Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Artikel SEO, SEO Friendly dan Cara Menuliskannya?

 


Apa itu Artikel SEO, SEO Friendly dan Cara Menuliskannya?


Apa itu artikel seo duh sobat Alfattah? Jangan gelisah jika belum paham. Karena saya akan berbagi wawasan mengenai hal itu melalui blog tercinta ini. Saya akan berusaha memberikan penjelasan gamblang, namun jika bingung karena tidak ada contohnya, bisa lihat struktur artikel yang sobat baca sekarang ini.

Yup, karena saya menulis untuk blog, saya harus menerapkannya juga di dalam artikel ini. Pengertian artikel seo, akan saya kupas di bagian bawah ya kakak!

Pengertian Artikel SEO dan Fungsinya

Artikel SEO ada hubungannya dengan blog, atau tulisan yang ada di internet. Artikel SEO punya kata dasar artikel dan seo, artikel, tentu saja memiliki pengertian suatu karangan yang dibuat oleh seseorang, untuk dipublikasikan ke khalayak umum, semisal di internet.

Sedangkan SEO sendiri, merupakan kata yang memiliki kepanjangan searche engine optimization, artinya suatu pengoptimalan yang dilakukan di mesin telusur yang ada di internet. Maksudnya artikel seo adalah dengan adanya artikel yang seo, tentu saja artikel yang dibutuhkan untuk internet dengan penerapan aturan sesuai aturan internet agar artikel bisa merangking ke halaman atas google.

Jadi, jika Anda menuliskan artikel dengan penerapan seo, tahu dulu persyaratan artikel yang seo itu bagaimana.

Salah satunya dengan memainkan keyword (kata kunci) yang telah dicari, lalu disisipkan ke dalam artikel dengan total kadar yang sesuai. Jika pas, bisa jadi, artikel Anda berada di posisi google teratas, dan orang pun yang mengetikkan kata kunci yang Anda target, bisa lebih mudah menemukannya.

Berarti apa fungsinya?

Artikel Anda yang telah dioptimasi dengan seo, bisa ditemukan dan dibaca orang, dengan keyword yang Anda sasarkan.

Lalu Apakah Artikel SEO Friendly itu?

Sebenarnya sama saja dengan artikel seo, namun ada sedikit perbedaan yang bisa Anda kenali. Jika Anda menuliskan artikel hanya menerapkan seo saja, Anda menulis supaya boot google yang menghampiri, bisa menaikkan artikel Anda ke rangking.

Tapi, kalau Anda nulis itu dengan cara yang friendly? Anda juga bisa menarik perhatian pembaca (manusia) karena kata kuncinya sudah maksimal, nggak hanya mesin google saja yang suka, manusia juga suka membaca artikel Anda?

Bisa disimpulkan, nulis artikel seo, Anda bekerja untuk google. Sedangkan seo friendly, karena google dah cocok dengan artikel Anda, artikel itu bisa naik dan orang lain pun jadi membaca..

Cara menulisnya beda atau tidak? Artikel seo, Anda harus lebih memainkan kata kunci, seo friendly, ramahkan kata kunci itu, jangan berlebihan menyisipkan kata kunci, dan katanya harus pas, jangan dipaksakan kata kunci itu. Sehingga pembaca pun tidak bosan.

Oh iya, saya menuliskan materi kali ini nggak banyak-banyak ya, soalnya ngejar waktu dan ngejar kata. Ini nulis untuk kelas adsense, saya ikut kelas di sana. Anda juga, jangan pernah lelah untuk belajar terus.

Punya blog bisa digunakan untuk senang-senang juga loh, kayak saya ini, blog untuk branding dan seru-seruan, eits, kalau belajar konsisten tambah lebih asyik, bisa berpenghasilan dari sini.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Teknik menulis artikel seo friendly versi saya ya? Saya dulu pernah buka jasa artikel seo, jadi banyak sedikit bisa deh berbagi pada Anda. Jadi gini guys, karena artikel seo itu Anda harus memainkan kata kunci, Anda harus cari kata kunci terlebih dahulu.

Misalnya saja “cara membuat baju”, merupakan kata kunci yang utama, eh iya belum saya jelaskan ya, keyword itu ada banyak macamnya. Yaitu keyword utama dan turunan, nah keyword utama, Anda tidak boleh berlebihan memasukkannya, karena katanya sama 100 persen dan harus diulang paling tidak sebanyak 1 persen.

Coba Anda hitung, jika 1000 kata totalnya, berarti kata kunci utamanya maksimal 10, kalau bisa 7 saja sudah cukup, yang lain untuk turunannya saja.

Kenapa demikian? Karena terlalu banyak kata kunci, bisa masuk kategori tidak friendly, kalau dibaca malah terkesan kaku, dan dipaksakan. Terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan website, nanti dianggap spam oleh google.

Oh iya, syukur-syukur artikel Anda juga menggunakan teknik SEM, malah mantap. Apa itu SEM? kapan-kapan saya ceritakan.

Wah kan, sudah kelebihan kata nih. Masih belum nangkep, apa sudah paham dengan penjelasan saya? Kalau belum, saya sangat senang diajak diskusi, yuk tinggalkan komen di bawah ini, atau langsung ke email juga sangat tidak apa-apa.

Demikian tentang Apa itu artikel seo, beserta penjelasan dan contohnya. Semoga Sobat puas ya, kalau nggak puas, ayo diskusi.

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Apa itu Artikel SEO, SEO Friendly dan Cara Menuliskannya?"