Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat, Kegiatan, dan Cara Menjaga Fokus Kamu? Telisik di Sini!

 Ssobat Alfattah - Duh, hari ini dapat apa sih. Orang nggak boleh jadi pemalas. Orang nggak boleh gampang pindah fokus, kerjaan nggak kelar-kelar. Tahu nggak sih? Kita harus kerja kerja dan kerja.

Baca-baca di 1 Minggu 1 Cerita, gara-gara pas kejadian hari ini gagal fokus, dan nggak sengaja buka grup 1M1C ini, langsung tancap gas deh buat ngisi blog pribadiku tercinta, “alfattahparenting.com” biar nanti bisa fokus, sekalian curhatan ini jadi setoran rutinan saya deh.

Saya tidak berniat menggurui, karena saya pun masih sangat dan harus belajar untuk fokus. Ibarat kayak di seponsor, tidak ada yang mantau kerjaan tidak kelar-kelar. Giliran ditunggu, tuh kerjaan hanya satu jam saja udah selesai. Yap, seperti itulah keadaan kita sebenarnya.

Apa Manfaat Fokus Bagi Kita?




Fokus adalah hal yang sangat baik untuk kehidupan kita. Kegiatan yang remeh-temeh tidak boleh membuat kita menjadi lengah, karena waktu adalah emas. Oleh karena itu, agar kita semakin giat menjani aktivitas, apa saja sih manfaat fokus:

1. Kerjaan utama cepat selesai

2. Bisa bekerja di saat yang genting sekalipun

3. Tidak Membuang Waktu dengan Percuma

4. Ada Bonus Aktivitas Lainnya

5. Bekerja Menjadi Lebih Tenang

Belajar fokus memang tidak mudah. Kalau hanya berupa materi saja sih, ya tinggal ngomong aja ya bun, tapi pas praktek, semua pada melanggar. Seperti saya ini, eh. Nah loh, kita juga sama-sama belajar dan saling mengingatkan.

Kegiatan Apa Saja yang Membutuhkan Kefokusan



Fokus sama dengan konsisten. Apapun yang kita lakukan dengan tetap menjaga performa agar bisa fokus, menghasilkan pekerjaan sehari-hari yang lebih konsisten. Namun, bagi sebagian kalangan, orang masih tidak stabil menjaga tingkat kefokusan. Hal ini kejadian kok sama saya, oleh karena itu, saya mencoba mencari rangkuman kira-kira pekerjaan apa saja yang membutuhkan kefokusan ya:

1. Bekerja Di Perusahaan atau Pabrik

Orang yang bekerja di pabrik atau perusahaan, pasti mendapat pantauan dari atasannya. Jadi jangan macam-macam saat kerja ya. 

2. Bekerja Dengan Orang Lain

Begitu juga dengan pekerjaan yang masih ngikut sama orang. Tentu, apapun atas pantauan dari orang yang menggajimu.

3. Pekerjaan Freelance Apa Saja

Banyak sekali pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan, pekerjaan freelance ini, meskipun dapat dikerjakan di rumah, masih sangat membutuhkan konsentrasi. Orang yang memutuskan bekerja secara freelance ini tantangan menjaga fokus malah lebih besar. Karena di rumah, banyak sekali kegiatan yang bisa membuat kamu terlena.

Apalagi jika yang sedang bekerja secara freelance adalah para bunda, misal menjadi seorang blogger. Di sela waktu, bisa nih ngisi blognya, kalau tidak fokus ya, blog bunda nggak bakal ada isinya bray, haha.. 

Saya punya sedikit trik buat para bunda menjadi blogger, Bunda pun Bisa Menjadi Blogger, Ini Triknya!

4.Menulis

 Menulis, kalau tidak konsentrasi, kamu tidak mungkin bisa menyelesaikan satu naskah. Bahkan jika tidak fokus, tulisannya terlalu nyicil sedikit-demi sedikit, nanti kamu kayak tidak punya pendirian, rasanya ingin merevisi terus. 

Oh iya bun, kadangkala malah karena kita tidak bisa fokus dengan pekerjaan rumah, bisa dong disela-sela waktu, malah menulislah untuk refreshing otak. Adapun ada beberapa trik, agar bisa menulis disela-sela waktu, yaitu menulis sedikit saja. Ini dia, menulis singkat

    5. Membaca

      Begitu juga dengan kegiatan membaca. Kalau hanya nyicil, biasannya masih kurang fill. Jadi mending yang pas saja. 

    6. Pekerjaan Rumah  

      Jangan salah ya, pekerjaan rumah itu tidak mudah. Sedikit saja tidak fokus, rumah jadi berantahkan lagi. Kayak nggak ada kelar-kelarnya nih tugas. 

 o 7. Momong Anak

     Terakhir di sini, tentu momong anak.

an dan lain-lain

Semua kegiatan sebenarnya membutuhkan fokus. Hanya saja dari list di atas, merupakan contoh kegaitan yang tidak bisa dibuat remeh dan tidak mengindahkan pekerjaan itu.

Cara Tetap Menjaga Fokus



Fokus, perkara yang tidak mudah. Banyak sekali rintangannya. Bahkan sudah mengatakan akan komitmen untuk fokus, eh ndilalah pas menjalankan, berhenti di tengah jalan. Oleh karena itu, di bawah ini akan saya sajikan beberapa cara menjaga fokus:

1. Jangan terlalu mantau Sosial Media

Ada banyak hal yang bisa mengganggu konsentrasi kamu. Termasuk sosial media. Sosial media, memang terkadang memberikan dampak baik bagi kita, karena ada banyak informasi positif yang bisa kamu dapatkan. Tetapi terlalu mantau sosmed, nanti kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuka sosmed. 

Carilah momen yang baik kalau ingin buka sosmed, dahulukan aktivitas wajib.

2. Kasih batas waktu pengerjaan

Tidak hanya sosmed saja yang dapat menghambat pekerjaan kita cepat selesai, kita juga harus memberikan tenggat waktu pada setiap kerjaan yang bisa dilakukan dengan cara cepat. 

3. Abaikan yang lain, selama hal itu tidak wajib untuk didahulukan

Hal lain yang bisa membuat pekerjaan kamu menjadi lancar, adalah dengan mengabaikan yang lain. Ah, sudah, fokus saja sana, kegiatan yang itu kan bisa nanti sore. Ucapan ini benar, udahlah saya harus beraktivitas ini dulu, dan lain-lain. 

4. Buat refreshing sementara saat jenuh


Terlalu mantengin pekerjaan utama, atau pekerjaan yang memakan waktu lama, kadang membuat diri kita cepat jenuh. Oleh karena itu, kadang kita membuthkan hiburan. Boleh liburan hanya sekadar menghilangkan kejenuhan, atau memanjakan diri agar tidak cepat lelah. Ini resep paling jitu sih. 

Bagi bunda atau ayahannda yang sudah kadung jenuh dengan aktivitas di rumah, yuk berhenti sejenak dengan mengajaknya refreshing. Misalnya saja, keluar rumah untuk berlibur dalam satu hari di tanggal merah.  Seperti yang saya lakukan, Menikmati Serunya Wahana Wisata Hawai Waterpark Malang bersama Sobat Bolang.

Nah itu dia guys, beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisa fokus, dan juga akan membuat pelaku fokus menjadi lebih waspada dan berpacu dalam fokus. Sobat 1m1c, legah nih bisa mengisi sesuai tema.
Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat, Kegiatan, dan Cara Menjaga Fokus Kamu? Telisik di Sini!"