Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Ternyata 5 Buah Yang Bagus Untuk Anak

Buah-buahan yang bagus untuk anak


Sobat Alfattah, anak-anak harus dibiasakan mengonsumsi buah-buahan karena makanan ini bagus untuk kesehatannya. Sekalipun demikian seorang ibu harus cerdas memilih buah yang hiegenis dan bersih sebab banyak buah yang busuk tetapi masih dijual. Oleh sebab itu selektiflah ketika memilih buah yang bagus untuk anak. 

Perlu diketahui sekalipun buah sangat bagus untuk kesehatan anak tetapi jika buah sudah rusak yang datang justru adalah penyakit. Hal ini dikarenakan bakteri yang ada di dalam buah berpindah ke tubuh anak. Ini yang menjadi alasan mengapa buah yang steril dan masih segar lebih layak untuk dikonsumsi si kecil. 

Mengasuh anak dengan membiasakan memakan makanan, baik itu berupa buah atau makanan yang lain dalam kondisi bersih. Tentu hal ini sangat dianjurkan. Meskipun terkadang sulit, membiasakan memakan makanan sehat untuk anak.

A. Buah adalah Makanan yang Sehat

Selain sayuran dan susu, buah merupakan menu makanan sehat sekaligus menyehatkan. Bahkan penganan ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja termasuk anak-anak yang masih dalam periode perkembangan.

Karena fungsi buah yang bagus untuk kesehatan maka para ahli pun memasukkannya ke dalam kategori menu makanan bernutrisi yang paling dianjurkan untuk si kecil. Kategori yang lebih dikenal dengan sebutan 4 sehat 5 sempurna yang berpotensi menghindarkan anak dari gangguan stunting yang parah. 

Atas dasar itu silakan persiapkan buah yang bagus untuk anak di rumah Anda. Lalu berikan minimal satu kali sehari kepadanya supaya si anak memiliki kesehatan yang lebih terjaga. 

B. Kandungan Buah-Buahan

Buah-buahan dianggap menyehatkan bukannya tanpa alasan tetapi memang makanan ini memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh. Salah satu senyawa yang sangat penting yang ada di dalam buah adalah vitamin C. 

Semua ahli menyatakan kalau Vitamin C bagus untuk stamina, vitalitas serta bisa meningkatkan imunitas. Pasalnya vitamin yang sering ditulis Vit C ini bersifat antioksidan yang berperan untuk mengatasi peradikalan bebas penyebab rendahnya sistem kekebalan tubuh. 

Jika peradikalan bebas telah dicegah otomatis detok, bakteri, virus tidak akan bersarang di dalam tubuh anak. Efeknya metabolisme berjalan dengan lancar, sirkulasi darah bebas hambatan, pasokan darah dan oksigen ke organ lebih maksimal dan selainnya.

C. Khasiat Buah-Buahan untuk Anak

Seorang ibu harus mempersiapkan buah yang bagus untuk anak karena penganan ini memiliki khasiat yang luar biasa terutama untuk kesehatan. Sayangnya masih banyak ibu rumah tangga yang tidak mengetahui apa manfaat tersebut. 

Oleh karena itu di bawah ini dijelaskan khasiat buah untuk kesehatan si kecil. Terutama bagi mereka yang masih dalam pertumbuhan jasmani dan otak yang memang membutuhkan pasokan nutrisi maksimal. Ini khasiat yang dimaksud:

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat buah yang pertama adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak. Yang mana jika anak rajin makan buah neuron di dalam otaknya akan te-revitalisasi dengan baik. Proses relaksasi sel pun berjalan maksimal sehingga otak anak tetap mumpuni sekalipun digunakan untuk berpikir keras ketika belajar. 

Jika otak anak mampu me-relaksasi secara natural tentu kecerdasan bisa datang dengan cepat. Bahkan ia akan tumbuh menjadi anak yang pintar karena mampu menyerap pelajaran dengan mudah. 

2. Menjaga Vitalitas Anak tetap Prima

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan harus memiliki vitalitas yang prima karena ini yang menunjang metabolisme perkembangan organ yang sedang terjadi. Kalau stamina anak tidak stabil perkembangan anak justru bakal terhambat disebabkan oleh metabolisme yang bekerja terlalu ekstrem.

Oleh sebab itu anak yang masih berusia di bawah 15 tahun harus diberikan asupan buah yang maksimal karena di usia tersebut perkembangan sedang terjadi. Jika tidak, siap saja Anda memiliki anak yang memiliki cacat perkembangan seperti kurang tinggi hingga masalah mata minus di usia dini. 

3. Meningkatkan Imunitas

Sistem kekebalan tubuh adalah unsur terpenting yang harus berjalan dengan baik jika tidak ingin si kecil mudah diserang penyakit. Caranya dengan memperbanyak konsumsi buah yang bagus untuk anak agar antioksidan yang ada di dalamnya ikut membantu meningkatkan kinerja imunitas. 

Jika imunitas atau sistem kekebalan tubuh anak sudah berjalan dengan baik tentu orang tua tidak perlu khawatir dengan virus dan bakteri penyebab penyakit. Pasalnya sistem inilah yang akan mem-filter organ dari serangan sedangkan nutrisi lain akan mencoba untuk membunuh senyawa pengganggu yang kadung masuk ke tubuh si kecil. 

4. Menyehatkan Organ Pencernaan

Sekalipun tidak sebanyak sayuran hijau, buah juga mengandung serat yang bagus untuk organ pencernaan. Oleh karena itu jika ingin anak memiliki selera makan yang tinggi, berat badannya ideal, terbebas dari sembelit silakan berikan buah yang bagus untuk anak minimal saat sarapan pagi. 

Ini merupakan solusi yang sehat dibandingkan diberikan suplemen berbahan kimia yang berbahaya. Belum lagi kalau anak memiliki riwayat alergi terhadap obat tertentu pastinya obat kimiawi bukan solusi yang tepat untuknya. 

5. Membantu Tumbuh Kembang Massa Otot Anak

Manfaat buah yang terakhir adalah untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang massa otot anak. Ini tidak hanya terkait dengan postur si kecil yang tinggi dan menarik tetapi juga berhubungan dengan energinya ketika bermain. 

Jika massa otot anak sudah terbentuk dengan baik tentu ia akan menjadi sosok yang lincah, energik dan aktif. Tipikal si kecil yang semua orang tua pasti ingin memilikinya karena anak akan terlihat lebih lucu serta membanggakan. 

D. Buah yang Bagus untuk Anak

Setelah mengetahui manfaat buah yang bagus untuk anak maka sekarang akan dijelaskan tentang apa sajakah buah-buahan tersebut. Silakan disimak supaya Anda bisa mempersiapkannya di rumah lalu dijadikan menu harian untuk si kecil. Ini dia buah-buahan yang dimaksud:

1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang merupakan contoh makanan sehat, dan paling direkomendasikan untuk dikonsumsi si kecil minimal di pagi hari. Kandungan Vitamin C di dalamnya bagus untuk imunitas yang akan membuat anak tidak akan gampang sakit. 

Jika anak rajin makan buah jeruk tumbuh kembangnya akan maksimal karena metabolisme tidak terganggu oleh detok. Virus dan bakteri pun tidak berani mendekat karena sifat antioksidan dari jeruk akan melakukan penghancuran terhadap protein yang menjadi pembentuknya. 

2. Pepaya

Buah yang bagus untuk anak yang kedua adalah buah pepaya. Buah berasa manis ini bermanfaat untuk menurunkan demam serta membuat kulit anak lebih lembut dan sehat. 

Selain itu buah pepaya bagus untuk saluran pencernaan serta akan membantu meningkatkan selera makan si kecil. Oleh sebab itu silakan persiapkan buah ini di lemari pendingin Anda sehingga ketika dibutuhkan bisa langsung dihidangkan.

3. Apel

Buah apel, salah satu jenis makanan sehat yang juga bagus jika diberikan kepada si kecil minimal beberapa saat setelah sarapan pagi. Anda juga bisa menjadikannya bekal anak sekolah supaya ia tidak jajan penganan yang sembarangan. 

Buah apel mengandung Vitamin C dan Vitamin B yang bagus untuk tumbuh kembangnya. Bahkan buah ini mengandung glucogen dan kalsium yang berkhasiat untuk kesehatan kulit dan tulang. 

4. Buah Naga

Buah naga tidak hanya memiliki rasa yang manis dan lezat tetapi juga memiliki khasiat yang hebat terutama untuk kesehatan si kecil. Buah yang sudah mulai dibudidayakan di Indonesia ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, melancarkan arteri serta membantu me-relaksasi neuron otak. 

Tak hanya itu kandungan omega-nya juga membantu meningkatkan kecerdasan si kecil. Oleh sebab itu buah ini terkadang dijadikan sebagai bekal makan siang anak karena dianggap menyehatkan serta bisa membuat perut kenyang lebih lama. 

5. Manggis

Buah manggis mungkin tidak cocok untuk orang dewasa karena mengandung glukosa yang sangat tinggi. Akan tetapi bagi si kecil buah manggis justru sangat dianjurkan karena bisa ikut membantu meningkatkan imunitas. 

Apalagi rasa manggis lebih enak dan manis dibandingkan buah jeruk yang terkadang masih ada rasa kecut yang tentunya si kecil agak tidak suka memakannya. Ini harus dimanfaatkan oleh orang tua untuk selalu menyediakan buah manggis di lemari pendingin. 

Jika membaca analisis di atas sudah jelas kalau buah yang bagus untuk anak itu banyak tetapi harus yang steril dan bersih karena jika yang rusak justru memicu penyakit. Oleh sebab itu silakan persiapkan buah yang higienis agar ketika ingin dihidangkan pada si kecil jauh lebih mudah, dan menjadi makanan sehat dan bergizi bagi kalangan anak-anak.

 



Nur Chafshoh Sa'idah
Nur Chafshoh Sa'idah Seorang ibu rumah tanggga kelahiran asal Gresik, domisii Sidoarjo. Saya adalah pekerja freelance writer, bisa juga mengelola website, dan penggemar jalan-jalan. Jika ingin bercengkrama atau kerjasama, bisa tinggalkan komentar atau melalui Pena Alfattah (FP Facebook)

Posting Komentar untuk "Ini Dia Ternyata 5 Buah Yang Bagus Untuk Anak"