Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Oleh-oleh Khas Jawa Timur, Jangan Lupa Bonggolan Khas Gresik

 


Oleh-oleh khas Jawa Timur, jajan tradisional yang terbuat dari ikan ini akan serasa menggoyangkan lidahmu. Apa itu? Bonggolan khas Gresik Jawa Timur. Lagi pengen bahas ini nih, kangen pulkam soalnya.

Nah pada kesempatan kali ini, aku mau menuliskan tentang makanan ringan Bonggolan. Makanan ini lebih ke camilan sih, jajanan khas yang jarang orang bisa temuin di luar Gresik.

Jajanan Pasar, Cara Buat dan Bentuk Bonggolan

Sudah lama tidak menulis rubrik kuliner, karena sekarang ini mantengin jajan yang bentuknya kayak lontong tapi lebih panjang, aku pun bisa fokus menuliskannya di sini.

Siapa yang sudah pernah ke Gresik Jawa Timur? Di sana memang lebih terkenal dengan macam-macam ikan, seperti bandeng dan pindang sebagai bahan dasar bonggolan.

Jika kamu pas ke Gresik, jangan lupa segera cari oleh-oleh khas Jawa Timur bonggolan. Selain rasanya yang gurih dan kenyal, ada aroma ikan yang sulit untuk terlupakan.

Ada temenku kapan lalu juga ngidam makanan khas ini, ia tinggalnya di Sidoarjo padahal, kan jauh.

Nah kebetulan ibuku yang tinggalnya di Gresik jualan, meski agak jauh dari waktu ngidamnya, aku berniat membawakannya untuk menuruti ngidam. Tapi entahlah, pokoknya bonggolan ini banyak yang suka.

Baca Juga Belajar Membuat Kari Ayam Ala Mak Madiun

Resep Jajanan Pasar yag digoreng, Tidak Kalah dengan Jajan Modern

Makanan khas Jawa Timur ini masih tidak kalah enaknya dengan jajanan sekarang yang tampilannya lebih kece-kece. Kalau aku nilai, jajanan sekarang ini memang menang ditampilannya, soal rasa masih menang jajanan masa lalu kayaknya.

Ada lagi sih, makanan tradisional khas Gresik, tapi kapan-kapan saja ya aku bahas. Apa itu? Tentunya pudak sih.

Tapi daripada berbelit di banyak jajan, kan lebih enak menikmati satu jajan saja, bonggolan tentunya/

Lalu bagaimana resepnya?

Baiklah, aku bahas secara singkat saja ya, bonggolan ini jajanan yang bisa digoreng dengan bahan dasar kanji (tepung tapioka), ikan, garam, bawang putih, dan cabai merah besar.

Racikannya pun hampir sama dengan cireng ya, yang membedakan adalah khas rasa ikannya. Bagaimana cara membuatnya? Nanti aku bahas di artikel lain saja. Yang pasti, bonggola adalah makanan favorit orang Gresik.

Sudah kan, itu dia pembahasan mengenai makanan yang menjadi primadona orang Gresik.

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Post a Comment for "Oleh-oleh Khas Jawa Timur, Jangan Lupa Bonggolan Khas Gresik"