Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Permainan Edukasi Anak yang Asyik dimainkan dan Mencerdaskan!

 

5 Permainan Edukasi Anak yang Asyik dimainkan dan Mencerdaskan!

Permainan edukasi anak perlu diulas lebih dalam nih di zaman sekarang. Pasalnya, anak-anak zaman sekarang kalau mau belajar, jarang bisa fokus, saat mereka bosan, tentu jalan yang paling mudah adalah dengan mengajaknya belajar sambil bermain.

Jika anda adalah orangtua yang mengikuti kecanggihan, sudah pasti tidak akan bisa meninggalkan handphone bukan? Begitu juga dengan kalangan anak-anak, semuanya sudah terpengaruh dengan kecanggihan teknologi.

Nah alternative, anda bisa memberikan waktu sejenak kepada anak anda untuk memainkan handphone, namun yang memiliki edukasi. Yups, Sobat Alfattah, aku akan mengulas beberapa permainan edukasi anak sekaligus bisa dimainkan oleh orangtuanya, jangan kemana-mana ya.

5 Game Anak Online yang Bagus untuk Kecerdasan

Sudah saatnya anda menunjukkan persahabatan terhadap zaman, jangan biarkan anak terlalu terpengaruh dengan teknologi hingga membuatnya lalai, namun jangan pula menolaknya mentah-mentah.

Biarkan mereka (anak-anak) bisa incip mencercap beberapa manfaat dari game online, hingga ketika dewasa kelak, ia tidak terkejut dan hingga ketagihan gara-gara masa kanak-kanak tidak pernah memainkannya.

Mangkanya, aku bertugas mengenalkan permainan anak-anak yang tidak membahayakan dan bisa memberikan edukasi yang lebih melalui game anak online di bawah ini:

1.      Thomas and Friends Jigsaw Puzzle

5 Permainan Edukasi Anak yang Asyik dimainkan dan Mencerdaskan!

Permainan game online kali ini bernama Thomas And Friends Jigsaw Puzzle yang mempunyai daya tarik dengan gambar keretanya. Siapapun kalangan anak yang suka lihat tv, pasti mengenal kartun dengan peran Thomas dalam bentuk kereta ini, nah mangakanya permainan ini layak dan menarik untuk dimainkan.

Sebuah permainan yang cocok untuk kalangan anak-anak dengan usia anak PAUD, karena permainan ini adalah Puzzle, caranyanya pun dengan menyusun potongan-potongan gambar Thomas And Friends.

Dalam permainan ini, selain kalangan anak-anak, orang dewasa pun juga bisa memainkannya. Karena permainan ini tentunya sangat menantang, dan ramah terhadap kuota. Namun, saran saya anak-anaklah yang perlu memainkannya, karena untuk melatih otak dan perasaan yang lebih peka.

2.      Make An Ice Cream Cone or Cup Game

5 Permainan Edukasi Anak yang Asyik dimainkan dan Mencerdaskan!

Permainan membuat es krim yang disebut dengan Make an Ice Cream Cone or Cup Game, membuat kalangan anak-anak bisa belajar berkreasi. Di mana Es Krim adalah minuman favorit anak-anak, sehingga mereka akan belajar menyusun es krim dengan semangat dan bagus.

Kalau dilihat secara detail, permainan ini lebih mengutamakan ke kreatifan dan kemampuan anak dalam memadukan warna yang mereka suka. Mereka akan belajar menyusun warna sebagai rasa kesukaan.

3.      Cup Stacking Kids Typing Game

5 Permainan Edukasi Anak yang Asyik dimainkan dan Mencerdaskan!

Wah kalau permainan yang ketiga ini, bakal membuat anak-anak yang memainkan permainan memutar otak terlebih dahulu. Tujuannya, melatih otak agar bisa mengingat huruf-huruf yang pernah dihapal sebelumnya.

Jadi, ceritanya, permainan ini adalah menumpuk cangkir dengan cara mengenal huruf yang tertulis di cangkir. Anak yang memainkan, harus cepat mengetik huruf yang sesuai dengan tulisan huruf yang ada di cangkir.

Permainan kayak gini, tentu sangat bermanfaat untuk kalangan anak-anak ya kan bunda?

4.      Make a Pizza: Pizza Creator for Young Childern

5 Permainan Edukasi Anak yang Asyik dimainkan dan Mencerdaskan!

Jika di atas, permainan cangkir melatih otak anak untuk mengingat huruf, akan berbeda lagi saat anak anda dihadapkan dengan Make a Pizza: Pizza Creator for Young Childern. Penyuka permainan ini mungkin didominasi oleh kalangan anak perempuan, karena berhubungan dengan memasak.

Tetapi, bagi anak cowok, bisa juga suka. Lah kok ada Pizza, yups kita akan memasak dan mengetahui cara memasak Pizza, mulai dari bahan tepungnya, hingga pemajangan topping yang sesuai selera anak. Lebih cocok menjadi mainan edukasi anak 5 tahun sih, karena butuh kekreatifan yang lebih tajam.

5.      Friut Matching Game Connect 3 in a Row

Terakhir, anda juga bisa memainkan permainan Fruit Matching Game Connect 3 in a Row yang lebih mengandalkan insting mengenal buah. Anak-anak akan diajarkan menggunakan kepekaan buah yang sama, untuk dihapus dari kolom.

Kalau yang ini lebih cocok sebagai permainan edukasi anak sd, karena membutuhkan kecepatan menghapus buah dari kotak yang telah disediakan. Semakin cepat insting menghapus digunakan, maka anak anda akan mendekati kemenangan.

Tetapi, jika lamban dalam menghapusnya, hukumannya adalah kehabisan waktu, dan anak akan kalah dalam permainan ini. Nah selain melatih insting kecepatan, tentu saja akan berdampak pada pengenalan buah yang baru mereka kenal.

Manfaat Permainan Edukasi Anak 3 Tahun

Permainan edukasi anak sd, hingga kalangan anak paud, atau bisa juga untuk anak yang belum sekolah ini, punya banyak banget manfaat yang bisa dirasakan. Setidaknya, anak-anak akan merasakan betah di rumah, dan bisa belajar sambil bermain.

Namun, orangtua seyogyanya tetap mengingatkan anak-anak agar tidak sampai terlena dengan adanya gadget yang berupa handphone ini. Tenang saja, meski permainan ini dimainkan secara online, tetapi tidak cepat menghabiskan kuota.

5 permainan edukasi di atas sudah mewakili dan menjadi bukti bahwa tidak semua permainan yang membahayakan. Hal positif lagi, kepekaan anak terhadap huruf dan mengenali warna, serta memasang gambar yang cocok pun akan membentuk diri mereka tambah jago dan paham terhadap pelajaran.

Materi kalangan anak-anak tidak perlu yang berat-berat, yang penting tetap asyik dan paham. Permainan di atas juga termasuk permainan edukasi anak 2 tahun kok bun, jadi tetap aman, dan bisa menjadi hiburan plus belajar.

Kesimpulan

Sebagai bunda, ingin dong memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Dengan cara menyuguhkan pembelajaran yang maksimal, dan mengkondisikan lingkungannya, tetapi tetap mengontrol kebiasaan bermain hp nya adalah jalan paling bijak.

Meski, sebagian kalangan mengharamkan anak-anaknya pegang hp, saya rasa itu pilihan masing-masing. Tetapi, dampak buruknya tetap ada, di antaranya ketika nanti mereka sudah waktunya memegang hp sendiri, mereka akan kaget dan melampiaskan sesuatu yang dulunya pernah dilarang oleh orangtuanya.

Namun, jika anda adalah kalangan orangtua yang setuju dengan mengenalkan anak-anak pada handphone untuk belajar bareng, alangkah baiknya 5 permainan di atas menjadi rekomendasi yang terbaik.

Permainan edukasi anak di atas, bisa kalian jumpai pada laman Plays.org atau kalau langsung ingin melihat jenis permainan yang banyak banget, klik di sini ya guys, semoga bermanfaat.

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "5 Permainan Edukasi Anak yang Asyik dimainkan dan Mencerdaskan!"