Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Alasan Kenapa Manusia Harus Punya Cita-Cita

Harapan dan Cita-Cita itu Penting


Yuk mom, kita merenung sejenak! Siapa yang ingin menggapai cita-cita, tentu saja harus berusaha lebih keras daripada yang tidak punya cita-cita, yak an!

Jika cita-cita anak sudah aja sejak ia masih kecil, tugas orangtua adalah member fasilitas. Misal cita-citamu, tidak terwujud, jangan jadikan alasan cita-cita anak juga terpendam. Gambar tentang suatu impian biasanya, sudah ada sejak masih kecil, kamu hanya punya kewajiban memberikan kelonggaran berekspresi.

Sobat Alfattah, manusia adalah sosok satu-satunya makhluk Tuhan yang selalu fleksibel, dan selalu dinamis, gampang terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Makhluk lain, sebenarnya juga sama, menyesuaikan lingkungan semacam Bunglon. Tetapi maksudnya, manusia tidak bisa lurus jika tidak punya tujuan yang berupa cita-cita.

Oleh karenanya, butuh manusia punya cita-cita, kalau bisa yang tinggi. Karena biasanya apa yang telah dicanangkan pada masa depan, sudah pasti terjalankan, tapi akan indah pada waktunya. 

Sehingga bikinlah rencana semaumu, nanti misal nggak terwujud, mungkin lain kali akan terwujud, tapi jika Anda masih kepo, kenapa kita butuh punya cita-cita, saya merangkumnya di sini, jangan sampai anak-anak juga merasakan pahit karena tidak menggapai cita-citanya:

Adanya Harapan yang Bisa Membawa Hidup Lebih Bermakna

Segelintir orang menganggap hidup, tidak perlu yang aneh-aneh. Lebih baik menjadi orang yang biasa saja, tetapi tercukupi kebutuhannya. Namun tidak sedikit juga yang hidup didampingi dengan cita-cita. Anda tinggal memilih saja, sekiranya yang pas buat Anda jalani dalam hidup ini.

Namun agar hidup kita lebih bermakna dan berarti, seyogyanya punya cita-cita. Jika memang minder dengan cita-cita yang terlalu tinggi, punyalah cita-cita yang mulia saja sudah cukup.

Dalam sebuah cita-cita, ada harapan yang selalu ingin tergapai. Nah harapan inilah yang nantinya akan mewarnai hidup menjadi lebih indah. Karena kita tidak hidup dalam kebimbangan, tapi punya tujuan. Sehingga untuk mendapatkan harapan itu, ada cara-cara yang lebih mengesankan saat meraihnya.

Cita-Cita Alasan Hidup

Bukan hanya sekadar menjadi lebih bermakna, dengan hidup bercita-cita, kita pun punya alasan hidup yang kuat. Tahu kah Anda, banyak orang yang berputus asa dalam menjalani hidupnya? itu karena kita hidup dalam hal yang membingungkan.

Entah karena faktor ekonomi, atau bahkan karena hidup kita yang lagi tidak berarah. Meskipun sekelas artis saja, yang hidupnya penuh dengan aktivitas, yang menggambarkan bahwa mereka ini adalah orang yang sukses, tapi itu tidak menjamin hidup bahagia. Karena sekelas artis pun jika tidak punya cita-cita, kebimbangan muncul di mana-mana.

Di tengah aktivitas yang padat, orang-orang yang menyandang status artis, malah penuh kegelisahan jika tidak punya tujuan tertentu. Oleh karena itu, sebuah cita-cita adalah hal yang sangat penting.

Cita-Cita Melatih Hidup Lebih Tegar

Hal lain kenapa kita masih membutuhkan cita-cita, untuk melatih hidup kita bisa menjadi lebih tegar. Jika untuk melangkah ke depan saja kita rasanya sulit, karena begitu banyak masalah yang kita hadapi. Kalau punya cita-cita, kekuatan untuk menghadapi pun bisa ada bahkan sangat besar.

Hidup Tidak Mudah Menyerah Jika Ada Cita-Cita

Dengan adanya cita-cita, seorang insan akan ada rasa juang yang lebih tinggi. Rasa juang inilah upayanya agar citta-cita segera tercapai. Dengan segala usaha, bahkan kadang porsi ambisi bisa jadi mendominasi.

Sebenarnya ada sisi negatifnya, jika terlalu berambisi. Hanya saja, cita-cita biasanya dibarengi kata, gantungkan cita-citamu setinggi langit. Langit adalah tempat yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari bumi. Nah jika kita punya cita-cita yang tinggi namun diraih dengan murni usaha sendiri, maka akan berupaya untuk meraih dengan cara yang putih tetapi usahanya luar biasa, tidak akan mudah menyerah.

Lebih Cepat Mendapatkan Keberhasilan


Pacuan usaha yang begitu keras, membuatnya tahan banting akan ujian-ujian. Orang yang tahan banting inilah yang tidak punya rasa takut terhadap kegagalan. Usaha orang yang seperti ini akan cepat membuahkan hasil.

Jika Anda logikakan, ada banyak orang yang sedang berusaha meraih cita-cita. Hanya saja banyak pula yang menyerah di tengah jalan karena upaya nya tidak kunjung diberi jawaban. Namun bagi yang punya kegigihan dalam meraih cita-cita, tentu saja orang yang seperti inilah yang datang pada cita-citanya tepat waktu, bahkan bisa jadi lebih cepat dari orang lain yang menyatakan diri menyerah terhadap apa yang ingin diraihnya.

Punya Target Hidup

Oh iya sobat Alfattah, orang yang punya cita-cita dalam hidupnya, tentu saja hidup orang tersebut akan berusaha menyusun target-target dalam hidupnya. Karena sesungguhnya, target akan memudahkan Anda dalam meraih cita-cita, bahkan dalam menjalankan kehidupan ini.

Bisa Menjadi Sosok yang Berarti

Hal lain, yang paling bagus terkait alasan kenapa kita butuh punya cita-cita. Orang yang punya cita-cita dan punya ambisi untuk mendapatkannya, tetapi menjadi yang terbaik (mau menjalani syarat mencapai cita-cita dengan cara yang mulia) maka orang yang seperti ini akan menjadi panutan banyak orang.

Namun anda juga harus mengerti, dalam mencapai cita-cita tentu punya tujuan yang mulia juga ya, jangan untuk hal keburukan. Karena orang yang seperti ini, akan berpikiran baik terus, dan tidak akan menjadi orang yang malas, habis sudah negara kita kalau punya anak bangsa yang berpikir negatif.

Tidak Bosan Menjalani Hidup

Seperti poin sebelumnya, orang yang punya cita-cita dengan hati yang bersih, akan hanya ingin melakukan yang baik-baik dan tidak punya rasa malas dalam menjalani hidupnya. Apalagi kalau sudah punya target, maka hidup ini nggak akan stagnan.

Gimana sobat Alfattah, nggak akan bosan kan? Karena kegiatannya akan selalu ada target yang di mana pasti berbeda-beda. Maka hidup Anda tidak akan cepat bosan.

Terhindar dari Masa Depan yang Tidak Pasti

Masa depan anak bangsa tentu saja ditentukan oleh generasi sebelumnya yang kini sudah pada berusia banyak. Mereka ini meskipun terkadang kehidupannya pasrah, namun ada doa yang selalu menyertai agar anak turunannya menjadi lebih baik dari dirinya di masa lalu.

Sebuah doa termasuk upaya untuk mencapai cita-cita, dan akhirnya cita-cita itu bisa tercapai pada generasi yang lebih mudah. Tetapi yang harus Anda ingat, bahwa cita-cita bisa menghindarkan Anda dari masa depan yang tidak pasti.

Nah giliran generasi muda yang nggak hanya punya usaha untuk mencapai cita-cita melalui doa saja. Dengan kehidupan yang semakin canggih, upaya untuk mencapai cita-cita bisa lebih mudah, hanya dengan sentuhan usaha yang lebih keras untuk mencapai cita-cita itu. Masa depan Anda akan lebih terang dari orang-orang yang lebih dahulu berusaha meraih cita-citanya dengan doa.

Hati Menjadi Lebih Tentram

Terakhir, sebagai orang yang punya cita-cita tinggi, dengan target-target yang sudah tersusun di depan mata, ditambah kegigihan dalam meraih cita-citanya, ia akan hidup lebih tentram dari orang yang tidak punya target.

Karena apa yang ia tahu, hanyalah sebuah upaya untuk mewujudkan cita-citanya dengan penuh semangat. Target-target pun cepat terpenuhi, dan seperti aman dari tanggungan-tanggungan. Nah orang yang seperti ini akan lebih tenteram.

Cukup sampai di sini saja ya Sobat Alfattah, semoga apa yang diupayakan, akan cepat terpenuhi, dan hidup ini akan bisa terasakan lebih nyaman dan senang. Semoga apa yang Mimin paparkan di atas bisa bermanfaat.


Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

2 komentar untuk "10 Alasan Kenapa Manusia Harus Punya Cita-Cita"

  1. Betul banget. Banyak banget emang efek dari cita-cita. Saya bisa bertahan dari semua kesusahan karena cita-cita. Terus. Karena cita-cita pula saya selalu bergerak maju. Saya jadi punya arah saya harus ke mana dan ngapain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, karena cita-cita, yang awalnya menyerah karena kehidupan yang menakutkan, bisa bangkit lagi. Makasih kak, udah mampir 🙂 salam kenal..

      Hapus