Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Cerpen Online, Mengukir Cerita Lebih Mudah Tembus!

 


Cara menulis cerpen online kini sekarang lebih mudah, tanpa harus ribet berusaha mengajukan cerita ke media cetak sambil berdarah-darah. Menulis cerpen secara online, merupakan salah satu alternative kemudahan yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar.

Menulis cerpen, memang berbeda dengan menulis artikel biasa. Ada jiwa seni yang harus kamu mainkan di sana, tapi, kalau kamu memang penggemar dunia seni tulis, jangan sampai tidak mengambil kesempatan di era yang semakin canggih ini.

Coba renungkan, jika dulu, ingin tulisannya terbit ke media, harus nulis di kertas, bahkan tidak nulis tangan ya, diketik dengan mesin ketik lawas. Lalu diajukan ke media lewat kantor pos, bayangkan saja berapa lama proses menunggu.

Cerita Inspiratif Singkat, Dengan Cerpen Mini Ala Blog

Banyak sekali cerita yang bisa kamu tuliskan untuk meramaikan dunia literasi. Baik untuk diuangkan atau hanya sebagai koleksi, yang pasti menulis adalah proses menyampaikan pemikiran atau cerita inspiratif singkat kepada yang lainnya.

Jika kamu memutuskan untuk menulis cerpen atau cerita pendek, versi kamu sendiri, tanpa harus ada embel-embel ingin terbit di media nasional. Di mana perjuangannya berat minta ampun. Kalau mau cepat terbit, dan sesuai apa yang diinginkan, tinggal bikin blog saja deh.

Bikin cerpen mini, bahkan hanya dengan 300 kata saja sudah cukup, dan bisa terbit dengan blog sendiri.

Bahkan kalau mau mengangkat tema pendidikan, hingga melahirkan karya cerita inspiratid tentang pendidikan pun, gampang-gampang saja kalau di blog sendiri.

Baca Juga Premis Sinopsis, Apakah Penting?

Cara Menerbitkan Cerpen Melalui Menulis Novel Online dibayar

Novel kumpulan cerpen atau kumpulan cerita pendek yang kamu jadikan satu dengan ide garis besarnya. Lalu dikembangkan jadi berlembar-lembar cerpen, bisa dinikmati dalam tahapan. Tidak seperti asli cerpen yang sangat pendek.

Nah, kalau kamu tertarik bikin novel, dan masih dalam kelompok pemula, masuk saja ke media novel online dibayar.

Selain dibayar, kamu bisa belajar dan mempelajari contoh cerita inspiratif singkat beserta strukturnya di platform menulis novel yang kini semakin tumbuh.

Keuntungan lainnya, kamu akan lebih bebas berekpresi dengan platform online itu. Karena biasanya platformnya tidak akan membatasi ide, selama tidak mengandung unsure yang terlarang.

Misalnya seperti sekarang ini, tentang kemerdekaan, bisa menulis cerita inspiratif perjuangan dan lain sebagainya.

Masih melongo? Tidak ingin segera menggoreskan tinta di laptop? Yuk kuy ikut menulis dan mempelajari cara menulis cerpen online yang kini semakin mudah. Baiklah sobat Alfattah, aku pamit undur diri dulu ya.

 

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Cerpen Online, Mengukir Cerita Lebih Mudah Tembus!"