Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bunda pun Bisa Menjadi Blogger, Ini Triknya!

 

“Cara Menjadi Blogger dan Persiapan yang Harus Kamu Lakukan”



Hai Bunda dan Sobat Alfattah, kamu siap jadi blogger? Mudah guys, hanya butuh menyiapkan blog dan rutin menulis. Tapi resapi ya sayang, jangan jadi blogger sembarangan! Nanti kamu mati gaya, karena tidak tahu apa lagi yang mau ditulis, dan tidak tahu tujuan ngeblognya untuk apa. Nah Saya punya tips nih, mulai dari cara menjadi blogger yang sederhana saja, hingga menjadi blogger yang berkualitas itu seperti apa.

Kalau mau kamu bilang aku pemula, oh bisa saja. Tapi berbeda bagi kamu-kamu yang asal nulis, lalu sharing di grup, asal nulis lagi, lalu sharing di sosmed lainnya. Tulisan kamu hanya akan jadi sampah, mana mau google ngeliriknya. Stop nulis tidak berkualitas, hanya melelahkan jiwa ragamu bray!

Oh iya, ada tambahan nih. Balik lagi ketujuan kamu, mau jadi blogger untuk menyenangkan hasrat saja, cuman nulis lalu disimpan, itu hak kamu ya! Tapi kalau udah jadi blogger, nanti semakin kedepan, semakin lama usia kamu ngeblog, pasti berharap cuan akan menghampiri, percaya deh!

Pengertian Blog yang Harus Kamu Tahu

Sebelum jauh melesat tentang dunia perbloggeran, ada satu hal dasar yang harus kamu tahu. Yaitu, tentang pengertian blogger. Blog adalah sebuah aplikasi dari web, sehingga kata dasar dari blog yaitu web log (ini kepanjangan kata) dari blog. Blog tentu berbentuk halaman yang dapat kamu punyai dengan nama kamu sendiri, melalui sebuah aplikasi tertentu.

Jadi kamu harus melakukan pendaftaran, login blogger dan sebagainya agar bisa memilik akun blog ini. Lalu menulis artikel yang nantinya ditempel di blog, dengan tampilan halaman yang berurutan.

Nah apa saja sih Sobat Alfattah isi dari blog. Bagi kamu yang suka nulis, tentu sudah tahu dan sering browsing di google, kira-kira apa saja yang sering muncul?

Caranya mudah, coba buka-buka google, di sana menemukan apa saja. Informasi terkait kesehatan (tips sehat), bacaan tentang tips edukasi terhadap keluarga, travelling, hal-hal yang lagi viral, cepren, puisi, atau yang lain.

Banyak sekali ya Sobat Alfattah. Kalau kamu ingin menulis, tinggal cari ide yang sangat bertebaran. Ingat, kamu lebih menguasi niche (tema) apa, sehingga ketika nanti menyajikan, tulisannya bisa hidup, enak dibaca, dan materinya jempol.

Kembali lagi ke blog. Pada intinya, blog adalah tempat kamu untuk berkreasi. Sebagai pemula, bisa lepaskan saja aturan menulis, pelajari pelan-pelan saja, biar kamu cinta dulu sama aktivitas menulis. Jika sudah, nanti kreasikan materi sama aturan bagi seorang blogger yang berlaku. Aturannya, cari sendiri ya, karena itu lebih ke ilmu alam sih, nanti berproses sesuai pengalaman-pengalaman yang didapat.

Blogger Sejati, Harus Tahu Trik Ini!



Para pemula tidak usah risau. Karena trik ini tidak ribet kok, tapi butuh kesabaran untuk mempelajarinya. Karena semua hal untuk mencapai kesuksesan, tidak bisa langsung instan kamu dapatkan. Ini triknya:P

1. Pemula Harus Punya Alat Tempur Meski Sedehana

Sekere apapun kamu, dasar untuk menjadi blogger tetap harus punya alat untuk ngeblog. Misal nih nggak punya Hp buat mempublikasikan tulisan kamu untuk dibaca orang, ya sama aja bohong. 

Laptop adalah alat yang paling sederhana untuk menjadi seorang blogger, tentunya agar ngeblognya nyaman. Sebenarnya masih bisa kok, meski tidak punya hp, tetapi menjadi blogger.

Tapi nanti resikonya, kamu bakal kualahan mengontrol blog yang kamu punya. Pasalnya, blogger yang baik, paling tidak, ia punya catatan untuk perbaikan blognya. Sehingga perlu dikontrol setiap hari.

Eh tapi, bagi kamu yang pemula, tidak usah risau deh. Meski tidak punya hp dan ingin menjadi blogger, bisa ke warnet setiap hari. Tapi kamu harus tahu, sekarang warnet sudah mulai jarang ditemukan.S

Saya sebutkan saja, apa saja yang dibutuhkan bagi seorang blogger. Di antaranya, laptop, Hp, buku catatan, pensil, strategi, teman sesama blogger, paket data, waktu dan yang paling penting adalah blog. 

Untuk blogger pemula, boleh tidak lengkap, tapi nanti resiko ditanggung sendiri ya. Jangan khawatir tidak bisa, selagi mau usaha, akan mendapatkan hasilnya. Jangan berharap dulu penghasilannya, karena bagi pemula, prosesnya sangat panjang. 

Meski kerja kayak ginian, kalau orang lain mikir, kita yang tidak kelihatan bekerja di luar rumah, tapi kok bisa beli ini dan itu, kayak memelihara tuyul ya. Haha.. tapi hal itu hoax. Blogger juga bekerja kok, tetapi tidak harus di luar rumah. 

2. Jangan Jadi Mental Tempe

Sangat sederhana jika kamu ingin menjadi blogger. Lengkapi alat tempurmu, dan juga perkuat mentalmu. Mental, mempengaruhi semangat ngeblog yang bisa saja goyah sewaktu-waktu.

Dari modal alat tempur dan juga modal mental, kamu akan sukses saat bisa terealisasikan dengan praktek ngeblog yang maksimal. Jangan pernah menyerah mencoba banyak strategi ngeblog. Kalau kamu tidak pernah menyerah, nanti mental tempemu akan hilang, dan sukses deh. Ingat ya, sukses itu tidak seperti mie instan, semua butuh proses. 

3. Cari Relasi (Teman Blogger)

Sungguh, banyak blogger meskipun tidak pemula, ia sering terlelap dalam semangat yang naik-turun. Hal ini akan membuat performa ngeblogmu menjadi tidak labil. Hasilnya pun kurang memuaskan, sedangkan blogger yang baik, ia selalu aktif ngepos artikel dan memantau hasilnya, jika perlu perbaikan, segera perbaiki. 

Nah agar semangat yang kamu punya bisa labil, salah satu jalan adalah dengan memperbanyak relasi atau teman blogger yang bisa diajak untuk saling tukar pikiran. 

Dengan demikian, nanti ketika semangat kamu menurun, sedangkan ia sedang naik, kamu akan tertular juga. Misal nih ya, kamu punya kendala yang membuat semangat kamu stagnan, bisa tanya ke dia, dan menemukan solusi, semangatmu juga akan tumbuh lagi.

Cara Membuat Blogger yang Mudah

Para blogger pemula, hal yang dipikirkan adalah buget yang tidak cukup. Dengan kemampuan yang masih pas-pasan, bahkan bisa dikatakan kurang, tentu memikirkan keluar buget untuk membikin blog akan terasa lebih berat.

Hal ini masih wajar, pasalnya membuat blog itu kalau bikin yang bagus sekalian, modalnya tidak sedikit. Belum lagi yang menggunakan hosting berbayar, beh, bisa rugi si blogger. Yang awalnya berkeinginan blognya bisa menghasilkan, malah membuat kantong menjadi lenyap tak tersisa.

Adapun langkah membuat blog yang mudah dan murah bagi pemula, bisa dilihat di bawah ini:

1.Pilih Blogger.com

Sebagai pemula sekaligus pingin murah, pilihany yang tepat mendarat pada blogger.com. Di sini, kamu akan mendapatkan fasilitas tempat ngeblog dengan gratis domain sekaligus hostingnya. Itu jika kamu benar menggunakan fasilitas yang gratis ya, dengan domain blogspot.com.

Sedangkan yang berbayar, domain ini lebih terlihat profesional. Hanya saja, saat kamu hanya ingin main-main saja, maka rugi. Pasalnya per tahun harus membayar. Jadi jika ingin serius, boleh pakai domain berbayar, dan hosting berbayar sangat tidak dianjurkan untuk pemula. Hal ini karena mahal.

Jadij jika ingin mendapatkan blogger gratis, maka pilih saja blogger.com. 

2. Masuk ke dalam Blogger.com dengan Akun Gmail-Mu

Langkah berikutnya, setelah kamu yakin memilih blogger.com, bisa langsung masuk ke bloggernya dengan akun email yang kamu punya. Ingat, 1 akun email, bisa untuk banyak blog. 

3. Atur akun sesukamu, mulai dari nama blog, url (alamat blog), hingga mengisi profil

Step masuk akun sudah, kini saatnya kamu berkreasi dengan bajunya blogger.com. Ubah dengan puas, nama blog, url dan segala hal yang butuh diisi.

4. AturTemplate Blogger

Mempercantik blog dengan template blogger yang mantul. Para blogger banyak yang berlomba mengatur kecantikan blog. Anggap saja blog tersebut adalah saudara kamu yang butuh dirawat. Sehingga tidak ada beban dalam mengatur kecantikan blog. 

Template blogger bagi pemula, bisa kamu isi dengan bawaan blogger terlebih dahulu. Belajar otak-atik di sana. 

5. Download Template Blogger

Sudah belajar utak-atik dalaman template? Cara memasang sub menu dan lain-lain? Kalau sudah, mulai saja cari template blogger yang cocok untuk niche kamu dan mudah untuk diakses. Jika masih saja tidak punya uang untuk membeli template, pakai yang gratisan saja tetapi bagus banget. Biasanya meskipun benar-benar bagus, masih berpotensi buruk loh bagi blog, template yang gratisan.

Jika kamu download template blogger di internet secara sembarangan, bisa-bisa blog kamu tiba-tiba menemukan kendala, karena virus yang ada di internet bisa masuk ke blog-mu.

Sehingga yang terbaik tetap yang berbayar. Meski berbayar, tetap murah kok. Soalnya dengan harga yang tak seberapa, kualitas bisa kamu rasakan. Di antaranya, beli Cuma satu kali saja, template nya lebih premium, kecepatan akses juga tidak lemot, bisa pilih tampilan yang menarik.

Langkah di atas jika terasa membantu, saya sangat senang. Karena seorang blogger tentu sama-sama mencari rezeki, jika bisa menularkan kepada orang lain, mengapa tidak? Ilmu-ilmu yang seperti ini, juga merupakan investasi masa depan.

Cara Menjadi Blogger yang Baik Sesuai Niche Kamu

Sudahlah guys, sebagai pemula, jangan terlalu terpaku dengan aturan yang berlaku. Saya pernah mendapati teman saya yang mulai semangat menulis nih guys ceritanya, ia tidak pernah saya mintai buat menulis di blog dengan aturan ini dan itu. Biarkan alam membuatnya merasa nyaman dulu.

Pertama, biarkan ia mencintai kegiatan menulisnya dahulu. Eh, tapi, di sini karena saya ingin mengulik informasinya secara lengkap, mangkanya, berusaha menulis dengan informasi yang panjang.

Kalau kamu mengaku pingin jadi blogger, ada banyak pilihan niche yang bisa kamu pilih. Nikmatin aja ya gaya menulismu, ini dia beberapa niche yang bisa kamu pelajari:

Blogger Perempuan

Sudah mulai lihai kah menulisnya? Jangan lupa menulis apa yang kamu kuasai ya, biar lebih berbobot artikelnya. Banyak pilihan niche nih, salah satunya tentang perempuan. Kalau kamu nanti sudah mahir, pasti ingin job bukan?

Jika Sobat Alfattah adalah perempuan, bersyukurlah. Pasalnya, menjadi seorang blogger perempuan, job lebih berlimpah. Loh? Bagaimana yang laki-laki nih? Jangan takut, mereka punya bahasan tersendiri.

Blogger laki-laki juga banyak yang sukses kok. Misalnya kak Darmawan Panduanim, Latif Phakpan dan sebagainya.

Hanya saja job bagi perempuan untuk niche plihannya lebih banyak. Contoh job, beauty blogger, rivew produk kecantikan, bahkan parenting pun banyak yang membutuhkan blogger perempuan.

Travel blogger

Terkadang menjadi seorang blogger, kalau keseringan mager di rumah. Ngerjain artike di rumah saja, tentu cepat jenuh, benar tidak? Eh tapi Sobat Alfattah juga harus tahu, bagi yang suka berkelana, jangan jadi blogger yang biasa saja. Nangkring di rumah, lalu nulis, jadi travel blogger saja.

Kerjanya hanya jalan-jalan, baik di tempat wisata ataupun keliling untuk incip-incip makan. Habis jalan-jalan, baru PR kamu banyak. Tapi itulah seorang travel blogger, menjadi blogger yang tidak jenuh adalah bonusnya.

Tips Kesehatan

Jangan salah, bagi seorang dokter atau orang-orang yang bertugas dalam hal pelayanan kesehatan bisa nih menjadi seorang blogger yang sukses. Pengetahuanmu sangat berharga, menjadi blogger dengan menulis tips kesehatan tentu juga sebagai lading amal yang terus mengalir pahalanya.

Jadi bagi kamu-kamu yang bekerja di bidang medis jangan disia-siakan ya, tidak hanya orang medis sih. Orang biasa yang suka mempelajari dan memeraktekkan tips hidup sehat, juga bisa sharing dengan cara menulis di blog. Tulisan kamu sangat ditunggu banyak orang.

Bisnis

Saat ini, menjadi seorang blogger yang suka menulis tentang bisnis, sangat diunggulkan loh guys. Masa pandemi banyak nih yang mencari informasi terkait bisnis di rumah, pasalnya banyak yang lebih memilih punya kerjaan sambilan daripada mengandalkan gaji perusahaan yang sewaktu-waktu bisa ditendang dari perusahaannya.

Tulisan tips bisnis online juga merupakan solusi bagi para mantan pekerja yang sudah resmi dikeluarkan. Gara-gara waktu ramai-ramainya krismon di era Covid-19 ini, banyak perusahaan yang terpaksa mengeluarkan pegawainya.

Hasilnya, para pekerja yang keluar dari perusahaan pun berlomba-lomba mencari informasi bisnis yang bisa dijadikan ladang untuk mencukupi kebutuhan rumah.

Berita

Buat para penyuka bacaan berita, jika kamu jago nulis, atau mulai suka menulis, bisa nih memulai menjadi blogger dengan cara menulis niche berita. Orang-orang di masa pandemi ini, tentu sering menghabiskan aktivitasnya di rumah daripada di luar, kalau di luar mungkin hanya keperluan pekerjaan, selebihnya di rumah.

Karena di masa seperti ini, mau keluar untuk liburan, agak segan. Sehingga akan lebih memilih bersih-bersih rumah, atau kalau mager palingan baca buku. Bagi yang tidak suka baca buku, mungkin mainan hp.

Kalau sudah mainan hp, ujung-ujungnya baca berita, dan malah keasyikan cari informasi, baca berita pun tidak bisa berhenti.

Fiksi

Sebenarnya ada banyak niche yang mau saya tuliskan, tetapi sepertinya waktunya tidak cukup untu diceritakan di sini. Poin selanjutnya, bagi kamu yang suka nulis fiksi, bisa nih mengambil niche fiksi saja. Meskipun nanti bagi blogger, optimasi seonya agak repot.

Tetapi kalau menyenangkan diri dengan menulis fiksi, bisa menghilangkan kejenuhan. Sehingga hasrat nulis pun selalu ada.

Bentuk-bentuk fiksi ada banyak, di antaranya: cerpen, puisi, pantun, novel, kisah dongeng, cerpen anak, dan lain sebagainya. Kalau menurutku sih, bagi yang suka menulis cerpen, mendingan cerbungnya saja. Pasalnya, cerbung ini nantinya ending bisa penasaran dan baca lagi cerita sambungan berikutnya.

Penutup

Sebagai seorang ibu, jiwa muda tetap dibawa selama itu positif, saya kira tidak masalah. Misalnya ingin tetap bekerja, dengan niat ingin berkarya dan menikmati hidup biar nggak jenuh. Tetapi, bu! Kamu juga harus tahu, bahwa di rumah ada tanggungjawab yang tetap kamu pegang.

Menurut hemat saya, menjadikan bunda blogger bukan pilihan yang salah. Tetapi, lebih enaknya jika kamu suka menulis, jika tidak. Maka pekerjaan yang lain, sepertinya lebih baik.


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Post a Comment for "Bunda pun Bisa Menjadi Blogger, Ini Triknya!"