Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bunda Galau Anaknya Main HP Terus, Anak Kecanduan Gadget ini Solusinya!


Anak kecanduan gadget, kini menjadi persoalan yang baru bagi kamu dan keluarga kan? Sama kok bunda, saya juga. Hai sobat Alfattah, mari merenung dengan baik.

Seorang bunda mana yang tega membiarkan anaknya terlarut dalam kemalasan hanya gara-gara hp. Apalagi ketika dimintai tolong oleh bunda, ada banyak segudang alasan. Padahal hari-hari hanya dihabiskan di depan layar hp.

Biar bunda-bunda bisa mengatasi hal tersebut, saya menyusun artikel yang isinya banyak hal tentang kecanduan hp, mulai dari definisi, faktor, dampak, hingga cara menghindarinya.



Definisi Kecanduan Gadget dan Tanda-Tandanya

Kecanduan gadget merupakan ketergantungan seseorang (baik itu anak) terhadap gadget, terutama hp. Anak yang sudah mengalami kecanduan, ia tidak bisa terlepas dari handphone. Pasalnya, hasrat terhadap ketertarikannya lebih besar daripada kontrol diri agar tidak terlalu berlebiahan memegang hp.

Ditambah lagi dengan sosok anak yang belum paham akan hal yang penting untuk dilakukan dan juga kurang penting. Sehingga hasrat dirinya untuk bermain hp seolah hanya ada definisi kesenangan belaka. Si kecil hanya bisa merengek jika tidak diberikan hp untuk dimainkan.

Tanda-tanda kecanduan gadget adalah sebagai berikut:

1. Dalam ingatannya hanyalah Hp yang sedang ia mainkan.

2. Jika tidak ada Hp, bawaannya hanyalah merengek meminta hpnya.

3. Saat berjauhan dengan hp, ia akan tetap menyebut hp, dan meminta hp kepada orang yang dikenal (usia 2-4 tahun).

4. Kuat melihat hp dalam durasi yang agak lama.

5. Tidak terlalu perduli dengan lingkungan, saat si kecil terlalu asyik memegang hp.

6. Dipanggil-panggil tidak menoleh, sesekali menoleh, lalu ia kembali ke hpnya lagi.

7. Diberikan hp, malah tidak mau melepaskannya kembali.

Mengetahui tanda-tanda anak kecanduan gadget memang sudah menjadi hal yang harus bunda tahu. Agar bunda, bisa mengetahui bahwa ia memang benar-benar kecanduan atau tidak. Lihat cirri-ciri di atas ya.

Faktor Kecanduan Gadget Pada Anak Bunda



Kecanduan gadget merupakan hal yang buruk. Meskipun apapun yang dilihat di gadget (hp) tersebut adalah hal yang bermanfaat. Mengapa? Karena terlalu fokus dengan hp, dan sulit untuk terlepas, membuat waktu terbuang sia-sia. Padahal kegiatan sehari-hari masih harus dilakukan secara rutin.

Adapun faktor yang menyebabkan kecanduan gadget pada kalangan anak-anak adalah sebagai berikut:

1. Kebiasaan memegang hp yang tidak mendapat kontrol dari lingkungan ataupun orangtua.

2. Lingkungan tidak mengajak si kecil untuk bermain atau melakukan aktivitas rumah.

3. Memanjakan si kecil di kala si kecil meminta apapun termasuk hp, diberikan dengan mudah.

4. Waktu memegang hp, tidak dibatasi.

5. Tidak pernah memarahinya, saat anak berbuat salah, di saat si kecil bermain hp yang terlalu lama, dibiarkan saja.

Yuk bunda dan ayah, jaga anak-anak dari lingkungan yang kurang baik. Biarkan anak-anak tumbuh dengan normal, dengan tidak membiarkan si kecil memegang hp terlalu lama.

Dampak Buruk Anak yang Sudah Kecanduan Gadget

Setelah bunda mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan anak menjadi kecanduan gadget, bunda juga harus tahu dampak buruknya kecanduan. Karena hal ini bisa membuat bunda dan yang lain jadi lebih menjaga anak-anak. Ini dia bun:

1. Merusak kesehatan mata

2. Merusak kesehatan mental

3. Menjadi pemalas

4. Menjadi orang yang kurang peka terhadap lingkungan

5. Tidak mengindahkan perintah orangtua

6. Dll

Bagaimana bun? Bisa dibayangkan jika hal ini terjadi kepada anak bunda? Lebih banyak negatifnya, daripada positifnya, jika memegang hp tanpa kontrol.

Cara menghindar agar tidak kecanduan Gadget Pada Anak



Lalu bagaimana solusinya? Sebagai orangtua, bunda tentu tidak ingin kan anaknya kecanduan gadet? Yuk ketahui solusinya di bawah ini:

1. Memberikan kontrol penuh terhadap hp yang dipegang oleh anak-anak.

2. Tidak membiarkan si kecil berlama-lama memegang hp, jika memang sudah terlanjur kecanduan, kurangi secara bertahap. Biar tidak menyakiti perasaan si kecil.

3.Memberikan kegiatan yang lain yang lebih menyenangkan daripada melihat hp.

5. Jika si kecil sudah mulai bisa terlepas, biasakan memberikan waktu memainkan hp hanya dalam akhir pekan saja. Serta berikan penjelasan kepada si kecil, bahwa hal tersebut tidak baik.

Bunda, bermain hp terlalu lama tentu akan memberikan banyak hal negatif yang nantinya menghambat kesuksesan masa depan. Padahal si kecil masih usia berkembang, sehingga harus maksimal dalam menjaga si kecil dari dampak buruk hp, si kecil pun bisa belajar dengan maksimal.

Kesimpulan

Bunda, yahanda, atau sobat Alfattah yang lain, kita sudah berada di penghujung obrolan nih. Pada intinya, sebagai orangtua, hendaknya kita selalu mengawasi anak-anak dalam menggunakan hpnya. Serta memberikan batasan waktu untuk bermain hp, biarkan anak-anak tidak terbiasa bermain hp, dan tumbuh seperti orang-orang masa lalu, yang bebas dari dampak buruk hp.

Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Post a Comment for "Bunda Galau Anaknya Main HP Terus, Anak Kecanduan Gadget ini Solusinya!"