Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Apakah Bisa?

 

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Apakah Bisa?

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut memang terkesan seperti tidak mungkin. Namun bagi para mama yang berpengalaman, hal ini tentu akan mudah dikenali, apalagi untuk kalangan tukang pijat bayi.

Hai sobat alfattah, kembali lagi bersama saya, lagi pengin bahas tentang kehamilan nih. Posisi lagi hamil kan, sekarang jalan 4 bulan guys. Alhamdulillah, sudah masuk 4 bulan, baru kemarin rasanya habis keguguran, sedihnya minta ampun, sekarang dikasih lagi.

Oh iya guys, ini kehamilan ke-3, tentunya sambil pegangan perut, aku ingat-ingat, dulu hamil pertama 4 bulan baru kelihatan ngecungul. Emang perut itu pasti mengalami perkembangan, nggak mungkin sama terus. Jadi, kali ini hamil ke-3 sudah bisa teraba loh, sudah kelihatan ada debaynya.

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut memang bisa guys, soalnya lama kelamaan perut ini pasti menonjol jika ada janin yang berkembang di dalam perut. Tapi anda juga harus tahu perbedaan perut buncit dan hamil saat duduk atau saat posisi apapun ya bun.

Memang ada bedanya, kalau perut buncit, dia akan membesar perutnya sebelah bagian atas. Tetapi kalau hamil beneran, yang buncit itu mulai dari bawah pusar, lebih tepatnya mendekati tulang kemaluan hingga sebelah pusar jika kehamilan masih muda.

Apakah anda sudah memeriksakan ke medis, atau dokter yang bertugas memeriksa? Jika belum, seharusnya tespek terlebih dahulu. Terkadang kurang akurat sih kalau hanya tespek saja, karena di dalam cerita pada tulisan saya yang sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa terkadang tespek itu ada yang meleset guys.

Coba cek di artikel saya yang berjudul Test Pack Hamil 1 Minggu Jadi Tanda Hamil, Apakah Akurat? Di sana ada kasus hamil beneran tetapi tidak bisa dideteksi kehamilannya dengan tespek hingga usia janinnya 4 bulan, baru bisa garis 2 loh.

Lah terus bagaimana dengan cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut saja? Pastinya akan sulit ketahuan kalau hamil atau tidaknya sih, tetapi lebih ke usia kehamilan kira-kira berapa. Itu pun hanya ibu tertentu saja yang bisa memperkirakan, yaitu ibu pijat bayi dan seorang ibu yang sudah terbiasa hamil.

Lalu bagaimana caranya nih, kan pertanyaan tentang cara mengetahui kehamilan hanya dengan pegang perutnya belum kejawab. Sebenarnya simpel saja, untuk memastikan ia hamil atau tidak, memang perlu tespek sebagai bukti.

Coba saja merabai perut jika anda yakin sudah positif hamil apakah yang besar itu di bawah pusar? Jika ia, dengan memegang perut bisa lebih meyakinkan anda, sedang hamil atau tidak. Eh iya, usia kehamilan juga mempengaruhi besar kecilnya perut anda.

Bentuk Perut Hamil Muda Saat Tidur

Kehadiran janin pada perut memang dirasa menyenangkan bagi yang sudah lama menantikannya, namun di balik itu, anda juga harus siap dengan keadaan perut yang mulai membuncit karena hamil. Begitu juga saat posisi tidur yang tidak mengenakkan, mau tidur posisi terlentang pun sekarang kurang bisa dilakukan, karena dirasa membahayakan janin.

Bukan hanya membahayakan sih, tetapi memang yang hamil bakal tidak nyaman saat terlentang, terasa ada yang mengganjal di perut. Lah, memang bentuknya bakal mulai berubah, saat tidurpun akan lebih terlihat bentuk yang berbeda dari biasanya.

Jika kehamilan bunda masih muda, saat tidur akan terasa mengganjal saja belum terlalu besar. Untuk ketidaknyamannya sudah mulai terasa, lalu bentunknya kayak apa ya?

Masih di bawah 3 bulan kah usia janin? Jika masih di bawah, bentuk perut pelum bisa diraba dengan tangan, apalagi ketika tipe perut anda adalah tipis. Namun ada kasus di mana tipe kulit perut tebal, kadang di usia tersebut sudah terlihat agak buncit, apalagi pas dibuat tiduran.

Jadi untuk jawaban terkait bentuk perut hamil muda saat tidur, tergantung usia dan tergantung tipe kulit pada perut anda. Sedangkan untuk mengetahui keberadaan janin, jika memang sudah bisa teraba, bisa dengan tekan perut untuk mengetahui hamil dan janin.

Hal ini juga dilakukan oleh para medis bukan? Saat hendak memeriksa kehamilan melalui perabaan, pasti pasien yang sedang hamil, ditidurkan atau dalam posisi terlentang. Ini bisa disebut dengan cara mendeteksi kehamilan dengan tangan.

Kesimpulan

Sudah berada di akhir curahan hati nih, bahas-bahas tentang cara mengetahui kehamilan hanya lewat memegang perut. Sebenarnya, jika ingin tahu tentang kehamilan lewat tangan, harus yang ahli sih. Kalau belum ahli, paling cuman memperkirakan dan tidak akurat.

Tetapi semua bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para ibu hamil, baik hamil muda maupun tua. Dengan memegang perut masing-masing, akan ada rangsangan terhadapat janin yang sedang dalam perut. Oh iya pengin cerita nih, kadang kan ada perasaan kok perut lembek saat hamil? Itu biasanya karena kurang makan saja sih, alias lapar.

Saya pernah merasakan itu soalnya, eh ternyata emang lagi lapar karena belum makan, padahal dah waktunya makan bagi ibu hamil. Sudah ya, itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut.

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Apakah Bisa?"