Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Indrayanti, Tempat Wisata Alam Jogja Pagi Hari Jadi Ampiran Wajib Nggak Nih?

 


View di pagi hari menjadi sasaran rata-rata para pencinta traveller, begitu juga wisatawan yang datang di Pantai Indrayanti sebagai tempat wisata alam Jogja pagi hari.

Hal ini juga berlaku untuk kalangan para pemuda yang suka healing. Pantai ini indah dan bersih, gemuruh ombak yang bergulung pun membuat pikiran yang riuh dengan masalah, akan hilang seketika.

Apalagi, bagi kamu yang habis diputusin pacar, tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran sejenak.

Pulang Sawal atau Indrayanti? Pantai dengan View Menarik di Pagi Hari

Sobat traveller, tahukah kamu, pantai ini memiliki dua nama yang populer. Kabarnya, malah penamaan pantai julukan dari pengunjunglah yang lebih terkenal.

Ia adalah Indrayanti, sebagai nama julukan yang diberikan oleh orang-orang yang datang ke sana dengan alasan tertentu.

Di mana para pengunjung kebingungan karena tidak ada papan nama yang melekat di area Pantai.

Nah nama Indrayanti dari mana dong? Sebagian mengatakan bahwa diambil dari pemilik salah satu warung makan di dekat Pantai, di mana mereka adalah pasangan suami istri, sang suami bernama Indra, dan istrinya bernama Yanti, jadilah Indrayanti.

Terlepas dari nama julukan, nama asli yang resmi dari pemerintah adalah Pulang Sawal.

Kamu pilih yang mana? Ah tidak terlalu penting sih ngobrolin nama pantai ini, malah yang harus kamu tahu, kalau berkunjung ke sini, mendingan di pagi hari saja, view nya lebih berasa.

Kamu bisa melihat matahari terbit, dan bermain dengan ombak yang bergulung-gulung.

Pantai ini termasuk Pantai Selatan ya guys, jadi sudah biasa kalau ombaknya gede-gede, tapi jangan khawatir, masih aman kok untuk anak-anak, apa lagi anak muda seperti kalian.

Sambil bermain air, bermain pasir, atau menunggu mentari terbit, cari makan dahulu di dekat area wisata.

Bersantai-santai ria, kayaknya asyik deh. Kalau ngomong fasilitas, di tempat ini, keren! Lengkap banget, mau tahu ada fasilitas apa saja? Baca selengkapnya ya!

5 Tips Menghabiskan Akhir Pekan di Pantai Indrayanti

Setelah kita mengenal Indrayanti melalui asal-usul namanya, dan juga mengetahui ada apa saja di sana. Klakon Iso Tutur juga mau sedikit mengupas tentang tips berlibur di pantai ini, ada apa saja? Yuk ikuti:

1. Datang Pagi atau Sore Hari

Seperti ungkapan kami di atas, kamu sangat bisa menikmati indahnya matahari pagi, dan menikmati wisata alam Jogja pagi hari termasuk di Indrayanti ini menunggu matahari terbit.

Namun di sisi lain, sore hari, Indrayanti juga tidak kalah cantik. Kalau kamu sebelumnya sudah banyak ke tempat wisata di Jogja saat pagi hari, datang di sore hari menunggu momen mentari terbenam pun tidak ada masalah.

Hanya saja, kamu akan lebih senang dan legah kalau pagi sudah sampai di sini.

2. Bawa Keluarga Tercinta

Bagaimana bisa asyik, ke pantai tanpa ditemani dengan keluarga? 

Meski kamu habis diputusin pacar, dan tidak bisa datang dengan pacarmu karena udah diputus, jangan khawatir, ajak saja keluarga terdekat atau sahabat, hempaskan sejenak kekesalanmu di pantai ini.

3. Ada Uang Kurang Lebih 250.000

Tips berikutnya, jangan lupa bawa uang saku untuk penyewaan alat bermain. Di mana kamu datang ke pantai ini supaya bisa terlepas sejenak dengan aktivitas yang melelahkan biasanya.

Bawa uang berkisar 250.000, untuk apa saja? Kamu bisa baca pada penjelasan artikel selanjutnya ya.

4. Jangan Lupa Bawa Kamera

Datang ke pantai ini, so pasti yang diburu anak muda adalah berfoto ria. Momen berharga jangan lupa untuk disimpan, dan dibuat kenang-kenangan ya guys.

Bawa kamera apapun yang terbaik, yang kamu punya. Pakai kamera digital, ataupun kamera Hp pun tidak malasah.

Sekarang ini ada banyak sekali kamera hp yang sudah canggih, jadi bawa hp saja sudah cukup, tanpa ribet bawa kamera yang ukurannya lebih besar dari hp.

5. Bawa Pakaian Ganti

Tips terakhir, tentu saja jangan lupa bawa pakaian ganti ya guys. Bermain air di pantai, akan lebih seru kalau sambil basah-basahan.

Apalagi kalau kamu sampai menyewa jetsky, pasti lebih mantap, meski harus merogoh saku yang lebih dalam, ups.

Bermain wahana air jetsky, pakai juga pelampungnya ya, biar lebih aman.

Kalau sudah basah kuyup, dan merasa senang serta puas bermain air. Segera ganti bajumu dengan yang kering, agar kesehatanmu tetap terjaga.

Bagaimana guys? 5 tips di atas, tentu saja sangat perlu diperhatikan, agar kamu lebih nyaman saat berlibur ke pantai Indrayanti.

Fasilitas dan Harga Tiket Pantai Indrayanti

Sebuah tempat wisata yang asyik, pastinya memiliki fasilitas lengkap dan nyaman untuk berlibur. Lalu bagaimana dengan Indrayanti? Berapa harga tiketnya?

Kamu nggak perlu khawatir, pantai ini pastinya memiliki fasilitas yang layak dan lengkap banget.

Mau makan? Di area wisata, sudah banyak yang jualan. Meski terkesan masih alami, di mana pepohonan yang rindang sangat mudah ditemukan, tapi kalau soal fasilitas, bagus kok.

Kamar Mandi? Ada dong, bahkan sangat dekat dengan pantainya.

Fasilitas lainnya, kamu bisa menikmati indahnya pantai Indrayanti dari Gazebo, sebagai tempat bersantai dengan teman-teman rombongan saat datang ke pantai ini.

Selain Gazebo, ada beberapa alat yang bisa disewa, contohnya jetsky dengan harga 20.000 hingga 250 ribuan untuk menyewanya. Serta masih banyak lagi alat yang bisa kamu sewa.

View yang paling menarik atau spot foto yang telah disediakan adalah di bagian bukitnya.

Kalau kamu sempat mampir ke sana, jangan lupa ke bukit, sumpah bagus banget viewnya. Selain pemandangan berlatar pantai, keindahan pantai yang terlihat dari atas bukit, membuat hati jadi semakin leleh.

Apalagi, di atas bukit itu juga difasilitasi dengan ayunan yang bisa dipakai para pemuda untuk bergaya saat diambil gambarnya.

Dengan berbagai fasilitas yang diberikan, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 untuk tiket masuknya.

Sedangkan untuk parkir, kalau bawa motor, akan dikenakan biaya parkir sebesar 4000, mobil 15.000.

Murah kan? Tentu saja. Apalagi pantai di sana ada banyak, jika sudah capai jalan-jalan ke Indrayanti, ganti ke pantai sebelahnya.

Lokasi dan Rute Pantai Indrayanti

Berbicara soal lokasi, kamu sudah tahu nggak nih, pantai Indrayanti berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, serta wilayah Gunung Kidul dan sangat dekat dengan deretan pantai-pantai lain yang bisa kamu kunjungi.

Sekali dayung, dua pulau langsung terlampaui, kayaknya menjadi istilah yang sangat cocok bagi kamu yang ingin datang ke wilayah ini.

Jangan takut nyasar, saran kami, kamu bisa sewa tourguide yang sudah tahu lokasi pantai ini. Karena selama perjalanan, ada beberapa cabang jalan yang harus kamu pilih.

Meski sudah ada petunjuk arah, namun jika dilihat sekilas, tulisan tersebut terkesan terselip.

Indrayanti sebagai pantai yang paling bersih dan eksotis untuk dinikmati anak muda, pantai ini berjajar dengan pantai lainnya. Di antaranya Pantai Ngadong, Omandeng, Sadranan, Sundak.

Lalu bagaimana dengan rute dari arah jalan raya? Kalau pertanyaanmu itu, kamu butuh sekitar 66 km, dari pusat Kota Yogyakarta, nggak terlalu jauh kan? Kalau kamu memang berasal dari luar kota Jogja.

Kesimpulannya, ternyata Indrayanti adalah salah satu tempat wisata alam Jogja di saat pagi hari ataupun sore. Dengan wahana air seru dan bisa kamu pilih sesuai dengan hobimu, baik berperan sebagai fotografer, model, ataupun bermain dengan air lautnya langsung.

Tidak hanya itu, penikmat mentari terbit atau yang hobi menunggu senja pun bisa termanjakan di Indrayanti, wisata alam Jogja pagi hari yang menyenangkan. So, tempat ini wajib kamu datangi kalau sedang berkunjung ke Jogja ya!








Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Pantai Indrayanti, Tempat Wisata Alam Jogja Pagi Hari Jadi Ampiran Wajib Nggak Nih?"