Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Tanaman Janda Bolong Selain untuk Hiasan

Sobat Alfattah, Mamak tangannya lagi gatel pengin nulis-nulis nih. Sayangnya malah ketemu ide nulis tanaman janda bolong, padahal sudah banyak pakek banget yang ngereview. Ah sudahlah, yang penting ketik-ketik kan ya, saya lebih ke manfaatnya saja deh.

Janda bolong, salah satu jenis tanaman yang sempat menguras perhatian warga Indonesia nih guys. Viral-viralnya pada tahun 2020 yang lalu.

Tanaman viral tahun 2020 yang begitu mengejutkan banyak orang, gara-gara harganya yang melambung tinggi di langit. Ternyata terdapat manfaatnya juga guys, bukan hanya jadi hiasan aja.

5 Manfaat Daun Janda Bolong

Daun janda bolong yang unik, akan banyak yang ngelirik. Persoal harga, semakin unik daun tersebut, maka harga semakin mihil. Begitu juga dengan manfaat daunnya, ternyata manfaatnya seperti ini:

1. Memperbaiki kualitas udara

Pertama, manfaatnya adalah memperbaiki kualitas udara. Seperti yang banyak diketahui orang, bahwa setiap tumbuhan, terutama bagian daun, ia bisa menyaring udara kotor.

Kok bisa?

Bisa, di bagian daun terdapat lubang (pori-pori kecil) yang dinamakan stomata. Stomata digunakan untuk alat bernapas tumbuhan.

Nah pada tanaman janda bolong pun demikian. Sedangkan kalian tahu, bahwa tumbuhan menghisap karbondioksida, di mana manusia mengeluarkan karbondioksida setelah menghirup oksigen.

Hal ini berlaku sebaliknya, tumbuhan mengeluarkan oksigen. Jadi pada intinya, janda bolong bisa menyaring udara buangan dari manusia, juga zat lain yang berbahaya.

2. Menyejukkan suasana

Manfaat yang kedua, yang tak kalah seru. Karena tanaman ini adalah tanaman hias, ia bisa dibuat untuk menyejukkan mata. Taruh aja di depan rumah, dan pandangi tanaman yang mahal ini. Pasti nyess… legah deh hatinya. Tentrem ayem…

3. Tahan terhadap serangan hama dan penyakit

Jangan khawatir terhadap perawatan, karena tanaman ini lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Jadi nggak terlalu ngoyo untuk ngerawatnya.

Tetapi tetap ya, dikasih pupuk, biar perkembangannya maksimal. Karena semakin maksimal, tentu bunganya (daunnya) tambah bagus.

4. Bagus untuk mata

Kelebihan tanaman ini, ada pada daun yang unik. Ada bolong yang banyak. Sehingga ketika dipandang pun ia akan lebih menarik perhatian dari tanaman yang lain. terlebih harga yang mahal banget ih.

Tanaman ini sebenarnya bukan berasal dari Indonesia tetapi dari Amerika. Karena menarik, jadi sampai terbawa ke Indonesia deh.

5. Daun yang Unik Jadi Investasi Mahal

Karena daunnya yang unik, harganya melambung tinggi. Dengan perawatan yang terbaik, daunnya akan semakin unik loh. 

Ada banyak jenis daun janda bolong, selain dari perawatan yang maksimal, Anda juga harus memerhatikan jenis janda bolong.

Kalau membeli, yang bagus sekalian, misal ingin jadi investasi. Tetapi kalau hanya untuk sekadar hiasan, yang biasa sudah cukup menghibur.

3 Cara Merawat Janda Bolong Tanpa Ribet

Sebagai Ibu, kebiasaan merawat tanaman memang menjadi kemudahan tersendiri. Tapi, jangan ditanya, biasanya harga tanaman mahal, perawatannya kayak apa. Pasti ribet deh! 

Janda bolong, termasuk tanaman yang sangat mahal, karena sekarang lagi musim-musimnya. Apakah Anda tahu? Ternyata ada jurus atau cara merawat janda bolong tanpa ribet.

1. Cari media atau tempat menanam yang pas

Trik yang pertama, sangat mudah, tenang saja bun, tips ini saya kasih seperti merawat tanaman pada umumnya. Yaitu, cari medianya dahulu.

Media yang tepat, akan membuat si janda bolong nyaman untuk tinggal. Misalnya saja pot dengan tanah yang lumayan banyak.

Kalau sudah, penanamannya pun harus pas ya, jangan terlalu pendek jangkauannya.

2. Cari alat untuk perambatan serta kasih cahaya yang cukup

Kedua, Anda juga harus cari alat perambatan. Yang sederhana saja, ambil kayu, ditancapkan di tanaman janda bolong. Biar tanaman bisa berdiri tegak, dan jadi lebih meninggi.

Oh iya, tetap harus ada nutrisi alami yang dibutuhkan setiap tumbuhan, di antaranya cahaya yang cukup.

Dengan cahaya yang cukup, juga akan mempengaruhi warna yang lebih bagus. Coba bayangkan, tanaman apapun, kalau tidak kena matahari, ia akan tumbu menjadi warna yang lebih pucat.

3. Berikan nutrisi yang cukup, dan sirami dengan air setiap hari secukupnya

Cara yang terakhir, Anda juga tetap harus memberikan nutrisi kepada tanaman itu. Nutrisi, ibaratnya makanannya yang akan membuat janda bolong tumbuh subur. Lalu imbangi dengan menyiramnya setiap hari.

Trik yang ketiga, tentu harus ya, mudah kok, sama seperti tanaman yang lain juga butuh dapat air dan nutrisi.

Penutup

Gimana agan-agan, bunda, mak, atau yang lan, caranya mudah banget kan ya. Pokoknya jangan sampai ada yang ketinggalan, dirawat secara rutin, akan membuat janda bolong tumbuh subur.

Semoga tulisan ini dapat member manfaat bagi para pembaca ya, salam hangat bagi para pencinta kembang. Kapan-kapan, mau review tumbuhan sendiri aja yang ada di kebun. 

Salam Cangkul.




Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Post a Comment for " 5 Manfaat Tanaman Janda Bolong Selain untuk Hiasan"