Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ajari Anak Belajar Menggambar, Membuka Bakat yang Terpendam

Belajar menggambar bentuk


Sobat Alfattah – Sebagai orangtua, anak adalah satu-satunya harapan kita agar kelak bisa menjadi tumpuan. Namun, jika Anda tidak berpikiran, mengenai anak adalah tumpuan, masih ada satu kewajiban yang tetap harus Anda laksnakan. Yaitu, menjaga dengan segenap jiwa, titipan Tuhan tersebut.

Melatihnya mengenali skil, salah satu cara kita merawatnya dengan baik. Dengan bekal mengenali, lalu melatih skil itu, kelak ketika ia dewasa, akan membuat anak-anak menjadi lebih mandiri.

Belajar menggambar yang Anda ajarkan, merupakan bukti Anda mencoba menggali skilnya. Yuk, ketahui, cara belajar menggambar dan segala maca jenis menggambar yang baik.

Belajar Menggambar Untuk Anak-Anak

Bakat menggambar, bisa Anda gali sejak anak-anak masih kecil banget. Jangan sia-siakan juga, ketika anak itu masih dalam waktu usia emas. Usia emas, kisaran ia baru bertumbuh, hingga usia 5 tahun.

Belajar menggambar untuk anak-anak pun punya kategori usia ya, setiap usia yang semakin dewasa, cara mengajarnya juga berbeda. Di bawah ini, akan dijelaskan 2 kategori saja:

1. Belajar menggambar anak PAUD

Coret-coret di Tanah

Sebagai orangtua kandungnya, kita memang dituntut kreatif mengajarkan materi belajar menggambar pada anak PAUD sejak awal. Tidak banyak yang bisa mendengarkan instruksi dari pengajarnya, apalagi dari orangtuanya.

Terkadang, malah jika yang mengajari orangtuanya sendiri, anak-anak tidak mau. Karena ada saja alasan yang disebutkan si kecil. Tetapi kita tidak boleh menyerah kan ya? Apalagi, jika kena Pandemi kayak gini, sudah tentu orangtua sangat terlibat dalam kemajuan belajar anak.

Mengenalkan anak belajar menggambar anak PAUD, masih menjadi PR besar, mau sedasar apa, harus dilihat kemampuan anaknya dahulu.

Jika saya boleh bercerita tentang anak saya, dia ini sekarang masih usia mau 3 tahun, dua tahun jalanlah, mendekati 3. Untuk dasaran seperti garis, sudah menjadi pekerjaannya. Biasanya, dia suka menggambar di pasir dengan kayu, jika menggambar garis, ia akan mengatakan membuat cacing.

Bahkan untuk menggambar ikan, ia memang belum bisa, tetapi sudah mengerti dasarnya. Ia akan membuat bentuk kayak lingkaran, namun di buat oval, sedikit buntut. Ya, paling tidak, sudah menyerupai ikan.

Saya pun berpikiran, jika pada usia sangat kecil seperti ini, sudah kentara si kecil punya bakat terpendam, tugas saya sebagai orangtua, memberikan fasilitas. Dulu, waktu saya kecil, memang akan dibelikan alat seperti spidol, tapi nunggu sayanya merengek dulu. Ha-ha.

2. Belajar menggambar anak TK

Belajar menggambar untuk anak-anak, tidak mudah yak an? Apalagi, kita sudah berusaha merangsangnya dengan memberikan klue ini gambar apa, ada bentuk daun berwarna hijau, dan ada kayu menjulang tinggi. Jika seusia TK dengan klue tersebut, tidak paham-paham, berarti kita harus pertanyakan kembali pada bakatnya.

Bisa jadi, sewaktu kecil masih kurang diberi materi menggambar bentuk. Bisa pula kemungkinan yang lain, misalnya mempunyai orangtua yang kurang memiliki kepekaan mengajari anak-anaknya. Tidak dapat dipungkiri, tentang kepandaian otak juga akan mempengaruhi.

Jangan biarkan anak-anak tidak mendapatkan fasilitas yang maksimal, meskipun kondisi anak tingkat pandainya masih kurang.

Jelas kan ya? Cara menggambar dalam dua kategori anak-anak ini, berbeda banget. Untuk anak TK akan lebih mudah mengerti, karena sudah bisa menggambar dasar. Sedangkan untuk anak paud, masih butuh diajarkan cara garis, dan pengenalan dasar.

Belajar Menggambar Bentuk yang Mudah

Menjadi orangtua, memang tidak disarankan cepat berputus asa, terutama mengenai memberikan materi belajar sejak ia masih usia dini. Namun memberikan materi belajar menggambar, membutuhkan kesabaran yang ekstra. Tidak semua anak suka menggambar, tetapi dengan mengajarinya, akan menumbuhkan si kecil kepekaan tentang hobi dan bakatnya nanti.

Oleh karenanya, belajar menggambar untuk anak-anak, harus tentang menggambar bentuk yang mudah dulu. Misalnya saja, belajar menggambar pemandangan, dan lainnya juga yang lebih mudah.

1. Belajar menggambar pemandangan

Sebelum jauh memberikan materi belajar menggambar untuk anak Tk yang lebih rumit, kita harus mencobanya dengan belajar menggambar pemandangan terlebih dahulu. 

Mengenalkan alam, akan mempermudah ingatan anak-anak tentang bentuk-bentuk yang gampang digores. Yang paling utama, tentunya siapkan fasilitas seperti kertas dan pensilnya ya, biarkan anak-anak berkreasi sesuai imajinasinya dulu.

Arahkan mereka belajar menggambar pemandangan. Masih sajakah terasa sulit? Pemandangan ini, banyak sekali bentuk yang paling dasar, misalnya menggambar gunung, yang hanya perlu dua garis menyerupai segitiga.

Tentu sangat memudahkan anak-anak kan?

Jika menggambar pemandangan untuk anak TK, dirasa sangat mudah, berarti sudah saatnya dia naik kelas menggambar bentuk lain. Misalnya saja belajar menggambar hewan.

2. Belajar menggambar hewan

Yups, kedua, sobat Alfattah bisa mengajari anak Anda menggambar bentuk lainnya. Kali ini, coba berikan materi belajar menggambar hewan, pasti si kecil sangat suka. Anak saya yang usianya masih belum genap 3 tahun saja, lebih suka menggambar hewan.

Langsung serbu kertas putih dan penanya, mulai bentuk hewan yang mudah dulu, seperti menggamar cacing. Kalau terlalu mudah ya, ajak ia menggambar kambing gih, pasti si kecil juga suka.

3. Belajar menggambar rumah

Terakhir, coba anak Anda belajar menggambar rumah, mulai dari garis-garis juga ya, dari rangkaian rumahnya.  Rangkaian pondasi, pondasi genting, lalu mulai yang kecil-kecil, seperti pintu, jendela dan lain-lain. pokoknya belajarnya bertahap.

Pasti dengan memberikan materi belajar menggambar yang mudah, tidak tergesa-gesa, yang suka menggambar pun bisa lebih menghayati, dan tidak membuat si kecil cepat putus asa dalam belajar.

Selain mengajarinya menggambar, penting juga belajar membaca dan literasi yang lainnya. Yuk baca literasi anak sejak dini.

Penutup

Bagian terakhir, tentunya tidak lupa berucap terimakasih kepada sobat Alfattah yang mau membaca cerita saya dan sedikit informasi dari saya.

Semoga materi belajar menggambar kali ini, bisa membuat anak-anak tidak cepat jenuh, dan materinya cocok. Baik belajar menggambar hewan dan lainnya, sampai jumpa pada artikel yang lain.


Posting Komentar untuk " Ajari Anak Belajar Menggambar, Membuka Bakat yang Terpendam"