Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Makanan yang Bisa dititipkan di Warung Legit!

 

Usaha Makanan yang Bisa dititipkan di Warung Legit!

Membuka bisnis harus yang benar-benar dari passion, jika Anda bisa berjualan, coba deh usaha makanan yang bisa dititipkan di warung. Lumayan kan buat tambahan pemasukan tanpa harus ribet menunggu makanan itu saat jualan.

Namun tentunya sistem yang digunakan harus bagi hasil dengan yang Anda titipi ya, jangan khawatir soal pembagian, saya sudah pernah mencoba, bahkan ibu saya juga biasa melakukan hal itu saat jualan. Gampang kok itungannya, dan hasil labanya masih banyak.

Usaha Makanan yang Bisa dititipkan di Warung Dapat Laba

Hal yang harus Anda tahu, hai sobat Alfattah. Ada banyak cara menghasilkan uang, bahkan dengan hanya usaha makanan yang dititipkan di warung dan dikelola makananannya dari rumah saja. Bikin jajan, lalu dititipkan. Perjalananku selama masih kanak-kanak hingga dewasa mengenai jualan yang dititipkan ke penjual, dan kita mendapatkan laba, bisa dikatakan sudah matang.

Soalnya dulu, bahkan hingga sekarang ibuku jualan namun tidak pernah menjualkannya secara langsung. Ada sih dulu, usaha snack 500an, tetapi kayaknya mending bikin titip bikin titip gitu terus. Mengapa kok mending dititipkan?

Usaha apa saja sih yang bisa dititipkan di warung?

1.      Jajan Gorengan

Jajanan gorengan sudah hal lumrah sih kalau menjadi list pertama yang bisa dititipkan ke warung atau ke tempat jualan terdekat. Pasalnya, penggemar gorengan di Indonesia kan banyak banget. Ya kan? Jadi jangan khawatir kalau tidak laku.

2.      Jajanan Tradisional

Jajanan tradisional tetap menjadi favorit kalangan masyarakat, karena jajanan ini biasanya punya penggemar tersendiri. Misalnya saja, aku pernah bercerita tentang pudak, jajanan khas Tradisional Gresik, meski sekarang sudah langka, tetapi penggemarnya tetap berusaha mencari.

3.      Cireng

Cireng ini lebih mirip ke cimol ya, terus rasanya yang kenyel, biasanya akan bikin ketagihan siapa saja yang mengincipinya. Cireng, seperti nama jajannya, pastinya di goreng, yaitu aci yang digoreng. Bahannya pun hampir sama, bahan dasarnya kanji atau tepung tapioka.

4.      Misis yang dibungkus kecil-kecil

Misis yang dibungkus? Ini jajanan favoritku dulu sih, jualan ibuku waktu aku masih kecil. Jadi, dulu itu ibu suka membuatkan jajanan yang biasanya Anda kenal dengan misis dengan kemasan yang besar. Terus sama ibuku dibungkus pakai plastik kecil, lalu dititipkan ke warung dengan harga khusus.

Harga ini akan berbeda dengan harga saat dijual langsung oleh warung yang dititipi ibu, sebagai laba dari orang tersebut tentunya.

5.      Es Lilin

Es, menjadi minuman yang bisa disejajarkan dengan makanan favorit kalangan anak-anak, untuk bisa dijual di lingkungan kita, sangatlah bagus dan berpotensi menjadi penarik pundi rupiah. Apalagi, jika yang dijual itu adalah es lilin, es yang kecil-kecil dan tentunya dengan porsi yang kecil.

Porsi ini akan membuat kalangan anak-anak meminum esnya tidak berlebihan dan harga juga bisa lebih murah, sesuai dengan kantong anak.

6.      Pentol Kanji

Pentol kanji merupakan salah satu list makanan yang bisa dititipkan ke warung untuk dijualkan kembali. Karena pentol kanji ini, selain harganya murah ketimbang pentong daging, juga karena membuat makanan ini lebih mudah dan tidak ribet.

Jika pentol daging membutuhkan alat penggiling daging, untuk pentol kanji, cukup dengan kedua tangan, pengelolaan dari bahan mentah menjadi matang sangat cepat dan mudah. Sangat mempermudah Anda dong, apalagi jika jualannya dititipkan saja.

7.      Kerupuk

Kerupuk bisa masuk menjadi kategori usaha snack rumahan, dan sangat bagus buat dititipkan di warung. Pasalnya, makanan ini memang menjadi favorit kalangan orang banyak, tidak anak kecil ataupun dewasa, mereka semua sangat gemar dengan kerupuk.

Bahkan konon makanan ini sudah ada sejak jaman lampau dan menjadi turun-temurun di kalangan generasi yang ada agar ia tetap bertahan. Memang banyak yang berusaha mempertahankan adanya kerupuk, bukan hanya kendala takut hilang, tetapi benaran bisa menghasilkan cuan.

Mangkanya Anda jangan heran, banyak ditemui orang-orang di jalan yang membawa bingkisan kerupuk banyak dan datang ke warung-warung untuk sekadar mampir dan menitipkan kerupuknya di sana.

Baca Juga Cara Beli Minyak Goreng Langsung dari Pabrik

Usaha Makanan Serba 2000 dan Cara Perhitungannya

Seperti janjiku sebelumnya, akan sedikit mengulas teknik jualan usaha makanan yang bisa dititipkan di warung dan menotalnya dengan caraku, terlebih usaha makanan serba 2000 yang dijual. Mengapa dengan angka 2000? Atau bisa juga dengan harga 1000, nanti deh sekarang mau sekilas cerita dulu.

Jadi, sebagai seorang yang menitipkan barangnya ke rumah atau warung orang, hal yang patut dijaga adalah hubungan baik dengan partner kita sebagai orang yang dititipi makanan untuk dijualkan kembali. Keduanya harus sama-sama enak soal harga laba yang bakal didapat.

Seorang ibu, sudah pasti ingin mencari uang tambahan selain menerima pendapatan dari suaminya. Cara termudah adalah dengan usaha bikin jajan dan dititipkan di warung lain. Namun harga tidak boleh memberatkan sebelah ya, yang dititipi biar tidak sampai memakan perasaan, apalagi nanti jajan Anda loh ya yang jadi pelampiasan, haha.

Jika Anda orang yang tidak mau ribet soal berapa persen hitungannya, dan bingung dengan hitungan persen-persen, langsung saja Anda bagi dengan angka yang kentara dan tidak membebani pikiran.

Misalnya saja, saat Anda membuat makanan dengan harga yang pas jika dihargai 2000 rupiah, dan saat ditotal ternyata menghasilkan laba yang sangat banyak, paling tidak lebih dari cukup. Itu bisa menjadi harga jual orang warung yang Anda titipi.

Lalu, berapa harga nanti saat Anda totalan dengan pemilik warung? Kalau orangtuaku dulu, akan memberikan harga di angka 1800 rupiah, dan pemilik warung pun per 1 jajannya, akan mendapat laba 200 rupiah. Harga ini sudah lumayan loh, coba nanti dikalikan dengan lakunya jajan tersebut.

Misalnya saja, laku 20 biji, 200 rupiah dikali dengan 20, maka akan mendapat 4000 kan ya? Sangat lumayan, misal ada banyak jenis makanan atau jajanan yang dititipkan, dan laku hingga 50 bijian, bisa menghasilkan 10.000 dalam waktu sehari, dikali sebulan berapa?

Yang dititipi sangat tidak rugi, dan Anda juga sangat diuntungkan loh, coba kalikan sendiri harga barang atau jajan Anda. Itulah dia cara dan ide usaha makanan yang bisa dititipkan di warung, semoga bisa bermanfaat ya Sobat Alfattah!

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Usaha Makanan yang Bisa dititipkan di Warung Legit!"