Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Mangrove Manyar, Bebek Naga dan Pemancingan Bandeng

 

Wisata Mangrove Manyar, Bebek Naga dan Pemancingan Bandeng


Sobat Alfattah, yuk yang mau liburan, mumpung masih momen libur hari raya idul fitri. Jika anda berada di kawasan Gresik, atau sedang ingin berwisata ke tempat yang ada air-airnya, dengan pemandangan alam yang tidak ingin Anda tinggalkan, coba saja ke Mangrove Manyar.

Mangrove Manyar, atau bisa Anda sebut dengan wisata Mangrove Gresik sebagai kabupatennya, kini wisata ini sudah mulai terdengar di Indonesia. Jika Anda penasaran dengan kealamian di sana, serta banyak banget ikan yang besar-besar di sekitaran mangrove, tapi tidak boleh dipancing ya kalau sekitaran mangrovenya.

Manfaat Hutan Mangrove Bagi Keseimbangan Alam

Hutan mangrove menjadi khas kawasan yang masih alami dengan air dan tumbuh-tumbuhan yang selalu ada di sekitaran air itu. Jika Anda bisa memerhatikan betapa indahnya dan betapa bagusnya Tuhan mengatur semua makhluk, termasuk pohon mangrove yang tumbuh tepat di dasar atau di tepian sungai atau bengawan.

Hutan mangrove adalah salah satu tempat yang sangat dilindungi oleh pemerintah untuk menyeimbangkan alam yang ada di sekitar perairan itu. Jika tanpa adanya tumbuhan mangrove dalam jumlah banyak, bisa-bisa daratan semakin habis karena terkikis.

Tidak hanya bertujuan melindungi, sekarang pemerintah sudah semakin pintar dengan adanya lingkungan yang berpotensi menghasilkan uang. Namun bukan hanya sekadar untuk pemasukan pemerintah, dengan adanya tempat wisata hutan mangrove ini, ternyata juga membuka peluang rezeki bagi kalangan masyarakat.

Anda masih tidak percaya? Datang langsung ke tempat kami, wisata mangrove Gresik. Selengkapnya, bisa baca artikel ini hingga bawah.

Tidak Kalah Saing dengan Wisata Mangrove Surabaya

Dulu, orang-orang yang senang berwisata, namun jarang mengetahui adanya wisata perairan bernama Mangrove, pasti sangat penasaran. Termasuk saya dan teman waktu itu, penasaran dengan Wisata mangrove Surabaya. Tempat itu sangat melegenda, hanya saja, sekarang ini banyak sekali bermunculan wisata mangrove baru di setiap wilayah.

Dulu, mangrove Surabaya selalu ramai pengunjung, sekarang mungkin masih ramai, tapi tidak seramai dulu. Kelebihan yang ada pada Mangrove Manyar ini, terutama pada macam-macam ikan yang senang tinggal di sana, Kakap dan yang lain sudah pasti turut hadir, namun ikan bandengnya ini loh.

Wah, di Manyar memang sangat terkenal banyak sekali ikan bandeng. Jadi, masalah jenis ikan, pasti sangat menarik minat. Selain itu, tempatnya juga nyaman, ada spot-spot yang siap untuk berfoto. Ada juga loh, yang menggunakannya untuk foto wedding.

Jika datang ke sana, jangan mampir di satu tempat saja ya. Coba juga yang lain, penjelasannya ada di bawah ini.

Namun, jika Anda ingin ke wahana air yang lain, tempat yang jago menghibur dengan mainan airnya ada di Malang guys. Misalnya, Wisata Hawai Waterpark Malang.

Tapi kalau mau ke sana mah, harus budgetnya gede dulu. Soalnya, pasti merasa eman kalau sudah ke sana nggak keliling-keliling, mau yang murah ya, ke Mangrove aja ding!

Coba Mampir ke Pemancingan Bandeng, Agak Jauh Ya Jaraknya!

Wisata Mangrove Manyar, Bebek Naga dan Pemancingan Bandeng


Sempatkah Anda mampir ke spot berikutnya? Yaitu, ke Mangrove Manyar sebelah satunya, bukan di perbatasan gapuranya ya. Masih masuk melewati bengawan. Di sana, lebih seru untuk anak-anak yang masih kecil, tempatnya juga lumayan luas, lengkap dengan warung untuk memesan makanan.

Saya, selaku warga Manyar, eh bukan Manyar ding Peganden, tetangganya Manyar (masih satu kecamatan). Liburan ke sana, menjadi alternative yang paling gampang. Karena jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Hal yang sangat memanjakan suami, sebenarnya mengenai pemandangan ikan bandeng yang sangat banyak.

Di sana memang menjadi tempat untuk memelihara ikan bandeng, dan boleh untuk dipancing, tapi bayar ya! Hehe. Enak kan? Orangtuanya yang hobi mancing, bisa memancing sepuasnya, sedangkan si kecil, bisa main air dengan alat wisata bebek-bebek perahu yang sudah disajikan oleh pengelola wisata.

Bayar sekali, mainnya sepuasnya. Wah-wah, seru ini! anak saya tidak pernah tertinggal naik bebek-bebek an itu. Kalau mau bawa makan sendiri, masih boleh, hanya saja, harus ada yang memesan di sana juga, misalnya memesan minumannya.

Jika hanya menyewa tempatnya saja, bawa makanan dari rumah juga boleh. Istilahnya sewa stand buat makan.

Jangan Lupa Bawa Kamera, Ada Spot Foto Cocok Untuk Anak Muda

Wisata Mangrove Manyar, Bebek Naga dan Pemancingan Bandeng

Masih di kawasan tempat wisata pemancingan bandeng? Jangan lupa foto-foto dulu ya guys, adik saya sampai habisin memori nih. Di sana kami memang sengaja datang untuk berlibur, sekalian merayakan ulangtahun suami, dan kebetulan keluarga banyak yang kelahiran bulan Mei, jadi sangat pas makan bersama bawa bekal dari rumah.

Hp dong, jadi dipinjam, foto makanan lah, juga tempat yang nyaman untuk bersantai sambil berfoto. Pas, ke sana bawa pasangan masing-masing, termasuk cacak saya…… bawa ibuk. Hehe..

Pokoknya kalau datang ke sana, jangan lupa bawa HP guys. Alamatnya di mana? Manyar Sidomukti Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kalau lokasinya?

Gampang kok, tinggal kamu masuk ke desa Manyar, jangan lupa ya, yang dekat dengan tugu Manyar, jangan yang sebelah gang Indomaret, nanti salah masuk. Setelah masuk di gang Tugu, tinggal masuk yang paling pojok, hingga nemu tambak-tambak, terus saja.

Jika ingin ke Mangrove Manyar yang awal, bisa berhenti dulu di situ, kalau ingin ke pemancingan bandengnya, masuk aja terus ngikuti jalan setapak, kalau sudah lihat perahu bebek kayak Naga gitu, berarti di sanalah pemancingannya.

Penutup

Anda jangan galau, liburan saja sana gih. Nanti pasti bakal senang, tapi jangan pernah menyesal saat uang berkurang, kan namanya liburan. Sampai jumpa ke Pemancingan Bandeng dan mangrove Manyar ya!


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

5 comments for "Wisata Mangrove Manyar, Bebek Naga dan Pemancingan Bandeng"

  1. Wah kapan-kapan mau mampir kalau pas lagi ke Gresik. Kayanya Asik.

    ReplyDelete
  2. Asiapppp kak.. sekalian mampir ke rumah kak deket, tapi calling calling dulu, kadang nggak di rumah, domisili sda soalnya🙂

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Seru abis kak.. udah mulai rame pengunjung kak. Dari luar Manyar banyak yang datang..

      Delete
  4. wah pasti enak banget ngadem disana ya kak,
    btw kalau di tempatku juga ada wisata magrove gitu kak, tapi ga ada bebekbebeknya

    ReplyDelete