Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Kehamilan Sehat dengan Senam Hamil Trimester Ketiga

 

Tips hamil sehat
Tips Hamil Sehat

Sobat Alfattah, apakah lagi hamil? Atau sedang menemani seorang istri yang lagi hamil? Kalau jawabannya benar, artikel ini sangat kami rekomendasikan untuk dibaca ya Moms. Seorang calon bunda harusnya bahagia dan punya pengetahuan yang cukup tentang kehamilan.

Tips hamil sehat pun akan kami sajikan untuk Moms yang sedang mengandung si dedek di perut, agar kehadiran dedek bisa sehat dan sesuai dengan kondisi yang diharapkan para orangtua dan semua yang sedang menantikannya.

Oh iya Moms, jangan khawatir, kami juga akan memberikan informasi yang bisa mendukung Kesehatan si dedek, ada rekomendasi klinik yang bagus dan pasti Moms suka, yuk baca deh artikel ini!

Tips Kehamilan Sehat dengan Senam Hamil Agar si Kecil Lahir Selamat

Moms, kebetulan nih pas nulis konten ini aku habis lahiran loh, tepatnya kemarin tanggal 19 Juni 2022, jadi si dedek Alhamdulillah lahir selamat dan tanpa kekurangan apapun, yang sekarang masih usia satu mingguan loh, lah iya aku melahirkan pada hari Minggu kemarin lalu, nulisnya sekarang juga hari Minggu.

Ups curhat nih, baik aku kasih beberapa tips senam hamil di semester ketiga ya, supaya si dedek bisa keluar dengan lancar, ini dia:

1. Jangan Senam Hamil di Saat Kandungan Masih Rentan

Aku beri tips saat hamil, jangan sekali-kali melakukan senam hamil saat kandungan masih rentan. Umumnya kandungan yang masih lemah dan gampang mengalami masalah entah gugur atau apapun, ia berada di usia 1 sampai 5 bulanan, namun jika sudah masuk tri semester ke tiga, kandungan cenderung aman.

Meskipun ada kalanya, janin sudah kuat di usia kandungan masih minim, tetapi gerakan senam hamil akan memberikan efek tidak nyaman pada janin.

2. Tips Saat Hamil Konsumsi Makanan yang Bergizi Cukup atau Lebih

 Bukan hanya tentang senam saja yang bisa memberikan kebaikan pada kondisi ibu hamil dan juga janinnya. Tetapi, perlu juga diimbangi dengan makanan yang bergizi cukup. Edukasi seperti ini sangat diperlukan, supaya seorang calon Moms bisa menjaga kandungannya dengan baik dan maksimal.

Oh iya, makanan yang bergizi cukup ini, berarti makan makanan yang juga mengandung vitamin B, C dan kandungan lainnya yang bagus buat pertumbuhan si kecil. Jangan hanya konsumsi makanan yang berkarbohidrat saja.

3. Lakukan Senam Hamil Saat Usia di atas 6 Bulan

Saat usia kandungan di atas 6 bulan, selain organ tubuh sudah terbentuk dengan maksimal, kekuatan janin yang berada di dalam rahim, sudah terbilang kuat dan tidak akan ada kendala saat melakukan gerakan senam, malah bagus buat si ibu untuk belajar mengatur napas saat sedang melahirkan.

4. Senam Hamil Sebaiknya dilakukan Bersama

Program hamil, ada baiknya dilakukan oleh Moms secara bareng-bareng ya, biar bisa menambah semangat senam. Soalnya nih yang aku rasakan, kadang ada perasaan males senam ges, tentu sangat perlu dukungan orang terdekat, kalau tidak ada ya lebih baik cari teman yang juga lagi hamil.

Biasanya akan lebih mudah jika kita datang ke klinik dan melakukan program hamil, akan banyak menemukan para calon bunda juga ikut program hamil dan senam bareng.

5. Selalu Waspadai Posisi Janin Saat Sedang Senam

Kalau Moms sudah yakin, kandungan kini sudah masuk trimester ketiga, jangan lupa pantau terus posisi janin ya Moms. Ini pengalaman aku banget, saat hamil kemarin, mengandung anak kedua. Di mana posisi janin di usia 7 bulan, masih dalam kondisi sungsang.

Kondisi sungsang ataupun sudah di bawah, atau bahkan mapan, dalam istilah medisnya sudah masuk panggul, ia akan dianjurkan dengan gerakan senam yang berbeda-beda guys. Jangan asal cari tutorial senam sembarangan di google atau youtube ya, kamu perlu buat melihat kondisi janinnya terlebih dahulu.

Tentu saja pasti butuh USG dong, hehe. Yaps, aku kemarin sebenarnya tidak terlalu mikir USG, eh ternyata penting banget, jadi Alhamdulillah masih sempat USG meskipun hanya satu kali saja.

6. Cara Senam Hamil yang Tepat

Cara senam hamil yang tepat yang pertama tentu tahu kondisi janin dan posisinya, jika sudah, Moms tinggal memilih senam yang cocok. Ya meskipun aku senam di rumah sendiri, dan berusaha cari senam yang pas, di mana janin masih sungsang, tentu tidak sembarangan ya mencari gerakan senamnya.

Kalau masih sungsang, bisa dengan senam yang bisa memancing janin buat muter ke bawah kepalanya. Untung, aku tiap bulan sudah pasti rutin kontrol ke bidan atau puskesmas, jadi tahu posisi janin tiap bulannya.

Setelah itu, kalau sudah berhasil muter, tetapi belum masuk panggul, kamu juga harus cari senam yang bisa memasukkan kepala janin ke panggul. Lakukan rutin setiap hari, supaya janinnya cepat mapan dan tidak bisa muter ke atas lagi, lalu kontrol di bulan depannya ya Moms.

Sudah masuk panggul? Harusnya segera Moms, soalnya sudah persiapan mau melahirkan, dan misalnya sudah, tinggal berusaha senam agar si dedek cepat lahir dan lahir di waktu yang tepat, antara 37 sampai 38 minggu, jika belum, tunggu samapai usia 40 minggu, jika belum lahir juga, segera ke doctor kandungan dan dengarkan arahannya, agar si dedek tidak kenapa-napa.

Kehamilan Sehat Dapat Mencegah Stunting

Hamil yang sehat, menjadi PR seorang calon ibu yang patut untuk diperhatikan. Sebagai calon ibu, janin dalam kondisi baik dan sehat menjadi sangat prioritas.

Salah satu cara agar si dedek bayi dalam perut bisa terawat dan pertumbuhannya sangat baik, atau minimal tumbuhnya sesuai dengan usia kandungan, adalah dengan mengkonsumsi makanan atau nutrisi yang cukup dan kehamilannya harus sehat.

Dalam pertemuan webinar dengan beberapa ahli kehamilan, juga mengungkapkan bahwa kehamilan yang sehat, bisa mencegah stunting. Apa sih itu stunting?

Kondisi anak yang tingginya, serta kapasitas berpikirnya kurang jika saat dilihat dengan perkembangan si kecil yang sesungguhnya. Sehingga, untuk mencegah hal ini, yang sangat perlu dipantau adalah tinggi, berat, dan tentunya perkembangan otaknya.

Ada istilah yang bisa memudahkan para ibu, mengetahui apa itu Stunting, yups stunting ini punya nama lain, kerdil.

Jika sudah beneran, moms mau punya anak, bahkan Dokter yang mengajak diskusi di webinar kali ini mengatakan bahwa agar terhindar dari stunting, seorang calon ibu sudah seharusnya memikirkan tentang kehamilan sejak ia belum mendapatkan calon janin di dalam perut, dengan kata lain harus memikirkan rencana sebelum kehamilan.

Bahkan ketika belum beneran hamil, seorang ibu disarankan konsumsi asam folat dan zat besi yang cukup, apalagi di saat Moms hamil, ya kan?

Adapun beberapa fase atau tahap yang bisa mendapatkan bayi lahir normal, atau tidak menderita kecacatan, antara lain, ibu dan calon bayi menerima asupan nutrisi yang cukup.

Serta mengontrol kondisi janin di perut dengan melakukan serangkaian prosedur perawatan, semisal USG. dr. Eko Setiawan, Sp. OG yang menjadi spesialis kandungan mengatakan bahwa USG ini sebagai bukti nyata bahwa si kecil memang mengalami pertumbuhan yang normal, dan tidak sampai memiliki janin dengan kondisi tumbuh yang kurang optimal.

Pemeriksaan berulang dengan menggunakan USG, bisa memantau keadaan janin apakah pas dengan pertumbuhannya.

Selain USG, mengkonsumsi nutrisi atau zat yang dibutuhkan janin, harus dilakukan dengan maksimal, kalau perlu, melakukan program hamil.

PT Kehamilan Sehat Sejahtera, Siap Mendampingi Bunda

Program hamil, sangat dianjurkan oleh semua petugas medis, baik itu Moms memrogram sendiri di rumah atau langsung datang ke tempat yang bisa dijadikan tempat program, seperti klinik, puskesmas atau rumah sakit.

Salah satu klinik yang ya ku ku llllbisa kamu jadikan tempat program adalah Klinik Kehamilan Sehat, ia dinaungi oleh PT Kehamilan Sehat Sejahtera yang sekarang ini sudah tersebar di 15 cabang, di seluruh Nusantara. Siapa pemiliknya? Agus Jatmika Soegiarto.

Ia mengatakan bahwa antara edukasi dan bisnis harus jalan, bisa membuka cabang banyak dan menolong orang banyak, karena ada kendaraan bisnis. Sedangkan semakin banyak cabang, edukasi ke masyarakat tentang kehamilan sehat pun bisa tercapai dengan mudah.

Klinik ini sangat membuka kesempatan bagi calon Moms yang ingin melakukan senam hamil, hanya dengan tarif yang sangat murah, dalam setiap sesinya dikenakan harga 10 ribu saja, Iya kah? Benar Moms.

Beberapa cabang yang aku tahu di antaranya ada di Jakarta, Tanggerang, Bekasi, Surabaya, Palembang, dan juga Bandung, kalau mau mencari kontaknya, bisa Klik PT. Kehamilan Sehat Sejahtera, atau klik linktr.ee/kehamilansehat, IG @kehamilansehat.`


 


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Tips Kehamilan Sehat dengan Senam Hamil Trimester Ketiga"