Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Stabilizer Kamera Terbaik untuk Videografer

  


https://www.pexels.com/photo/man-in-hooded-jacket-holding-camera-with-stablizer-1239785/ )

Gimbal atau stabilizer kamera menjadi alat yang sangat membantu seorang videografer. Dengan menggunakan stabilizer, hasil rekaman video akan terlihat lebih stabil. Berbeda ketika Anda mengambil video hanya memegang kamera dengan tangan. Hasilnya akan rentan ngeblur karena pegangan tangan yang mudah goyah, apalagi untuk take video dalam waktu lama dan harus bergerak.

Oleh karena itu, stabilizer kamera menjadi hal yang wajib dimiliki oleh seorang videografer. Namun harga stabilizer yang cukup mahal membuat banyak videografer harus menunda keinginannya untuk membeli. Jika Anda mengalami kendala tersebut, apply kartu kredit online bisa menjadi solusinya. 

Apalagi saat ini apply kartu kredit online bisa dilakukan dengan mudah, yakni bisa secara online. Dengan kartu kredit, Anda bisa membeli stabilizer dan membayarnya dengan cara dicicil. Jadi Anda bisa memiliki stabilizer impian Anda untuk menunjang produksi konten tanpa takut keuangan terganggu. Namun sebelum membelinya, Anda perlu tahu tips memilih stabilizer kamera. 

Tips Memilih Stabilizer Terbaik

Ada berbagai merk dan seri stabilizer kamera yang bisa Anda pilih. Setiap stabilizer menawarkan keunggulan atau kelebihannya masing-masing. Memilih stabilizer kamera sebaiknya tidak asal beli, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan Anda. 

Berikut ini tips memilih stabilizer kamera yang bisa Anda terapkan saat membelinya:

1. Menentukan Tipe Stabilizer


https://www.freepik.com/free-photo/vlogger-cooking-while-streaming_19867515.htm#query=stabilizer%20kamera&position=35&from_view=search&track=robertav1_2_sidr


Stabilizer kamera terdiri dari dua tipe, yaitu digital dan analog. Stabilizer analog membutuhkan pengaturan keseimbangan secara manual. Sementara stabilizer digital dilengkapi dengan teknologi yang akan membuat posisi kamera otomatis stabil mengikuti gerakan. Jadi Anda perlu menentukan ingin memilih stabilizer yang tipe mana.

2. Memilih Handle Stabilizer

Saat membeli stabilizer, Anda juga harus memperhatikan tipe handlenya. Tipe handle sendiri ada berbagai macam dengan fungsinya masing-masing. Ada handle yang cocok untuk merekam di luar ruangan, ada yang tanpa baterai, ada yang ditopang dengan bahu. Anda harus memilih stabilizer dengan handle yang sesuai cara Anda mengambil video. 

3. Melihat Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai stabilizer juga menjadi hal yang tidak boleh Anda lupakan. Kapasitas baterai akan berpengaruh pada lama pemakaian stabilizer. Anda perlu memilih stabilizer dengan kapasitas baterai yang sesuai kebutuhan Anda merekam video. 

Selain sejumlah hal di atas, saat memilih stabilizer kamera, Anda juga harus memperhatikan elemen lainnya yang mempengaruhi kenyamanan penggunaan. Anda perlu memeriksa bagian Axis atau motor stabilizer, kompatibilitas, dan bobotnya. 

Rekomendasi Kamera Stabilizer Terbaik 

Terdapat banyak merk stabilizer yang dijual dipasaran dan menawarkan keunggulannya masing-masing. Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih stabilizer, berikut rekomendasi stabilizer terbaik yang berkualitas.

1. Brica B-Steady Multi 

Rekomendasi stabilizer terbaik pertama diproduksi oleh merek yang sudah terkenal, yakni Brica. Brica seri B-Steady Multi ini memberikan kemudahan Anda dalam merekam pengalaman sinematik. Dalam stabilizer ini juga terdapat beberapa fitur built-in, yakni kekuatan baterai berkapasitas 36000 mAh, bluetooth versi 4.2, konektivitas mudah dengan micro USB, kompatibilitas dengan kamera digital, action cam sampai smartphone.

2. Feiyu Tech AK4500

Rekomendasi stabilizer terbaik kedua untuk kamera DSLR adalah Feiyu Tech AK4500. Stabilizer ini sangat kompatibel dengan semua jenis kamera, sehingga Anda tidak perlu kerepotan saat memasangnya di bodi kamera. 

Keunggulan dari stabilizer Feiyu Tech AK4500 yakni terdapat kendali operasi dengan layar sentuh LCD. Jadi Anda bisa mengoperasikan gimbal ini secara mudah dan fleksibel tanpa bantuan aplikasi. Stabilizer ini sangat cocok untuk Anda yang masih pemula. 

3. Zhiyun Weebil S 

Zhiyun Weebil S adalah salah satu stabilizer terbaik yang bisa Anda pilih. Stabilizer ini yang dibekali dengan desain mode underslung yang sama dari segi pendahulunya. Desain ini terdiri dari pegangan pada bagian belakang yang memungkinkan Anda untuk beralih dengan mudah ke mode underslung

Selain itu, Stabilizer seri ini juga telah dibekali dengan Highly Upgraded Motor serta Algorithm. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyeimbangkan lensa ganda supaya lebih baik seperti Canon 5D Mark IV dengan lensa zoom 24-70 mm. Stabilizer ini juga memiliki fitur menarik, yaitu Transmission module yang bisa Anda gunakan untuk streaming nirkabel jarak jauh dengan tiga perangkat sekaligus.

4. S60 Steadicam Taffware 

Apabila Anda sedang mencari stabilizer terbaik untuk pembuatan film, maka Anda perlu perlu mempertimbangkan S60 Steadicam Taffware. Stabilizer yang satu ini menggunakan sistem CounterWeight pada sisi kanan dan kiri guna menyeimbangkan kamera. 

Stabilizer ini sangat cocok untuk keperluan pembuatan film yang membutuhkan pergerakan cepat. Dengan stabilizer ini, rekaman adegan film akan terlihat lebih mulus dan tidak goyang. Selain itu, stabilizer yang satu juga bisa digunakan untuk kamera mirrorless ataupun penggunaan dua kamera kecil dalam waktu bersamaan. 

5. DJI OM 5 

Rekomendasi selanjutnya yakni jatuh pada merek asal Tiongkok DJI. Stabilizer DJI OM 5  merupakan salah satu stabilizer terbaik yang bisa Anda pilih. DJI ini yakni seri OM 5 yang merupakan versi terbaru yang dibekali dengan fitur lebih canggih, seperti mode Shot Guide, Active Track, Dynamic Zoom, CloneMe Pano, Time Lapse, Panorama, dan masih banyak lagi.  

Desain dari stabilizer ini juga lebih kompak dan portable dari seri-seri sebelumnya. Selain itu, stabilizer ini juga dibekali dengan tongkat yang dapat Anda panjangkan hingga 21,5 cm untuk memudahkan mengambil video.

Kartu Kredit untuk Membeli Stabilizer Kamera

Bagaimana, sudah menentukan pilihan stabilizer kamera yang akan Anda beli? Meskipun harganya cukup menguras kantong, namun kualitas dan fitur yang ditawarkan sangat penting untuk menunjang produksi video Anda. Jika Anda masih pusing memikirkan harganya, apply kartu kredit online bisa jadi solusinya. Dengan kartu kredit, Anda bisa membeli stabilizer dengan sistem pembayaran diangsur atau dicicil sehingga tidak akan mengganggu keuangan Anda.

Salah satu kartu kredit terbaik yang akan mendukung kebutuhan belanja Anda adalah PermataShoppingCard dari PermataBank. Cara pengajuan kartu kredit PermataShoppingCard sangatlah mudah. Pengajuannya bisa dilakukan melalui mobile banking PermataMobile X yang dapat Anda unduh di Play Store dan App Store. Kartu kredit yang satu ini menyediakan berbagai promo yang akan membuat pengeluaran Anda lebih ringan saat membeli stabilizer kamera. Terdapat program cashback 5% hingga Rp200 ribu serta diskon di berbagai merchant

PermataShoppingCard juga menawarkan berbagai kelebihan lainnya, seperti cicilan 0% hingga 12 bulan, bebas iuran satu tahun pertama, bisa Anda akses melalui smartphone, mempunyai fitur contactless card, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai persyaratan dan cara pengajuan kartu kredit online PermataShoppingCard bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card?cid=sh 


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Ibu dengan 2 anak, domisili Sidoarjo Jatim. Lulus KPI UINSA Surabaya tahun 2017, wanita kelahiran Gresik 1994 ini mulai bergelut dengan literasi sejak 2013, menjadi Content Writer sejak 2019, Karya buku di antaranya Manuskrip 70 Tahun Indonesia Merdeka (2016) sebuah antologi puisi, Villain (2021) novel Fantasi garapan duet, Kumpulan Cerita Anak Cerdik (2021) bersama Elfamediatama, Parenting Bala-Bala 1 Minggu 1 Cerita Bukan Resep Pengasuhan Abal-Abal (2021) karya non fiksi bareng para blogger, kunjungi rumah literasinya alfattahparenting.com dan nurchabisnis.com, perempuanberkarya.com, membuka Jasa Penulis Pena Alfattah. IG: @nurchafshoh FB: Pena Alfattah Twitter: @nurchafshoh

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Stabilizer Kamera Terbaik untuk Videografer"