Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menyapih Anak Beserta Doa Menyapih Anak!

Cara menyapih anak usia 2 tahun


Sobat Alfattah – Sudah saatnya bagi para bunda untuk mengetahui rahasia menyapih anak dengan bahagia. Artikel ini saya buat hanya untuk memberikan informasi kepada para bunda yang penasaran, yang enggak, nengok aja nggak papa. Kalau mau baca, ada informasi tambahan pengalaman menyapih secara alami loh bun, saya dulu tidak pakai dikasih obat dari dokter.

Cara menyapih anak secara alami tentu akan lebih bisa menenangkan para bunda terkait hasil sapihannya. Juga tidak terlalu ribet dengan membeli, karena benda yang digunakan untuk menyapih kebanyakan ada di dapur bun.

Coba Baca, Ini Dia Cara Menyapih Anak Secara Alami

Jika bunda-bunda masih gelisah, mengenai benda apa saja yang bisa digunakan untuk menyapih, langsung tengok saja ke dapur. Serta cari bahan masakan seperti yang akan saya tulis di bawah ini beserta dengan tatacara menggunakannya:

1. Kunir (Kunyit)

Cara menyapih anak, memang sangat banyak. Namun, sebagai orangtua, apalagi seorang ibu, membutuhkan tekad kuat ketika hendak menyapih. Adapun, salah satunya, Anda bisa menggunakan Kunyit, bumbu dapur yang memiliki cirri khas berwarna jingga.

Dengan kunyit, warna Jingga dan rasa, serta bau yang membuat si kecil merasa tidak nyaman, merupakan cara agar si kecil enggan minum ASI lagi. Ketika ada aksi, si kecil rewel, memang tingkah balita saat disapih, rata-rata seperti itu. Jika tidak tega, harus ditega-tegakan.

2. Temulawak 

Cara menyapih anak dari asi yang kedua, Bunda bisa menggunakan temulawak. Ada yang membedakan antara menggunakan Kunyit dengan temulawak, yaitu dari rasa pahit khas temulawak yang akan dirasakan si kecil.

Hanya saja, Anda juga masih beresiko sama, jika terjadi penolakan atau anak rewel, harus bisa antisipasi dengan kegiatan yang bisa menyenangkan si kecil.

3. Minyak Kayu Putih

Menyapih anak, memanglah tidak mudah. Butuh ketelatenan, serta rasa tega terhadap anak untuk bisa melewati fase menyapih. Ini terkait perkembangan anak yang sudah semakin dewasa, di mana anak jika sudah usia 2 tahun, harus benar-benar mulai disapih.

Saya juga, waktu itu menyapih anak pertama, tepat pada ulangtahun si kecil 2 tahun. Sampai saya mengatakan, “Nak, maaf kali ini ibu tidak bisa merayakan ulangtahun dengan cara memberikan hadiah atau kado ulangtahun berupa barang, tetapi kado berupa menyapihmu.”

Bunda bisa menggunakan minyak kayu putih, rasa pedas, dan ada kayak mint-mintnya gitu, membuat si kecil tidak mau minum ASI lagi.

4. Pewarna Makanan

Saya tidak menggunakan cara di atas ya, untuk menyapih anak. Tetapi, saya menggunakan cara menyapih anak agar tidak rewel, dengan memberikan pewarna makanan kepada payudara atau putting, tujuannya, tidak lain agar anak menjadi takut dengan warna yang aneh. Jangan lupa pula, mengatakan kepada anak bahwa susunya lagi sakit.

Jika anak mengerti dan kasihan dengan keadaan kita, tentu saja ia akan menjadi takut untuk minum ASI. Jika tidak takut, si kecil tidak sampai merasa kecewa karena rasa ASInya menjadi tidak enak.

Dulu, saya menggunakan cara ini, saya oleskan setiap habis mandi dan saat jadwal minum. Awalnya, memang tidak tega, tetapi saya juga sambil menyelingi dengan makanan yang ia suka.

5. Dan lain sebagainya

Cara dan lain sebagainya, yang simpel saja, cari sesuatu yang ia suka, alihkan jadwal minum susu dengan makanan yang ia suka, maka akan sedikit berkurang, intensitas minum asinya.

Doa Menyapih Anak Beserta Cara Menyapih Anak dalam Islam

Jarak anak yang ingin dihentikan minum ASInya, adalah 2 tahu, ini waktu yang paling tepat menurut kesehatan dan juga menurut Islam. Istilah menyapih anak pada usia 2 tahun, namanya memberikan asi secara ekslusif, tidak boleh kurang dari 2 tahun, kalau bisa jangan lebih.

Agar si kecil lebih lancar saat disapih, alangkah baiknya kita juga berdoa untuk proses menyapihnya. Hal ini sesuai Cara menyapih anak menurut Islam, memang tidak ada secara gamblang, tetapi usia dua tahun, tentu secara medis akan membuat anak kecukupan gizi dan waktunya untuk melanjutkan konsumsi makanan yang lain.

Bahkan di dalam Islam, terdapat doa menyapih anak yang biasa digunakan untuk orangtuanya. Yaitu, terdapat di dalam surat At-Takwir ayat 20, yang artinya, orang yang memiliki kekuatan dan kedudukan tinggi di sisi Allah adalah makhluk tertinggi.

Disambung juga dengan surat Al-Buruj, dengan arti, Allah selalu mengawasi dan selalu ada di belakang hambanya. Begitu besar rasa dan sulitnya menyapih, hingga orangtua butuh diyakinkan dengan melafalkan doa tersebut.

Cara menyapih anak 2 tahun dari ASI memang sangat tidak mudah. Ada perasaan was-was dan tidak tega, ketika si kecil merengek meminta minum. Tetapi, fase ini harus segera terlampaui, karena katanya, semakin si kecil tidak segera disapih, nanti akan lebih sulit lagi.

Terberat, Cara Menidurkan Anak Setelah disapih

Anda yakin kurang mampu menyapih? Jika masih mencoba menghentikan si kecil minum, karena hendak disapih, masih sangat terasa sulit saat si kecil terbiasa tidur dengan cara memberikan ASI. Kebiasaan ini, jika Anda mengatasinya dengan dot, akan terasa aneh bagi si kecil, karena si kecil tidak pernah minum dot. 

Kecuali, bagi orangtua yang biasa memberikan ASI namun masih dibarengi dengan minum susu formula dari botol dot ya!

ASI sangat bagi kesempurnaan pertumbuhan si kecil, mengenai ASI, mengapa penting memberikan ASI ekslusif, Anda bisa buka link Mengapa ASI penting.

Tetapi tidak bisa dipungkiri, terkadang, ada seseorang dalam keadaan terpaksa menggunakan susu formula sebagai pembantu pertumbuhan si kecil. Jika, sudah usia 2 tahun, malah lebih baik dihentikan meminumkan ASI untuk anaknya.

Kalau tips dari saya saat pengalaman cara menidurkan anak setelah disapih, biarkan saja ia tidak bisa tidur, memang sih tidak tega. Saya berusaha menidurkan dengan didampingi di sampingnya. Tetapi, jika si kecil minta, tetap pakai jurus olesan seperti yang tertera di atas.

Jika si kecil sudah bosan main, dan merasa capek main, biasanya tidur sendiri. Yang sabar ya bun….! Harus kuat tahan kantuk, bagi si ibu, apalagi, jika ia tinggal sendirian, saat suami kerja.

Itulah cara menyapih anak di malam hari saat hendak tidur. Beserta beberapa penjelasan menyapih anak yang lumayan gamblang di atas, jika masih punya pertanyaan, jangan sungkan untuk mengirim komentar di blog saya ya. Semoga, ada manfaatnya nih artikelnya.



Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Post a Comment for "Cara Mudah Menyapih Anak Beserta Doa Menyapih Anak!"