Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Simple Tradisional Bonggolan Khas Gresik, Ala Yu Mas, Mau Pesan?

 


Sobat Alfattah - Masakan simple bisa kamu buat dengan cara yang tidak biasa namun kualitas masakan tetap terjaga. Banyak sekali masakan tradisional, namun dalam pengolahannya lumayan ribet. Tapi tidak dengan bonggolan, yang sebenarnya simple namun rasa khasnya sangat terjaga.

Nah sobat Alfattah, kali ini kamu akan menyajikan salah satu resep yang diberikan orangtua kita pada generasi yang lebih muda. Resep itu, Bagaimana cara membuat bonggolan yang praktis namun rasa tidak boleh sampai kurang maksimal, yuk ikutin cara bikin bonggolan sampai akhir.

Resep Masakan Simple Bonggolan Pindang Khas Gresik

Siapa yang tidak mengenal bonggolan, salah satu makanan yang terbilang ringan namun cara pembuatannya simple. Sebenarnya, nggak simpel-simpel amat sih, tapi resep dari Yu Mas ini terbilang simpel.

Nah, kali ini saya akan mengulas tentang resep masakan bonggolan itu, yuk ikuti. Ini dia bahan bumbu dan juga uletannya:

Bumbu:

1.      Bawang putih 10

2.      Ikan Pindang

3.      Air Secukupnya

Tiga bahan dasar ini, adalah untuk bumbu dasar yang akan membuat bonggolan Terasa khas. Hal ini karena ada aroma yang kuat, baik dari bawang putih yang lumayan banyak, dan juga ikan pindang yang sangat kuat rasa serta baunya.

Bahan Ulenan:

1.      Tepung Tapioka 1 kg

2.      Tepung Terigu ¼ kg

3.      Garam secukupnya

4.      Air Panas Secukupnya

Bahan di atas sangat sedBahan di atas sangat sedBahan di atas sangat sederhana dan mudah untuk ditemukan. Bahkan tanpa harus mencari bahan di toko khusus pun akan kamu temukan bukan?

Inilah Cara Memsak Masakan Simple Bonggolan

Setelah kita mengetahui bumbu dasar dan juga bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat bonggolan, langsung saja masuk pada teknik memasaknya. Biasanya, Yu Mas akan menyediakan bahan dasar bumbu dalam jumlah yang tidak perlu banyak sih, 1 keranjang pindang, sudah cukup.

Nah Bagaimana cara memasaknya? Ini dia kawan Alfattah:

Pertama, silahkan tiriskan kecil-kecil terlebih dahulu pindang yang telah kamu beli. Lalu, masak hingga mendidih, agar pindang bisa lebih beraroma dan rasa pindangnya pun bisa menyebar ke ulenan nantinya.

Setelah kamu masak dengan air, jangan lupa pula menyiapkan air panas yang cukup untuk mencampurkan pindang dengan bahan lainnya, dijadikan satu dengan tepung tapioka.

Namun sebelum itu, jangan lupa untuk menghaluskan bawang putih yang telah kamu sediakan ya, karena nantinya bawang putih juga akan dicampur.

Setelah semuanya dicampur jadi satu, jangan lupa untuk mengulennya hingga kalis. Adonannya kayak membuat pentol aci guys. Kalau sudah dibikin adonan, tinggal bentuk aja, panjang-panjang. Bisa pakai daun pisang untuk membungkus, akan tampak lebih sedap. Sekarang tinggal dikukus hingga matang, dan kini sudah siap untuk disajikan.

Cara dan bahan tentunya sangat simple dan sangat mudah untuk diaplikasikan. Kalau ditanya rasa, silahkan coba sendiri ya guys, makanan khas Gresik ini dulu sempat saya ulas juga di blog ini.

Kamu penasaran? Silahkan klik di sini ya! Beneran simple kan ya, resep bonggolannya.

Mengapa Memilih Makanan Simple Bonggolan?

Sebenarnya memang ada banyak sekali makanan khas yang bisa diulas. Namun untuk resep simpel ala Yu Mas, saya rasa Bonggolan sih yang cocok. Apalagi, terkait rasa, wah, sedap bener oy.

Tidak hanya itu sih, bonggolan ini termasuk primadona di Gresik ataupun untuk orang-orang yang pernah merasakannya.

Pasalnya, makanan ini merupakan camilan ringan yang bisa dimakan kapan saja. Serta sangat cocok dikonsumsi pada saat musim dingin seperti ini guys.

Kalau tidak mau buat, atau menurut kalian bingung caranya, bisa beli kok. Banyak sekarang yang menjualnya secara online.

Namun menurut saya sih, masih tetap enak dan ramah kantong buat sendiri di rumah. Selain hemat, kamu bisa membuat masakan seru bareng anak-anak di rumah ya Bun!

Bagaimana? Apa tidak mau masak asyik nih? Selain bonggolan, kamu juga bisa masak resep lainnya.

Kalau kamu ingin referensi memasak asyik dan simple, bisa dicari di resep masakan simple. Banyak sekali resep-resep kece badai yang bisa kamu dapatkan guys, semoga bermanfaat ya tulisan ini bun.

Itu dia guys informasi yang bisa kamu peroleh, semoga bermanfaat, dan yuk baca artikel lainnya.

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Resep Masakan Simple Tradisional Bonggolan Khas Gresik, Ala Yu Mas, Mau Pesan?"