Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM, Modal Bukan Penghalang!

 

BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM
BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM

Sobat Alfattah, kabar baik dari dunia keuangan nih. Banyak sekali bermunculan tempat peminjaman dana untuk modal usaha UMKM kita, kabar baik itu salah satunya adalah dari PT BPR Mitra Parahyangan. Katanya mereka siap untuk membantu meminjamkan dana modal untuk para UMKM dengan dana pinjaman yang lumayan loh, berapa? Yuk ikuti hasil liputan kami.

Sebenarnya ini bukan hanya perihal liputan sih, tetapi saya yang juga ikut masuk zoom saat meeting yang diadakan oleh Tim Indscript, info pendampingan BPR Mitra Parahyangan tersebut, juga sangat banget antusias dalam belajar tentang keuangan. Ya, meski belum punya usaha UMKM seperti teman-teman yang lain.

Usaha saya sih masih kecil-kecilan atau mencoba belajar usaha, menjadi jasa penulis artikel, lebih tepatnya agency. Mengikuti zoom tersebut, saya jadi tahu, bahwa menjadi bagian dari para usaha, harus berani mengeluarkan modal, dan pintar-pintar kita mengelola keuangan sejak dari modal tersebut.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan mengulas pentingnya pendampingan keuangan modal, dan dalam pertemuan kali ini langsung dibimbing oleh ahlinya yaitu petinggi dari PT BPR Mitra Parahyangan.

Pengenalan Tentang Bank Perkreditan Rakyat, Serta Produknya

Bank perkreditan rakyat adalah suatu lembaga keuangan bank, ia melakukan kegiatan usahanya secara konvensional atau juga bisa berdasarkan prinsip syariah, dan dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalulintas pembayaran.

Bank perkreditan rakyat yang biasa disebut dengan BPR ini bisa menjadi solusi pinjaman praktis UMKM yang punya terkendala dana dalam menjalankan bisnisnya. Selain menjadi solusi, BPR ini juga banyak banget memberikan bala bantuan seperti pendampingan mengelola keuangan bisnis.

BPR ini juga sangat banyak sekali ya nama-nama atau cabangnya, kalau BPR, ini bank perkreditan rakyat secara umum, nah bawahannya atau PT yang menaungi itu bisa dari berbagai daerah, salah satunya BPR Mitra Parahyangan yang fokus mengurus para pengusaha atau UMKM di daerah Bandung.

Untuk Mitra Parahyangan, nanti akan saya jelaskan secara detail di bawah ya, kita mau mempelajari tujuan dan tugas BPR terlebih dahulu.

Apa sih tujuan bank perkreditan rakyat ada di sekitar kita? Tentunya untuk menghimpun atau mengumpulkan keuangan rakyat yang mau menabung, dan menyebarkannya kembali kepada rakyat dengan tujuan utama mendorong serta memberikan semangat dalam mengelola keuangan usaha.

Selain tujuan, ada tugas tersendiri, tugas Bank Perkreditan Rakyat adalah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berjangka, tabungan atau bentuk yang lain. 

Memberikan pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan, menyediakan pembiayaan untuk nasabah berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai ketentuan yang berlaku oleh pemerintah, dan yang terakhir, juga menempatkan dana dalam bentuk deposito yang berjangka, sertifikat deposito, atau jenis tabungan yang lain.

Produk mereka apa saja sih? Produk dari Bank Perkreditan Rakyat, antara lain tabungan, deposito, dan juga kredit. Dari ketiga jenis produk tersebut, memang terkesan sedikit ya produknya? Karena memang BPR ini adalah bank khusus untuk mengembangkan usaha serta beberapa produk khusus dari Mitra Parahyangan dan BPR lainnya, dan tidak seperti bank biasanya.

BPR dilarang untuk untuk menerbitkan produk simpanan giro, transaksi valas, dan produk perasuransian. Sehingga bank ini harus selaras dengan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah dengan menyasar kemajuan perekonomian rakyat.

BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM, Apa Produk dan Berapa Jumlah Pinjaman?

PT BPR Mitra Parahyangan
PT BPR Mitra Parahyangan

Bank perkreditan rakyat tentu saja menjadi solusi cara cepat dapat pinjaman usaha berupa dana keuangan atau modal yang harus dikelola dengan bijak oleh si pemilik usaha tersebut. Dalam perbincangan yang diadakan oleh Tim Indscript pada zoom kemarin, 15 Juni 2022, kami dibuat salut dan semangat saat membicarakan butuhnya pendampingan usaha UMKM dalam mengelola dana modal usaha.

Tim Indscript bersama BPR Mitra Parahyangan mengedukasi para pelaku UMKM yang tergabung dalam pertemuan zoom tersebut, termasuk saya dong, hehe. Namun sebelum kita mengajak Sobat Alfattah membeberkan informasi bala bantuan BPR Mitra Parahyangan dalam menggelontorkan dana untuk UMKM di daerah Bandung dan sekitarnya, alangkah baiknya kita kenal siapa itu BPR Mitra Parahyangan.

Kita sudah mengetahui pengertian bank perkreditan rakyat pada sub bab sebelumnya, tentu saja BPR Mitra Parahyangan juga menjadi salah satu anggota BPR pada umumnya. Hanya saja BPR yang satu ini memiliki sejarah atau historis perjalanan yang berbeda dengan BPR lainnya, dan punya kelebihan tertentu, apa sajakah itu? Yuk ikuti!

PT BPR Mitra Parahyangan awal mulanya berdiri sejak tahun 1991 yang lalu dengan nama yang berbeda, namun dalam kurun beberapa tahun, PT ini diakui sisi oleh kepemilikan baru sejak tahun 2013, dengan nama pemilik Bu Nani, dan Pak Toni Muliadi yang kini menjabat sebagai Direktur Utama. Dengan visi dan misi, Visinya adalah menjadi BPR yang besar dan kuat sebagai mitra pembangunan masyarakat Jawa Barat.

Sedangkan Misinya, menjalankan operasional perbankan dengan berpedoman kepada tata kelola bank yang baik dan prinsip kehati-hatian. Juga mensejahterakan taraf perekonomian para Stakeholder. Wah luar biasa bukan?

Produk dari Bank Perkreditan Rakyat Mitra Parahyangan
Produk dari Bank Perkreditan Rakyat Mitra Parahyangan

Keperdulian BPR Mitra Parahyangan dibuktikan dengan banyaknya produk dari Bank Perkreditan Rakyat yang satu ini, apa saja? Di antaranya Tabungan Mitra, Tabungan Parahyangan, Deposito Berjangka, Kredit Modal Kerja dan Investasi, Kredit Serbaguna, Kredit Kepemilikan Rumah, Kredit kendaraan Bermotor, Kredit Pembiayaan Haji, dan Kredit Konsumtif Karyawan.

Selain dititik fokuskan pada produk di atas, BPR Mitra Parahyangan sangat siap melakukan pendampingan usaha UMKM yang sangat membutuhkan kucuran dana modal, tentunya dengan beberapa peraturan yang berlaku. 

Untuk mengetahui ketentuan dan syarat yang berlaku, silahkan baca web resminya, karena ada aturan khusus bagi setiap peminjam dengan dana modal yang berbeda jumlahnya. Pada umumnya, BPR Mitra Parahyangan bantu UMKM dengan akan memberikan dana pinjaman sebesar 50 juta, namun jika membutuhkan dana yang lebih besar, dengan batas maksimal 300 juta, akan ada aturan khusus.

Dari sini, kita jadi tahu ternyata BPR Mitra Parahyangan memang menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan modal yang lumayan dan bisa meminjam dengan cepat, tentu lebih diarahkan untuk siap menerima pendampingan usaha UMKM, agar tidak sampai menyalahgunakan uang pinjaman modal.

Bahkan BPR yang satu ini siap memberikan hadiah kepada masyarakat yang bersedia menerima pendampingan, kurang apa coba?

Sekian perbincangan saya dengan Sobat Alfattah, banyak sekali Produk dari Bank Perkreditan Rakyat Mitra Parahyangan bukan? Kita bisa menggunakannya untuk apa saja sesuai dengan produk yang ada, bahkan untuk membantu bisnis Anda yang lagi macet keuangan, juga dibantu dengan pendampingan langsung oleh BPR ini, semoga bermanfaat ya!





Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM, Modal Bukan Penghalang!"