif blog TLD, ia akan lebih disukai google, karena pengunjungnya pun akan memandang bagus TLD. Istilahnya User Friendly, dan lebih dilirik oleh pemasang iklan, misalnya saja review produk, atau nitip link dari blog lain.

Nah, poinnya, dengan domain TLD meskipun itu menggunakan blogspot tapi beli domain berbayar, bisa mencari potensi keuangan dari sisi lain selain masang iklan dengan cara banner.

Contoh Blog yang Menghasilkan Uang

Aku juga akan menjelaskan cara membuat blog yang dikelola pribadi namun menghasilkan uang, beserta contoh blognya.

Langkah-langkah yang sederhana saja ya, soalnya aku mau curhat ke artikel lain biar lebih luas:

  1. 1.       Siapkan email yang digunakan untuk daftar blogspot

  1. 2.       Masuk ke akun blogspot

  1. 3.       Nanti akan diarahkan untuk mengisi data diri

  1. 4.       Isi nama blog dan alamat

  1. 5.       Sudah selesai, tinggal melengkapi deskripsi blog dan lain-lain

Contoh blog yang menghasilkan uang, bisa kamu lihat blog yang sudah terpasang iklan, seperti, Alfattah Parenting.com, Flinsetyadi.com, dan lain sebagainya. Oh iya, aku belum kasih tahu contoh blog dengan domain yang gratisan ya? Ada kok sebenarnya, coba saja cari, biasanya kalau yang kayak gini, sudah page one sih, soalnya pemasukan domain gratisan malah lebih ke visitor, bukan dari iklan review.

Berapa lama blog bisa menghasilkan uang? Hal ini juga tergantung dari pengelola blog. Jika sdah lihai, nggak sampai 1 tahu, blog itu sudah berpotensi hasilin uang.

Itulah cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal, semoga apa yang aku sampaikan bisa bermanfaat bagi kalian.

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

2 comments for "Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi Tanpa Modal, Lalu Cara Membuatnya?"

  1. kalau tanpa "modal" biasanya dari blogspot Ya, wordpress.com belum bisa seperti ini kecuali untuk jualan.

    ReplyDelete
  2. iya kak, dari blogspot... yang murni tidak pakai domain tld. Mantap kan kak, kalau tujuannya cuman buat hasilin penghasilan misal dari iklan Adsense. Sayangnya kalau yang gratisan gitu, bisanya dari iklan kayaknya kak. Content Placement jarang... meski masih mungkin.

    ReplyDelete