Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Sambil Bermain, Materi Belajar Anakpun Mudah Masuk, Yuk Dicoba!

Biasakan Belajar Sambil Bermain, Materi Belajar Anakpun Mudah Masuk, Yuk Dicoba!


Sobat Alfattah , Belajar sambil bermain adalah hal yang menyenangkan, sebagai orangtua tentu ingin anaknya bisa paham dengan mudah setiap materi yang disampaikan ketika belajar. 

Nah, cara solutif, biasakan belajar sambil bermain. Tapi bagi anak yang suka ketenangan, Mimin sarankan jangan sih! Cuman poin penting yang ingin kami bahas di sini adalah belajar sambil bermain akan memudahkan si kecil ingat akan materi hingga dewasa kelak.

Mimin sendiri, dulu ketika masih kecil, masih sangat teringat dan sangat membekas dibenak, ketika mendapat materi dari guru dan olehnya dibuat dengan metode bernyanyi, kini hapalan itu tidak terlupakan. 

Lalu, Mimin juga pernah menghapal, sambil ngumpet di belakang pintu, juga masih ingat betul apa yang Mimin hapalkan, dan masih banyak lagi deh.

Banyak metode yang bisa kita gunakan, namun, setiap orang memang mempunyai jurus tersendiri belajar sambil bermain yang seperti apa. Oleh karena itu, yuk ikuti artikel ini dengan membacanya sampai akhir kata, terimakasih ya!

Metode Menghapal Salah Satu Metode Belajar Sambil Bermain

Ada banyak metode yang bisa Sobat Alfattah gunakan. Baik dari metode orang Islam hapalan Al-Quran, hingga hapalan lambang bendera, yang tentunya setiap negara punya warna bendera yang berbeda-beda. Juga masih banyak lagi yang butuh belajar sambil bermain. Ini dia, contoh belajar sambil bermain untuk anak usia dini:

Menghapal Al-Quran Sambil diulang Berantai

Metode ini juga digunakan oleh orang Islam dalam mengajarkan pelajaran yang bentuknya dalam hapalan, misalnya saja menghapalkan Al-Qur’an dengan cara dilagu dan sesuai dengan bahasa ‘Arab yang fasih. Tambahan, cara menghapal diulang-ulang ya!

Nah kayak gini, juga masuk dalam metode belajar sambil bermain.

Tidak semua orang bisa menghapalkan Al-Quran, karena ada trik atau cara agar bisa hapal dengan mudah dan lebih cepat dari orang biasanya. Nah, cara hapalan Al-Quran ini sekarang lagi banyak dikembangkan oleh orang-orang Islam guna bisa mendapatkan metode terbaiknya. 

Salah satunya dengan menghapal namun diberi tantangan hapalan berantai, maka penghapal pun akan cepat menangkap ingatannya.

Cara menghapal ini, butuh banyak penghapal Al-Quran ya, seperti kita sedang mengadakan acara Tahfid Indonesia. Tentu sangat menantang dan memberikan tanggungjawab kepada pelakunya, ingatan akan cepat terpacu dan terpancing, sehingga lebih mudah untuk dipraktikkan. Apalagi jika pelaku penghapal adalah ada di sebuah yayasan. 

Menghapal Huruf, Angka, nama Benda dengan Cara Flash Card

Ada beberapa tahapan dalam belajar, misalnya saja belajar sambil bermain untuk anak usia dini, bisa dengan cara disuguhkan dengan mainan yang menarik perhatian si kecil agar mudah menerima materi.

Kini metode belajar bagi anak, sudah sangat mudah, apalagi metode belajar menghapal untuk usia emas anak. Berikan permainan yang bisa merangsangnya belajar sambil merasa dirinya nyaman. Jadi tidak akan cepat jenuh, dan mau menghapal tanpa dipaksa.

Flash Card ini adalah game belajar sambil bermain. Mimin sudah pernah membahas salah satu produk Flash Card yang siap pakai. Jadi Sobat hanya tinggal praktikkan saja, harganya juga terjangkau, dan persediaan masih di sebagian orang sih. Jika anda penasaran, bisa baca dulu artikel yang pernah Mimin buat mengenai Flash Card ini, baca ……………….

Menghapal Angka, Belajar Menghitung dengan Cara Sempoa

Cara yang ketiga, ini sudah banyak yang mengenal. Di mana, Sobat hanya menyiapkan sempoa dan mengajarkan secara perlahan kepada anak-anak. Tetapi ingat ya, buat si kecil merasa senang, jangan hanya disuruh untuk ingat-ingat saja, si kecil tentunya akan cepat jenuh.

Kegiatan anak paud usia 3-4 tahun seperti menghapal angka, dengan alat, akan terasa menyenangkan dan menantang. Karena si kecil, harus bisa memecahkan teka-teki di kepalanya terlebih dahulu, maksudnya adalah memberikan pemahaman kepada daya tangkap di otaknya.

Lha mangkanya banyak juga yang menawarkan belajar sempoa untuk menerapkan metode masing-masing. Sobat juga bisa mengajarkan kepada anak-anaknya secara langsung, tapi ingat, Anda juga harus paham makna per benda bulat yang ada di sempoa itu.

Dengan sempoa, bunda dan ayanda bisa mengajak anak belajar sambil bermain matematika. Kecerdasan si kecil juga akan semakin bertambah. Belajar menghitung sambil bermain, akan melatih otak kiri serta kanannya. 

Menghapal dengan Cara Bernyanyi

Cara ini sekarang juga lagi banyak yang menerapkan karena masuk dalam kategori belajar sambil bermain. Pengembangan belajar sambil bernyanyi juga lagi digencarkan, mangkanya orang-orang semakin tertarik untuk mengembangkannya, apalagi sekarang media teknologi semakin maju, bisa menggunakan media youtube untuk menaruh hasil kreasi produk media belajarnya.

Dengan nada yang sama, namun diubah kata-katanya, lalu disesuaikan dengan materi, pun sudah menjadi produk. Dikuatkan dengan beberapa gambar-bamgar yang menarik perhatian anak kecil. Meskipun masih kecil, juga sudah pada dipegangi HP, nah ini kesempatan kita mengisi konten youtube dengan hal yang bermanfaat.

Tidak hanya sebagai pengisi konten ya, para orangtua juga harus ikut andil memilihkan konten yang berkualitas. Sehingga si kecil juga bisa belajar dengan maksimal.

Baca Juga, Anak Nakal Ujian Allah, Yuk Pahami

Baca Juga, Benarkah dengan Daun Kemangi, Anak Cepat Jalan?

Manfaat Belajar Sambil Bermain

Setelah Sobat Alfattah mengetahui beberapa contoh dan gambaran permainan yang bisa dibuat belajar sekaligus, Sobat juga perlu mengetahui beberapa manfaat dari belajar sambil bermain. Setiap anak juga punya tahapan cara belajar, belajar sambil bermain untuk anak SD pun sudah tidak sama dengan permainan untuk anak TK, jadi tentu bunda juga harus paham itu.

Mengetahui manfaatnya pun juga sangat penting, ini dia beberapa manfaat dari belajar sambil bermain:

Manfaat Belajar Sambil Bermain untuk Anak Usia Dini

Anak usia dini membutuhkan beberapa alat peraga, hal ini karena daya tangkap si kecil akan lebih berfungsi daripada Bunda memberikan materi belajar hanya dengan cara soal-soal atau Tanya jawab. Komunikasi anak, masih kurang mendukung.

Nah, dengan adanya belajar sambil bermain, tentu pemahaman anak usia dini akan lebih cepat dan si kecil juga merasa senang. Selain melatih otak kanan dan kiri, dengan belajar sambil bermain akan memberikan kesan verbal yang baik juga. Si kecil bisa sambil belajar bahasa.

Manfaat Belajar Sambil Bermain Untuk Anak TK

Sedangkan untuk anak TK, belajar sambil bermain masih sangat dibutuhkan. Hal ini karena anak yang usia TK masih butuh media belajar yang menyenangkan. Jika hanya diberi materi dengan membaca dan menulis saja, anak pada usia tersebut akan cepat merasa bosan.

Manfaat Belajar Sambil Bermain Untuk Anak SD

Nah poin yang terakhir, sebagai anak yang usianya SD, belajar sambil bermain ini akan memudahkan anak untuk mengingat materi. Misalnya saja belajar sambil bermain sempoa, si kecil akan lebih mudah memahami hitung-hitungan.

Begitu juga ketika bu guru memberikan permainan disela materi berlangsung, perasaan anak usia SD akan lebih merasa senang, dan tentunya ketika ada yang fokusnya teralihkan dengan mainan, saat bu guru memberikan materi, lalu diselingi dengan permainan, maka akan langsung memperhatikan bu guru tersebut.

Demikian penjelasan yang mengatakan bahwa belajar sambil bermain, sangat bermanfaat bagi anak-anak. Semoga perkembangan belajar dengan cara membuatnya lebih asyik, akan jadi inspirasi buat anak-anak di rumah saat pandemi berlangsung. 

Begitu juga ketika pandemi berakhir, metode belajar sambil bermain ini sangat perlu untuk dipertimbangkan demi kemajuan anak.


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Belajar Sambil Bermain, Materi Belajar Anakpun Mudah Masuk, Yuk Dicoba!"