Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Memilih Lemari Plastik yang Bagus dan Perawatannya Agar Tetap Awet

Lemari plastik kini sudah mulai digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Ditambah dengan semakin banyaknya desain, motif serta ukuran yang bervariatif, membuat sebagian orang berlomba untuk bisa mendapatkan lemari plastik yang bagus.

Perabot yang biasa digunakan sebagai ruang penyimpanan agar rumah tampak lebih ringkas dan rapih ini, bahkan sampai ada yang menjadikannya sebagai dekorasi rumah. Jadi, tak heran jika peminat lemari berbahan dasar plastik ini kian populer. 

Lemari plastik ini bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk Anda yang tidak terlalu suka ribet. Desainnya yang simple, tahan lama dan mudah dibawa karena bahannya ringan merupakan kelebihan dari perabot plastik ini. Selain itu, harganya yang ekonomis juga membuat semakin menarik untuk dipilih.

Tips Memilih Lemari Plastik yang Bagus

Memilih lemari yang bagus, tentu ada cara dan kriteria yang harus Anda lakukan, di antaranya:

1. Kualitas bahan plastik yang digunakan, kuat dan awet

2. Ramah lingkungan

3. dicari, sehingga tidak menyulitkan Anda sebagai pembeli

4. Gambar atau desain lemari, simpel tetapi menarik, atau boleh desain yang lain sesuai selera

5. Pilih motif terbaik, agar nyaman saat diletakkan di kamar

6. Pilih harga yang terjangkau, namun kualitas tetap harus Anda maksimalkan

Setelah kita mengetahui beberapa tips memilih lemari plastik yang bagus, saya juga punya rekomendasi tempat membeli lemari yang bagus nih.

Anda bisa membelinya di ceklist.id ges, ada banyak pilihan warna dan motif, tinggal klik link di atas ya.

Tips Perawatan Lemari Plastik

Sama halnya seperti perabot rumah yang lain, semua barang pasti ada usianya sekalipun berbahan dasar plastik. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah perawatan berkala agar lemari plastik yang Anda miliki bisa tahan lama dan tetap awet. 

Berikut kami sampaikan beberapa tips perawatan lemari plastik yang bisa Anda coba. Yuk, simak penjelasannya!

1. Letakkan lemari ditempat yang tidak lembab

Jangan letakkan lemari di tempat yang lembab atau bahkan menempel pada dinding yang lembab. Hal ini akan menyebabkan lemari lebih cepat ditumbuhi oleh jamur. Menyebabkan ketahanan lemari plastik menjadi menurun dan lebih cepat rusak.

2. Beri jarak antara lemari dan dinding

Dinding merupakan media yang rentan menyalurkan kelembaban. Maka, jika ingin lemari Anda tetap awet, beri jarak kisaran 1-2cm antara lemari dan dinding. Sehingga posisi lemari tidak benar-benar menempel dan rongga lemari bagian belakang masih bisa terkena udara.

3. Beri jarak antara lemari dengan lantai

Sama seperti poin 2. Selain dinding, beri jarak juga antara lemari dengan lantai. Anda bisa gunakan papan kayu, roda, atau kaki buatan sebagai penopang lemari plastik Anda. Secara fungsi masih sama yaitu agar rongga lemari bagian bawah bisa terkena udara.

4. Gunakan bahan pencegah jamur 

Meskipun berbahan dasar plastik, jamur juga bisa saja bertumbuh disitu. Gunakan kapur barus, kamper, atau wangi-wangian untuk menangkal tumbuhnya jamur atau semacam organisme yang lain.

5. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik

Sirkulasi udara sangat menentukan tingkat kelembaban suatu ruangan. Apabila sirkulasi udara di ruangan tersebut baik, secara otomatis seluruh benda yang ada didalamnya juga mendapat udara yang baik pula. Tidak hanya manusia, benda juga butuh udara yang cukup demi mempertahakan keawetannya.

Itulah 5 tips perawatan lemari plastik yang patut Anda coba. Untuk Anda yang masih ragu dalam memilih jenis lemari untuk rumah Anda, bisa Anda sesuaikan kembali dengan kebutuhannya. Jika Anda tinggal di daerah yang rawan banjir, lemari plastik adalah pilihan yang cocok.

Lemari plastik, biasa digunakan untuk menyimpan pakaian dan asesoris lainnya akan sangat bermanfaat sekali ketika banjir melanda. Karena plastik dapat menahan air masuk dan tidak akan rusak jika tergenang didalam air dalam waktu berjam-jam.

Cara Membersihkan Jamur Pada Lemari

Apabila Anda sudah mengaplikasikan tips perawatan seperti yang sudah tertulis diatas namun ternyata jamur masih tetap saja tumbuh, Anda tidak perlu khawatir. Sangat dianjurkan pula untuk melakukan perawatan langsung pada lemari plastik tersebut.

Jika jamur sudah terlanjur tumbuh pada lemari plastik Anda, ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan jamur tersebut. Begini caranya :

1. Kosongkan lemari.
2. Lap lemari menggunakan lap basah berupa kain, kanebo atau microfiber secara menyeluruh.
3. Lap kering lemari secara menyeluruh 
4. Angin-anginkan dalam beberapa waktu
5. Lemari sudah siap digunakan kembali

Memang gampang-gampang susah untuk menemukan lemari plastik yang bagus. Apalagi dengan kualitas tinggi namun tetap ekonomis. Sebelum membeli, ada baiknya pahami dulu jenis plastik yang digunakan pada jenis lemari plastik. Jika sudah, baru bandingkan beberapa merk lemari dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kocek Anda.

Perawatan dan pencegahan adalah kunci utama panjangnya usia suatu barang. Hal ini berlaku juga pada lemari plastik. Terlihat sepele, namun perabot tersebut sangat membantu sekali dalam proses penyimpanan barang, pakaian atau apapun yang kita punya.

Sekian sekilas informasi perihal perawatan lemari plastik yang dapat kami sampaikan pada artikel ini. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba!


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk " 6 Tips Memilih Lemari Plastik yang Bagus dan Perawatannya Agar Tetap Awet"