Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bertaburan Bintang Dengan Tema Melawan Deadline!

Sobat Alfattah, saya mau setor nih tugas dari 1Minggu1Cerita. Temanya kali ini tentang melawan, entah saya bingung juga, saking banyaknya yang bisa ditulis untuk tema ini. Hanya saja, ada banyak kendala supaya bisa menuliskannya.

Tapi ah, awalan yang nggak terlalu penting. Mimin sih mau bahas tentang melawan deadline aja deh. Soalnya sudah lelah, bertarung dengan deadline yang hanya gara-gara perang lawan rasa malas aja. Haha..

Sebenarnya nggak hanya rasa malas yang menghalangi saya untuk menulis, menulis banyak hal. Mungkin karena bertaburan bintang, banyak hal yang ingin diraih, padahal malasnya juga lagi membuncah nih.

Taburan Bintang yang Ingin Digapai, Serta Tema-Tema Untuk 1M1C

Maksudnya taburan bintang, adalah ingin mencapai rencana yang seabrek, dan rata-rata ingin diraih dengan maksimal. Yup bulan ini kebanyakan pola sih eh kerjaan sih, ngapain disibuk-sibukkan. Nah iya, banyak kontes blog, tapi untuk memulai itu rasanya berat banget nih. 

Termasuk untuk menulis tema dari 1M1C juga, masuk antrian, belum lagi revisi buat tulisan khusu untuk teman saya, belum lagi ada projek, ah kakean pola ini mah! Ahaha… ya sudah deh saya mau cerita, tentang ide yang mau saya tuliskan untuk tema melawan 1M1C. tapi malah kejaran sama deadline:

1. Tentang Nyamuk yang Nakal

Rakus ya saya, katanya mau ditulis tentang perang deadline. Eh malah banyak hal tentang melawan apa saja yang ada dipikiran tertuliskan. Ahaha…

Gara-gara ini sih, nggak ketinggalan tema melawan nyamuk. Waktu itu demi hobi mancingnya suami sama si kecil, kami pun pagi-pagi pergi mancing di bengawan. Nggak tau ah, kalau ternyata banyak nyamuknya.

Saya nggak bawa apa-apa, misal autan atau yang lain. Jadi tipsnya, kalau kalian ingin liburan nyaman, apalagi mancing, lebih baik persiapkan dahulu obat anti nyamuknya.

Kenali juga waktu-waktu yang tepat saat mancing, kalau saran saya sih jangan pagi hari atau terlalu sorean, biasanya nyamuk akan berpotensi datang dan menyerang kita.

Yuk melawan nyamuk dengan siasat yang tepat, baik itu pakai pelindung anti nyamuk, atau kenali waktu nyamuk yang tidak berpotensi datang.

2. Tentang Melawan Hati yang Sedang Gundah

Nah gara-gara ini juga nih, saya nggak nulis-nulis untuk 1M1C. Sejak bulan Oktober lalu, hingga akhir pekan ini, saya sering dirundung hati yang gelisah. Gara-gara banyak hal yang bikin saya stress,,, hahaha.. malah curhat, ups.

Ini sangat betul loh Bun, pakde, pak lek, dan bala-bala lainnya. Gundah, hati galau, sangat menghambat kita untuk melakukan aktivitas. Mangakanya nggak usah galau. (padahal penulis juga galau)

Iya kan? Sudah saya rasakan pahitnya akibat rasa galau yang tak beres-beres. Lakukan apapun, agar galau itu tidak terus-terusan.

Saya kasih tips biar bisa bangkit dan melawan rasa galau, lakukan aktivitas yang menyegarkan pikiran kita. Saat suasana sumpek, dan kondisi lingkungan kotor, mungkin dengan cara bersih-bersih bisa menaikkan rasa semangat itu datang lagi.

Jika masih tidak bisa, coba datangi tempat-tempat yang membuat rasa nyaman pada dirimu datang lagi.

Eits, tapi kalau sudah beres rasa galaunya, langsung lakukan aktivitas yang sudah terhambat ya. Kalau tidak, nanti galaunya muncul lagi ding.

3. Tentang Melawan Rasa Malas

Poin ketiga, biar kita bisa melawan rasa malas, yups, poin berikutnya tentang rasa malas yang sering melanda kita. Kalau ini mah dari dalam hati dan jawabannya adalah dari dalam hati juga. Pikirkan bahwa mala situ sebuah penyakit, karena dampaknya juga menimbulkan penyakit urang-uringan. Loh kok bisa?

Kalau sudah malas, biasanya nanti nggak banyak yang bisa kita lakukan. Semua aktivitas terhambat. Untuk bisa mengusir rasa malas itu, kamu harus memiliki mindset bahwa malas akan menghancurkan banyak hal, dan nanti kamu akan gelisah, karena banyak yang tidak terlaksana.

Sumpeknya akan meningkat, dan hati menjadi sensitif. Ini nanti yang memicu rasa marah akan menguasai dirimu.

Ya sudah, jauhi hal yang bikin kamu cepat malas ya Bun, dek, dan bala-bala lainnya.

4. Tentang Rajin Menulis Saat Tidak Bisa Menulis

Selanjutnya, kita juga harus melawan kesibukan sendiri. Tau lah, sebagai seorang Ibu Rumah Tangga, kegiatan sehari-hari ada seabrek. Lah kalau sudah gitu, waktu nulis juga berkurang, apalagi nih, kalau sudah punya anak. Apalagi anaknya masih kecil, tentu waktu nulis biasanya bisa fokus kalau anak sudah tidur, itu pun harus malam.

Jika tidak malam, biasanya bisa, tapi kadang lebih memilih untuk aktivitas yang lain aja. Nah tips nya biar bisa melawan sibuk sehari-hari, ya, dengan menyisihkan waktu untuk nulis di malam hari saja. Hahah.. tips ampuh nih bun… untuk ibuk-ibuk saja deh tips ini.

5. Tentang Berperang Melawan Deadline

Terakhir nih ya, kita bisa berperang melawan deadline. Bisa dekat deadline ini kan soalnya ada banyak hal. Bisa jadi karena sibuk, atau karena malas dan lain-lain, sehingga jadinya nulis pas mepet deadline.

Tapi jangan khawatir nih, masih ada solusi bagi kalian pejuang para deadline. Yaitu mencari inspirasi di saat yang tepat. Kadangkala, saat mepet deadline, ide ini malah membanjiri otak kita. Karena apa yang ditulis, dikendalikan oleh pikiran kita, dan butuh harus selesai. Pasti ide akan kejar-kejaran, ya kayak saya nulis ini, serasa harus selesai pas hari ini, padahal deadline nya kan masih besok. Hahah…

6. Tentang Hari-Hari Tanggal Merah Tapi Nggak Bisa Lembur Nulis

Adakalanya, kita tidak bisa menulis bukan karena waktu yang terlalu sibuk dengan kegiatan sehari-hari. Bahkan untuk tanggal merah saja, kita tidak bisa menulis. Ada saja alasan orang yang mengatakan tidak bisa menulis.

Terkdang tanggal merah, dihabiskan untuk keluarga, sebenarnya itu juga baik, punya prinsip demikian. Tetapi alangkah tidak sayang dengan membuang waktunya.

Saya kira itu ya yang saya rasakan, jika memang tidak bisa menulis karena pada waktu itu beneran fulltime untuk keluarga, sangat tidak apa-apa. Tetapi misalnya nyatanya di rumah banyak waktu nganggur, bisa nih, kalau lagi malas, cari ide saja buat besok. Tetapi, kalau tidak malas, langsung cus bikin tulisan.

Karena itu adalah waktu emas buat Anda, jangan sampai jadi pemalas (sebenarnya saya tipe pemalas) hehe. Eman juga.

Jadi idenya, agar kita bisa selesai pas deadline, anggap saja hari ini adalah deadline.

Tapi kalau cara itu masih belum maksimal, kerjakan tulisan saat waktu yang bisa berpotensi memunculkan ide, di antaranya waktu dini hari, atau pagi hari saat kita tidak terlalu sibuk.

Sudah ah, sampai di sini saja, belum seribu kata sih, tapi tulisan ini lumayan lah buat ngisi rasa kejenuhan dan melegahkan hati, karena akhirnya bisa setor. Saya juga termasuk yang suka mengerjakan mepet deadline loh, yuk perang bareng saya, melawan deadline. Hooo.. oke.


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Bertaburan Bintang Dengan Tema Melawan Deadline!"